Apa Itu Digital Marketing? Dilihat dari Tugas, Tanggung Jawab dan Benefit

Casa Kreatif – Siapa yang masih belum mengenal dengan istilah digital marketing? Istilah ini sebenarnya sudah ada  sejak tahun 2004. Namun saja, perkembangan tren digital marketing, baru mulai booming sejak tahun 2011. Sejalan dengan perkembangan internet dan penggunaan sosial media. Seperti Facebook, Instagram, snapchat, hingga Tiktok.  Lalu, apa itu digital marketing?

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing merupakan aktivitas pemasaran yang dilakukan pada media digital. Kegiatan ini memiliki alur yang cukup panjang. Dimulai dengan aktivitas research, perumusan ide, pembuatan konten, pemilihan platform, dan eksekusi produk.

Tidak sampai di situ, digital marketer juga mengevaluasi dan menganalisis impact yang ditimbulkan dari campaign yang dilakukan.

Hal-hal yang Dikerjakan Pada Digital Marketing

Secara garis besar, tugas yang pada digital marketing dapat dikelompokkan sebagai berikut:

1. Copywriter

Secara garis besar, dibutuhkan seorang penulis yang bertanggung jawab atas naskah promosi yang diluncurkan. Naskah yang dihasilkan, harus mampu memberikan efek persuasif kepada pada masyarakat, agar tertarik dengan produk yang dipromosikan. Produk yang dihasilkan copywriter bisa berupa slogan, hashtag, caption, atau bahkan nama program.

2. Desain Grafis

Tim desain grafis bertanggung jawab atas materi promosi dalam bentuk visual. Bentuk visual yang digunakan bisa berupa foto, video, poster, animasi, hingga meme. Nantinya, karya dari tim desain grafis akan digunakan  dan dipublikasikan oleh tim social media marketing pada platform tertentu.

3. Social Media Marketing

Social media marketing bertanggung jawab atas konten-konten yang dipublikasikan pada sosial media dari suatu brand. Tim social media marketing akan menggunakan konten yang berkualitas, yang dibuat oleh para desain grafis dan juga copywriter.

Pada perusahaan skala besar, social media marketer terbagi lagi menjadi beberapa tim. Dimana setiap tim tersebut hanya fokus untuk mengurus 1 platform saja. Seperti channel YouTube, postingan Instagram, atau video TikTok. Namun pada skala kecil, tidak menutup kemungkinan, seluruh aktivitas tersebut bisa di-handle oleh satu orang.

4. Community Affiliate

Pada tahap yang lebih tinggi, beberapa brand digital marketing juga memiliki divisi khusus yang merupakan community affiliate. Bagian ini bertanggung jawab atas KOL (Key Opinion Leader) atau yang lebih dikenal dengan influencer. Peran tim ini adalah sebagai penghubung antara brand yang akan bekerja sama dengan KOL

Keuntungan Menggunakan Digital Marketing

Bagi sebagian orang yang telah mengenal digital marketing dengan baik, pastinya akan menggunakan layanan ini. Dikarenakan digital marketing memiliki beberapa keuntungan, seperti:

1. Biaya Murah

Promosi yang dilakukan dengan menggunakan digital marketing dianggap lebih murah, jika dibandingkan dengan metode marketing konvensional. Pasalnya, tarif untuk memasang papan reklame di Jakarta saja, tarifnya sudah menembus angka Rp 125.000/meter/hari. Anda dapat memanfaatkan digital marketing melalui media sosial, secara gratis.

2. Cakupan Audience yang Lebih Luas

Tidak dapat dipungkiri, sampai saat ini sudah ada 175 juta akun dan 91,77 juta akun Instagram di Indonesia. Anda dapat menjangkau para pembeli potensial yang berada jauh di luar pulau. Hal ini tentu tidak akan Anda dapatkan, jika hanya menggunakan promosi marketing dengan sebar brosur, bukan?

3. Audience Menjadi Lebih Spesifik

Jika Anda menjual produk kapsul daun kelor untuk para ibu menyusui, tentunya Anda tidak akan menawarkan produk Anda kepada anak-anak sekolah, bukan? Daripada membuang waktu dengan audience  yang tidak sesuai, Anda dapat menargetkan spesifik audience dengan menggunakan fitur dari digital marketing.

Setelah pemaparan informasi di atas, kini pastinya Anda sudah tau banyak apa itu digital marketing dan manfaatnya. Mengingat prospek industri digital marketing yang sangat besar, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mempelajari bidang ini. Siapa tau, ke depannya nanti,  Anda lah yang akan menggeluti bidang ini. Sampai jumpa!

2 pemikiran pada “Apa Itu Digital Marketing? Dilihat dari Tugas, Tanggung Jawab dan Benefit”

Tinggalkan komentar