Bisnis  

Wajib Tahu! Begini Cara Promosi Produk Online yang Menguntungkan Bagi Bisnis

Cara-Promosi-Produk-Bagi-Anda-Yang-Baru-Pertama-Memulai-Bisnis-Online
Cara-Promosi-Produk-Bagi-Anda-Yang-Baru-Pertama-Memulai-Bisnis-Online

Halo, Sobat Casa! Supaya bisnis Anda berjalan dengan lancar, Anda harus memahami cara promosi produk yang tepat. Salah satu jenis promosi yang bisa digunakan adalah marketing online.

Hampir semua hal dilakukan secara online di era digital, termasuk strategi pemasaran. Menerapkan teknik promosi online bisa lebih menguntungkan daripada promosi offline. Menerapkan teknik promosi tersebut juga membuat bisnis Sobat Casa dapat bersaing dengan kompetitor.

Lantas, bagaimana cara promosi produk secara online? Serta faktor apa saja yang menjadikannya lebih unggul daripada promosi offline? Mari simak pembahasan berikut.

Cara Promosi Produk Online

Promosi produk adalah kegiatan menawarkan jasa atau barang untuk memikat target pasar. Promosi produk secara online memiliki berbagai macam bentuk. Misalnya gambar atau poster digital, video marketing, iklan online, serta tulisan yang dikirim atau dipublikasikan pada platform online.

Sobat Casa yang memiliki bisnis bisa melakukan promosi online dengan cara-cara berikut:

1. Mengirim Email Marketing

Apabila bisa mengumpulkan data email dari calon pelanggan, maka manfaatkanlah dengan baik sebagai media marketing. Biasanya, data ini diperoleh dari situs resmi milik bisnis atau ketika mengisi suatu survei online. Anda dapat menggunakan email marketing untuk perkenalan bisnis.

Selain perkenalan bisnis, email marketing umumnya berisi penawaran potongan harga suatu produk. Seperti email yang Sobat Casa peroleh pada peringatan black friday dan selalu menawarkan diskon besar-besaran.

2. Branding di Media Sosial

Beragam aplikasi media sosial dapat menjadi sarana promosi online yang efektif. Kamu berkesempatan menggunakan berbagai bentuk promosi pada platform yang berbeda. Contoh cara promosi produk sesuai dengan platformnya antara lain:

  • Facebook

Media sosial Facebook masih menempati urutan teratas dalam jumlah pengguna terbanyak. Oleh karena itu, Sobat Casa harus pintar dalam memanfaatkan platform yang satu ini. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu membuat akun atau halaman resmi serta mengikuti grup sesuai jenis bisnis.

Selanjutnya, posting konten berupa informasi produk yang berguna bagi konsumen. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur siaran langsung untuk mempromosikan barang.

Gunakan Facebook Ads yang merupakan layanan iklan berbayar. Facebook Ads secara efektif menaikkan penjualan dengan membantu menayangkan iklan sesuai target pasar berdasarkan jenis kelamin, wilayah, usia, dan lain sebagainya.

  • TikTok

Sebagian besar pengguna TikTok mencari informasi tentang apapun yang sedang populer. Hal ini dikarenakan adanya laman bernama FYP (For Your Page) yang berisi konten rekomendasi. Jadi, akan lebih baik bila Sobat Casa rutin mengunggah konten di TikTok.

Isi konten, penggunaan tagar, serta jam upload mempengaruhi konten untuk masuk ke laman FYP. Kolaborasi dengan influencer tentu akan sangat membantu promosi produk. Konten yang masuk FYP membuat banyak orang mencari tahu lebih dalam tentang bisnis serta meningkatkan brand awareness.

  • YouTube

Selain berperan sebagai media sosial, YouTube juga termasuk mesin telusur yang paling sering digunakan. Dengan kata lain, platform tersebut banyak diandalkan sebagai sumber informasi.

Manfaatkan dengan membuat konten yang relevan dengan bisnis semenarik mungkin. Optimalkan penggunaan deskripsi video, time stamp, dan thumbnail yang unik. Jangan lupa sertakan informasi tentang bisnis yang membantu konsumen serta menarik.

Sobat Casa bisa menggunakan Google Ads supaya lebih banyak konsumen yang mengetahui tentang produk. Pakai juga fitur Analytics di YouTube yang membantu kamu mengetahui apakah promosi sudah sampai pada audiens yang tepat.

  • Instagram

Promosi di Instagram biasa dilakukan dengan menyajikan info tentang diskon, buy 1 get 1, giveaway, serta cashback yang akan memikat konsumen untuk membeli produk. Postingan Instagram juga bisa berupa perkenalan singkat serta informasi yang berkaitan dengan bisnis.

Anda bisa menggunakan jasa influencer atau selebgram untuk mengenalkan produk ke audiens yang lebih luas. Jika ingin lebih praktis, manfaatkan Instagram Ads sebagai media promosi.

baca juga : 9 Cara Promosi Produk

3. Membangun Website Resmi

Bisnis harus memiliki situs resmi supaya konsumen mudah menemukan informasi produk. Platform ini sekaligus menjadi media promosi. Cara promosi produk dengan website yaitu dengan menerapkan SEO yang baik.

Bentuk promosi yang bisa Sobat Casa pakai adalah artikel yang berhubungan dengan bisnis. Informasi tentang produk bisa disisipkan di akhir tulisan dengan tambahan internal link.

Jika website menerapkan sistem SEO yang tepat, maka konten bisa naik di peringkat atas mesin penelusuran. Dengan ini, web berpotensi memiliki banyak pengunjung yang akan membaca informasi tentang produk Sobat Casa di artikel.

4. Membangun Brand Community

Membuat konsumen tergabung dalam Brand Community memang tidak mudah. Konsumen harus mempunyai keterikatan dengan suatu merek.

Namun, sekarang terdapat beragam platform online yang bisa memfasilitasi terbentuknya komunitas tersebut. Sebagai contoh media sosial, situs resmi, atau forum komunitas online seperti KasKus.

Brand Community membantu produk dikenal dengan lebih luas karena terdapat komunitas yang memberikan testimoni. Orang akan lebih tertarik untuk mencoba produk yang direkomendasikan oleh konsumen terdahulu.

5. Memanfaatkan Marketplace

Cara promosi produk online yang terakhir yakni dengan bantuan Marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, dan lain-lain. Di dalamnya, para konsumen bisa memperoleh banyak promo seperti gratis ongkos kirim dan diskon produk.

Secara tidak langsung, Marketplace menjadi media promosi dari testimoni yang diberikan pelanggan. Review yang positif akan mempengaruhi calon pelanggan yang sedang mencari informasi tentang sebuah produk.

Baca Juga: Mengapa Bisnis Anda Harus Melakukan Press Release?

Keunggulan Promosi Produk Online

Memanfaatkan perkembangan teknologi secara optimal dapat mendatangkan banyak keuntungan. Tidak terkecuali dengan penerapan teknik promosi online. Berikut beberapa alasan promosi online lebih disukai, antara lain:

  • Bisa menjangkau lebih banyak orang untuk memperluas target pemasaran.
  • Lebih aktif untuk berinteraksi dengan para konsumen.
  • Membutuhkan waktu yang sedikit untuk mempersiapkan promosi.
  • Biaya yang dikeluarkan jauh lebih kecil.
  • Mudah untuk menganalisis hasil dari promosi.
  • Tidak membutuhkan banyak staff atau tenaga kerja untuk merancang dan melakukan promosi.
  • Dapat unggul dalam bersaing dengan kompetitor bisnis serupa.
  • Itu dia pembahasan tentang cara promosi produk online beserta keunggulannya dibandingkan promosi secara offline.

Anda bisa memaksimalkan penjualan produk dengan menerapkan cara-cara yang telah dijabarkan di atas.

Jika ingin menerapkan promosi online dengan lebih optimal, Casa Kreatif bersedia untuk membantu. Cobalah untuk memakai jasa Social Media Management serta Website Development yang tersedia.

Casa Kreatif merupakan perusahaan Digital Public Relation Agency. Sobat Casa bisa melihat produk Casa Kreatif lainnya pada layanan Casa Kreatif.

Yuk, mulai optimalkan bisnis kamu bersama Casa Kreatif!

Baca Juga: 15 Peluang Bisnis dalam Bisnis Lingkungan dan Ramah Lingkungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *