Media Online Adalah : Pengertian dan Ciri-cirinya

Casa Kreatif – Seiring dengan semakin meningkatnya perkembangan teknologi internet digital, maka semakin banyak juga media-media online, yang berupaya menyajikan aneka jenis informasi di dalamnya. Media online adalah media yang memang dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi internet. Sehingga bisa diakses dari manapun, dan juga kapan pun.

Media Online Adalah…

Bagi Anda yang masih awam terkait dengan perkembangan teknologi digital, mungkin kini Anda masih kebingungan dengan pengertian dari media online. Jika demikian, Anda pun tidak perlu khawatir, sebab pada artikel kali ini, akan diulas terkait dengan pengertian dari media daring dan juga fungsi yang dimilikinya.

Media online dapat dipahami sebagai suatu saluran komunikasi yang terjadi secara daring, melalui situs web di internet. Dimana didalamnya, bisa saja memuat teks, foto, video, dan bahkan bisa juga dalam bentuk file audio ,seperti musik, dan lain sebagainya.

Menurut pengertian yang disampaikan oleh laman situs Business Dictionary, pengertian media daring adalah media digital yang didalamnya berisikan teks, foto, video, ataupun musik, yang kemudian didistribusikan melalui jaringan internet. File-file tersebut, yang ada di dalam media tersebut, pada akhirnya bisa diakses oleh pengguna lainnya, yang sudah terkoneksi ke internet.

Ciri-ciri Media Online

Setelah mengetahui pengertian dari media online, Anda juga perlu mengetahui ciri-ciri, yang umumnya melekat pada jaringan media daring. Sebagai referensi, berikut adalah beberapa ciri utama yang biasa dimiliki oleh suatu media online.

1. Kecepatan Penyampaian Informasi

Salah satu ciri utama yang dimiliki oleh media daring yaitu kecepatan dalam hal penyampaian informasinya. Kecepatan informasi merupakan ciri yang paling mencolok, apabila dibandingkan dengan media konvensional lainnya. Hal ini ditunjang dengan adanya teknologi internet, yang memungkinkan update informasi dilakukan secara real-time.

Seiring dengan jaringan koneksi internet yang semakin mumpuni, kini peristiwa yang terjadi di lapangan bisa langsung diunggah secara langsung hanya dalam hitungan menit ataupun detik. Hal ini memungkinkan tingkat penyebaran media online yang sangat cepat, bila dibandingkan dengan media cetak, yang terlebih dahulu harus mengalami proses cetak sebelum penerbitan.

2. Penyajian Informasi Dapat Dilakukan Update Secara Lebih Mudah

Ciri berikutnya yang juga dimiliki oleh media online adalah penyajian informasi ke publik yang dapat diupdate secara lebih mudah. Penyampaian informasi lewat media online dapat dilakukan secara real-time dan terus-menerus. Hal ini memungkinkan informasi yang telah dilaporkan, bisa mengalami pembaruan, sesuai dengan fakta-fakta yang terjadi di lapangan.

3. Media Online Bisa Lebih Interaktif

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh media daring dan tidak dimiliki oleh media konvensional adalah adanya fungsi interaktif pada media daring. Lewat adanya fungsi interaktif ini, memungkinkan audiens bisa berinteraksi lewat media. Sehingga berbagai informasi yang ada, bisa tersampaikan secara lebih cepat dan akurat.

Media online saat ini sudah banyak yang menawarkan email, obrolan, komentar, jajak pendapat, survey daring, dan lain sebagainya. Penggunaan berbagai fungsi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sebuah peluang yang sangat baik, untuk berinteraksi dengan para audiens, dalam rangka untuk meningkatkan jangkauan penyebaran informasi.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian media online. Bisa dibilang, media daring adalah media digital yang berisikan berbagai macam file dan disalurkan secara daring. Selain mengetahui pengertian media online, disini juga telah dibahas mengenai  ciri-cirinya. Sehingga Anda bisa memiliki pemahaman dan informasi yang lebih mendetail, terkait dengan seluk-beluk yang dimiliki oleh media daring ini.

Tinggalkan komentar

Name - City
Membeli Product Time