Perbedaan Internet Marketing dengan Digital Marketing

perbedaan internet marketing dengan digital marketing – Penggunaan internet di Indonesia memang cukup besar dan sangatlah aktif. Hal ini digunakan untuk menunjang berbagai kebutuhan sehari-hari. Hal ini menjadi sangat wajar, mengingat hampir semua sektor sudah terhubung dengan jaringan internet. Termasuk juga dengan sektor bisnis yang mulai bergerak di bidang marketing.

Pemasaran yang dulunya dilakukan dengan menggunakan flyer, spanduk, hingga koran. Kini sudah beralih ke media digital dan internet. Hal ini juga sering disebut dengan internet marketing strategist dan digital marketing.

Meskipun keduanya memiliki arti dan tujuan yang sama, namun ada perbedaan yang cukup signifikan untuk membedakannya. Simak penjelasan lengkapnya berikut.

Perbedaan Internet Marketing dengan Digital Marketing

Berikut ini akan dijelaskan beberapa perbedaan mendasar antara internet marketing dengan digital marketing.

Internet Marketing

Internet marketing adalah strategi pemasaran produk yang dilakukan melalui internet. Tujuan dilakukannya internet marketing ini adalah untuk promosi, branding, untuk meningkatkan penjualan, hingga mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk maupun jasa.

Jadi, cara pemasarannya pun lebih fokus pada pengguna internet dengan memanfaatkan website. Selain itu, internet marketing ini juga menggunakan search engine marketing (SEM), mobile marketing, hingga social media marketing.

Baca juga ulasan kami tentang mesin pencari dan fungsinya untuk bisnis anda

Digital Marketing

Digital marketing merupakan sistem pemasaran produk yang bisa menjangkau pelanggan secara lebih luas. Digital marketing biasanya dilakukan melalui media digital serta internet.

Dengan kata lain, internet marketing ini sudah masuk dalam penerapan digital marketing. Media digital juga memiliki jangakauan yang lebih luas jika dibandingkan dengan internet biasa. Pemasaran yang dilakukan melalui media digital diantaranya adalah iklan TVC, ebook, company profile video, endorse influencer, pay per lead, hingga pay per sale.

Tujuan utama dalam digital marketing ini tidak hanya untuk menarik pelanggan saja. Selain itu, digiital marketing juga tidak hanya digunakan untuk meningkatkan penjualannya saja. Sebab, digital marketing tidak hanya mempromosikan sebuah produk atau brand saja, melainkan juga bisa digunakan untuk membangun brand awareness dan hubungan yang baik dengan konsumen.

Manfaat Mengaplikasikan Internet Marketing dan Digital Marketing

Jika Anda sudah mengetahui tentang perbedaan di antara keduanya, maka sebagai pelaku usaha Anda juga harus mengetahui apa saja manfaat jika mengaplikasikan kedua cara tersebut. Nah, berikut ini akan dijelaskan apa saja manfaat jika Anda mengaplikasikan internet marketing dan digital marketing.

1. Meningkatkan Penjualan

Melakukan optimasi dengan kedua teknik hang sudah disebutkan tentunya bisa meningkatkan trafic penjualan. Hal ini dikarenakan pelanggan bisa mendapatkan informasi seputar produk tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu.

Para pelanggan tidak perlu repot mengunjungi toko offline Anda, melainkan cukup mengunjungi website Anda saja yang bisa aktif selama 24 jam. Hal ini tentunya bisa membuat pembelian menjadi lebih praktif.

2. Lebih Mudah Menjalin Hubungan dengan Konsumen

Jarak memang terkadang menjadi sebuah penghalang dalam menjalankan bisnis. Namun, dengan adanya media digital dan internet tentu membuat bisnis Anda menjadi lebih mudah terhubung dengan banyak konsumen. Untuk pemesanan pun bisa dilakukan melalui telepon atau chat WhatsApp. Selain itu, pemesanan juga bisa dilakukan melalui media sosial, e-commerce, maupun website toko online Anda.

Baca juga tentang digital marketing dan ikuti perkembanganya

3. Biaya Marketing Lebih Hemat

Untuk bisnis berskala kecil, beriklan di internet maupun media digital memang menjadi pilihan terbaik karena tidak memerlukan biaya yang mahal. Hal ini dikarenakan untuk membuat akun media sosial juga tidak dikenakan biaya. Anda hanya perlu beriklan di akun tersebut, lalu menempatkan produk yang Anda jual pada banyak situs e-commerce.

Jadi, inilah beberapa perbedaan internet marketing dengan digital marketing yang perlu Anda ketahui dan pelajari. Bagi Anda yang tertarik untuk membangun relasi yang baik dengan konsumen, dan memasarkan produk Anda dengan jangakauan yang lebih luas, maka bisa menggunakan jasa dari Casakreatif.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *