Apa Itu SEO? Yuk, Kenali Syarat Masuk Halaman 1 Google Ini!

Casa Kreatif – Mungkin Anda sering melihat beberapa website berada di urutan teratas pada mesin pencarian Google, saat Anda menuliskan kata kunci tertentu. Apakah hal ini memang kebetulan saja? Tentu saja tidak, karena bisa jadi website tersebut memang memasukkan unsur SEO ke dalam setiap kontennya. Namun, adakah yang tahu, apa itu SEO?

Apa Itu SEO?                        

Search Engine Optimization, atau yang lebih dikenal dengan SEO merupakan suatu aktivitas/proses yang dilakukan untuk menaikkan trafik hingga rating dari suatu website, melalui mesin pencarian. Dimana mesin pencarian/telusur akan menempatkan suatu website yang user friendly, untuk ditempatkan di urutan pertama/teratas.

Pengertian dari website yang user friendly, yaitu bilamana website tersebut, selalu menyajikan konten-konten yang sesuai dengan kaidah SEO. Dalam arti, website tersebut memang telah terbiasa memasukkan unsur-unsur optimasi mesin telusur ke dalam setiap konten yang ada pada website tersebut.

Sebagaimana diketahui, mekanisme mesin telusur/pencarian tersebut terdiri dari crawling, indexing, dan juga ranking. Dalam arti, mesin penelusur/pencarian akan melakukan crawling, untuk mencari konten yang sesuai dengan yang dicari.

Barulah kemudian, melakukan indexing, terhadap website mana saja, yang paling relevan, ataupun yang paling banyak memuat kata kunci/keyword yang Anda ketikkan sebelumnya pada mesin telusur/pencarian.

Barulah nantinya, sebuah website akan ditempatkan pada tempat teratas mesin telusur tersebut, bilamana setiap konten yang dicari, paling banyak memuat kata kunci/keyword yang paling sering dicari pengunjung, yang sering dinamakan dengan sistem ranking.

Jadi, jangan heran, jika pada saat Anda mengetikkan kata kunci pada mesin telusur/pencarian, akan muncul beberapa website yang menempati urutan nomor 1, nomor 2, dan yang lainnya. Hal itu dikarenakan, konten-konten pada website tersebut telah dimodifikasi sesuai dengan kaidah-kaidah SEO.

Jika Anda kini telah mengetahui apa itu SEO, mungkin kini Anda mulai bertanya-tanya, mengenai unsur apa saja yang termasuk ke dalam SEO ini, dan apakah SEO tersebut berbayar ataupun tidak, dan semacamnya. Sebenarnya, untuk melakukan SEO, Anda tak perlu membayar. Dalam arti, SEO ini bisa dilakukan secara gratis.

Anda hanya perlu melakukan poin-poin penting yang memang sesuai dengan unsur-unsur/kaidah SEO, agar konten pada website Anda menempati ranking nomor 1 (landing page). Poin-poin penting yang termasuk ke dalam unsur-unsur/kaidah SEO ini akan dijelaskan pada pembahasan berikut ini.

 Pahami Unsur-Unsur SEO Berikut Ini! 

Berbeda halnya dengan Search Engine Marketing (SEM), yang memang ditujukan untuk tujuan komersil. Dimana nantinya, Anda diharuskan untuk membayar layanan penempatan website pada landing page yang dilakukan. Maka, optimasi mesin telusur bisa Anda lakukan sendiri, tanpa harus membayar sejumlah nominal tertentu.

Hanya saja, untuk membuat konten-konten yang sesuai dengan SEO ini, Anda diwajibkan untuk memasukkan unsur-unsur SEO berikut ini, ke dalam konten yang akan Anda buat. Diantaranya :

1. Judul

Bisa dibilang, judul merupakan unsur SEO pertama, yang harus Anda masukkan ke dalam konten yang akan Anda buat. Karena apa gunanya, konten/artikel yang bagus, jika tidak disertai judul yang bagus juga, bukan? Maka dari itu, buatlah judul yang menarik, yang akan membuat pengunjung tertarik untuk mengunjungi website Anda.

2. Meta Deskripsi

Selain judul, ada lagi hal penting yang harus Anda masukkan ke dalam konten Anda. Salah satunya meta deskripsi. Merupakan intisari ataupun kesimpulan dari seluruh konten/artikel yang Anda buat. Sama halnya dengan judul, meta deskripsi juga sebaiknya dibuat dengan kata-kata menarik.

Namun harus diingat, meta deskripsi ini hendaknya ditulis sesingkat mungkin, dan tak lebih dari 150 karakter.

3. Keyword/Kata Kunci                                      

Apa itu SEO? Anda bisa mengetahuinya dengan menyimak beberapa konten yang memiliki kata kunci/keyword yang sesuai dengan kata kunci yang sering ada pada mesin pencarian.

Ya, kata kunci/keyword ini wajib ada, pada setiap konten/artikel yang sesuai dengan SEO. Bukan hanya satu, ada baiknya Anda memasukkan keyword ini sebanyak 1% dari jumlah kata yang Anda tulis pada artikel yang Anda buat tersebut.

4. Permalink/URL 

Konten yang baik biasanya akan memasukkan permalink/URL pada konten yang dibuatnya. Bisa berupa hyperlink, yang tertuju pada website yang lainnya. Maupun dengan cara, dimana website Anda yang ditandai oleh website lainnya (backlink).

5. Heading          

Sebenarnya, poin-poin diatas sudah bisa mewakili kaidah SEO yang bisa Anda masukkan ke dalam konten/artikel yang Anda buat. Namun agar teknik ini bisa lebih optimal, maka Anda pun bisa memasukkan heading yang menarik pada konten tersebut. Hal ini tentunya, agar membuat pengunjung bisa betah berlama-lama berada di website Anda.

6. Gambar           

Bisa dibilang, gambar merupakan poin yang bisa saja dianggap wajib, namun ada juga yang beranggapan, bahwa gambar merupakan pelengkap saja. Namun, Anda bisa menarik kesimpulan sendiri, bilamana Anda dihadapkan pada 2 pilihan, apakah Anda akan memilih konten yang tidak disertai gambar, ataukah yang dilengkapi dengan gambar yang menarik?

Tentunya, Anda akan memilih konten yang dilengkapi gambar yang menarik, bukan? Meskipun memang, isi dari kedua konten tersebut sama.

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu SEO, dan juga unsur-unsur yang termasuk ke dalam optimasi mesin telusur ini. Apa Anda merasa konten/artikel yang Anda buat belum sesuai dengan kaidah SEO? Jika memang demikian adanya, yuk, mulai sekarang, mencoba konten yang sesuai SEO! Siapa tahu, website Anda, kelak bisa berada di page one. Siapa yang tahu, bukan?

Satu pemikiran pada “Apa Itu SEO? Yuk, Kenali Syarat Masuk Halaman 1 Google Ini!”

Tinggalkan komentar