Tren Digital Marketing yang Masih Terus Eksis Tahun 2022

Di sepanjang tahun 2020 yang lalu, ada banyak tren yang bermunculan. Beberapa diantaranya masih tetap diminati hingga saat ini, namun ada juga beberapa tren yang malah menghilang, dan digantikan dengan tren yang lainnya. Begitupun dengan tren digital marketing. Lalu apa saja digital marketing yang masih populer hingga saat ini bahkan di tahun 2022?

Simak yuk penelusurannya berikut ini!

Trend Digital Marketing yang Eksis di 2022

Setiap tahun akan selalu ada tren baru yang muncul. Tak terkecuali dengan tren pada digital marketing ini. Dimana tren ini muncul, bahkan ada juga diantaranya yang lantas redup, dan digantikan dengan tren lainnya. Namun tak sedikit pula yang masih terus bertahan hingga saat ini.

trend digital marketing 2022

Apa saja trend digital marketing di sepanjang tahun 2020 yang lalu, yang masih digunakan hingga saat ini? Ini dia beberapa diantaranya:

1. Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI) atau yang dikenal juga sebagai kecerdasan buatan, merupakan salah satu trend digital marketing yang berkembang di tahun 2020 lalu.

Artificial Intelligence disini bisa diartikan sebagai simulasi kecerdasan manusia yang diterapkan pada mesin. Jika mungkin Anda berpikir AI ini bisa dikategorikan sebagai robot, maka hal itu ada benarnya. Namun tidak semua AI dikategorikan ataupun dicontohkan pada robot.

Beberapa mesin pada perangkat komputer juga banyak yang mengadopsi sistem kecerdasan buatan ini. Beberapa contohnya yaitu proses penandaan orang pada Deep Facebook, serta virtual assistant pada Google Virtual.

Di bidang digital marketing ada kecerdasan buatan yang dikenal dengan e-commerce. Contoh kecil AI pada bisnis ini, yaitu saat Anda diberikan pilihan beberapa produk yang direkomendasikan pada sebuah aplikasi belanja online. Sejatinya, pihak yang merekomendasikan produk-produk tersebut bukanlah manusia, melainkan mesin dalam bentuk Artificial Intelligence ini.

2. Influencer

Pengertian dari influencer ini adalah orang-orang yang berpengaruh dan juga ahli dalam bidang yang digelutinya. Proses digital marketing di tahun 2020 lalu, diwarnai dengan upaya promosi yang melibatkan para influencer. Baik itu mengenai promosi produk maupun jasa.

Karena seperti diketahui, seorang influencer biasanya memiliki kemampuan untuk mengajak orang-orang untuk mengikuti apa yang mereka lakukan. Termasuk bilamana mereka mengajak audiens untuk mencoba produk/jasa yang mereka tawarkan.

Tentunya, akan banyak pengikut (follower) dari sosok tersebut, yang tertarik untuk mencoba produk/jasa yang sama, dengan yang digunakan oleh sosok idola mereka.

3. Konten Marketing

Selain kedua trend diatas, tahun 2020 yang lalu juga diramaikan dengan trend dalam membuat konten marketing. Dimana konten-konten tersebut banyak ditampilkan di website, hingga media sosial, dengan tujuan marketing.

4. Digital Advertising

Trend digital marketing di tahun 2020 juga diramaikan dengan berbagai upaya digital advertising yang dilakukan oleh beberapa perusahaan. Dimana sebagian besar perusahaan akan melakukan upaya promosi yang dilakukan di berbagai media (digital).

Beberapa contoh dari digital marketing diantaranya:

Bagi Anda yang tidak ingin ketinggalan dengan trend digital marketing, namun belum mengetahui bagaimana cara melakukannya. Maka ada cara mudah yang bisa Anda lakukan. Salah satunya yaitu dengan menghubungi Casa Kreatif.

Mengapa harus Casa Kreatif? Karena hanya jasa ini, satu-satunya yang akan membantu Anda dalam menerapkan digital marketing, untuk mempromosikan produk/jasa yang Anda jual. Tentunya yang disesuaikan dengan tren digital marketing terbaru.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, upaya marketing juga tidak hanya dilakukan secara konvensional saja, namun juga dilakukan dengan menggunakan teknologi digital, serta penemuan-penemuan baru lainnya. Salah satunya dengan kecerdasan buatan (AI), dan juga teknologi terbaru lainnya.

Tinggalkan komentar