Sosial Media Marketing: Media, Tugas & Tanggung Jawab

Kegiatan sosial media marketing sudah banyak dipilih oleh para pelaku usaha. Marketing melalui sosial media dipercaya dapat menjangkau potensial customer yang lebih luas. Tapi, apakah Anda sudah tahu berbagai kategori sosial media yang digunakan untuk keperluan marketing?

Mari kita ulas di artikel kali ini!

Sosial Media Marketing Berdasarkan Platform

Ada beberapa sosial media yang banyak digunakan sebagai channel media marketing, yaitu:

Instagram

Instagram merupakan media sosial yang cenderung digunakan untuk menunjukan visual produk. Target audience dari Instagram adalah generasi Z yang berusia 21 – 45 tahun. Instagram memiliki fitur berupa foto, video, maupun video siaran langsung. Baru-baru ini Instagram juga merilis fitur reels. Kita juga bisa mendapatkan centang biru di Instagram sebagai tanda akun terverifikasi.

Facebook

Lain ceritanya dengan Facebook. Facebook lebih banyak digunakan oleh lintas generasi. Usia penggunanya mulai dari 15 – 65 tahun. Marketnya pun bervariasi, dari ibu rumah tangga, pekerja hingga pensiunan. Keunggulan Facebook adalah fitur group yang sering menjadi wadah komunikasi para komunitas pecinta suatu produk.

TikTok

TikTok baru digunakan sebagai media marketing online pada tahun 2017. Audience yang menggunakan TikTok didominasi generasi millennial dan generasi Z. Konten yang ditampilkan pada TikTok berupa video. Anda akan menemukan banyak kreativitas para creator menggabungkan beberapa video menjadi suatu pesan utuh yang disampaikan ke audience.

YouTube

YouTube dipilih menjadi channel marketing terbaik dalam mempublikasikan video dalam berdurasi panjang. Target audience YouTube sama luasnya dengan Facebook. Hal ini dikarenakan YouTube maupun Facebook dapat diakses full melalui web. Tidak seperti Instagram dan TikTok yang lebih eksklusif, dimana para user perlu mengunduh aplikasi tersendiri di smartphone.

Sosial Media Marketing Berdasarkan Posisi

pengertian sosial media marketing

Content Writer

Dalam melakukan pemasaran, dibutuhkan kata-kata ajaib yang mampu menyita perhatian audience. Peran content writer hadir untuk ini. Konten yang ditulis biasanya berkaitan dengan penentuan tagline campaign, pemilihan kata dalam media gambar, hingga pembuatan script video.

Content Designer

Content designer bertanggung jawab dalam membuat sajian visual yang menarik bagi audience. Konten yang dibuat berupa layout template, poster, hingga video. Biasanya, posisi membutuhkan skill mendesain dengan perangkat lunak seperti Photoshop, Corel Draw, hingga AutoCad. Apakah anda sudah familiar?

Admin Sosial Media

Kategori sosial media marketing yang memiliki peran penting adalah admin. Admin sosial media bertanggung jawab untuk membuat interaksi antara suatu brand dengan audience. Biasanya, admin sosial media akan merespon aktivitas pertanyaan dan komentar yang masuk.

Hal ini bertujuan untuk menjaga keterikatan customer terhadap brand.

Sosial Media Marketing Berdasarkan Job Desk

Membuat rancangan konten yang akan dibahas

Konten marketing yang akan dipublikasikan wajib dibuat dalam bentuk rancangan. Dalam proses pra-marketing ini, tim content writer dan content desainer akan berkolaborasi. Tentu saja hal tersebut untuk mendapatkan konten yang maksimal.

Memposting dan berinteraksi dengan audience

Setelah konten siap, admin akan memposting konten yang telah disiapkan. Nantinya admin media sosial memantau bagaimana respon dari para audience. Pada tahap ini, admin diharap mampu menjaga traffic yang berhasil muncul dari konten yang diposting.

Menganalisis hasil aktivitas marketing yang dilakukan

Ketika aktivitas marketing di sosial media sudah dilakukan, kini saatnya mereview efek yang dihasilkan dari suatu campaign konten. Apakah jumlah pengikut bertambah? Adanya peningkatan sales? Atau justru biasa saja tanpa dampak positif apapun?

Kini saatnya mengevaluasi dan mengambil langkah.

Setelah menyimak penjelasan di atas, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Anda bisa menggunakan jasa yang ditawarkan oleh Casa Kreatif. Tersedia layanan jasa press release, admin Instagram, hingga KOL management.

20 pemikiran pada “Sosial Media Marketing: Media, Tugas & Tanggung Jawab”

  1. Jadi pelajaran lagi nih, keinget youtube aku yg terbengkalai. Ahaha. Dulu rajin upload video di youtube semenjak ada igtv jadi jarang upload di sana. Sosial media marketing paling sering aku gunain untuk promo barang di IG. Kalau Twitter masuknya pas thread viral suka pada nitip jualan ya. Ahaha

    Balas
  2. Wah iya ya… Jadi aku baru ngeh, kalo brand punya akun IG berarti dia memantau analitik juga ya, aku pikir fokus ke bonding dengan audience aja.

    Balas
  3. kalau punya usaha sekarang lebih ampuh jika memasarkannya via sosial media, secara udah banyak pilihannya gini, target juga udah jelas kemananya tinggal buat konten semenarik mungkin aja biar target marketnya pas dan cuannya ngalir.

    Balas
    • Perusahaan2 sekarang buat mengembangkan usahanya lebih mudah ya mba dengan promo disosial media orang akan lebih mengenal produk yang mereka jual, era digital ini memang sosial media sangat berpengaruh sekali

      Balas
  4. Social media memang sangat membantu kita dalam memasarkan produk yang kita miliki. Tipsnya boleh juga dicoba untuk memaksimalakn marketing produk kita di sosial media.

    Balas
  5. Sekarang makin banyak yang gunakan tuh Tiktok ya mba. DUlu awalnya mungkin biasa aja. Tapi sekarang kreasi video di tiktok luar biasa bagus dan keren mba. Tapi bagus juga ya ada jasa kreatif dari Casa ini

    Balas
  6. Iya nih, di zaman kayak sekarang mah sosial media sudah merupakan hal yang wajib dimiliki buat siapa pun yang ingin merambah dunia online. Apalagi yang punya usaha ya. Ketinggalan deh kalo gak punya strategi sosial media marketing. Jika pun tak bisa dikelola sendiri, ada agen yang bisa melakukannya ya.

    Balas
  7. perkembangan zaman turut mempengaruhi munculnya beragam profesi baru ya mbak
    dengan perkembangan dunia digital yg semakin masif ini, maka keberadaan social media marketing sangatlah dibutuhkan

    Balas
  8. Sekarang usaha marketing dapat terbantukan melalui sosial media. Jangkauannya lebih luas. Nah, sekarang udah banyak juga tuh yang gunain tiktok buat jualan. Tinggal pandai-pandai si pemasar aja membuat konten yang menarik

    Balas
  9. Peluang bekerja di bidang sosial media marketing memang besar ya. Tinggal konsisten, pilih yang memang sesuai, dan fokus dengan pekerjaan tersebut

    Balas
  10. Aku sempet pakai tiktok mba, tap i habis itu uninstall padahal bagus juga ya untuk media marketing. Impact nya lumayan besar dan cepat untuk naikin follower

    Balas
  11. Semua sosmed diatas aku pake dan aktif. Tapi ya itu ya haris bisa mengatur waktu supaya semuanya berjalan beriringan. Karena lumayan juga ya penghasilan dr sosmed.

    Balas
  12. Ya ampiun sejak zaman Facebook sampai Tik Tok saya kok punya semua ya akun2 medsos ini hihi, gak mau ketinggalan. Btw melalui Casa Kreatif ada Jasa Press Release nya juga ya, noted.

    Balas

Tinggalkan komentar