Sosial Media Marketing: Pengertian, Platform, dan Strategi

sosial media marketing
sosial media marketing

Halo, Sobat Casa! Pelaku usaha saat ini harus memahami pentingnya peran media sosial dalam perkembangan bisnis. Sosial media marketing (SMM) adalah bentuk strategi yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha.

Saat ini banyak orang menggunakan media sosial. Oleh karenanya, pemasaran di media sosial dapat menjangkau potential customer yang lebih luas. Lalu, apa saja platform dan bentuk strategi marketing yang dapat dilakukan? Simak penjelasan berikut.

Pengertian Sosial Media Marketing

Sosial media marketing adalah upaya pemasaran online dengan memanfaatkan media sosial. Strategi pemasaran ini telah banyak diterapkan karena memberi banyak keuntungan bagi bisnis.

Sangat memungkinkan bagi sebuah bisnis memperluas jangkauan pasar hingga ke luar negeri menggunakan bantuan media sosial. Dengan penerapan strategi yang baik, upaya promosi akan lebih optimal dan penjualan produk semakin meningkat.

Tidak seperti marketing konvensional yang searah, SMM melibatkan interaksi dua arah dengan konsumen atau audiens. Maka dari itu, promosi yang dilakukan akan lebih efektif karena Sobat Casa bisa memperoleh reaksi maupun saran secara langsung.

Platform Social Media Marketing

Ada beberapa sosial media yang banyak digunakan sebagai channel media marketing, di antaranya:

1. Instagram

Instagram merupakan media sosial yang cenderung digunakan untuk menunjukan visual produk. Target audiens Instagram adalah remaja berusia 21 tahun ke atas atau generasi Z.

Instagram memiliki fitur berupa foto, video, maupun video siaran langsung. Sobat Casa juga bisa mendapatkan centang biru di Instagram sebagai tanda akun terverifikasi. Akun bisnis yang terverifikasi dianggap memiliki kredibilitas tinggi sehingga dapat meningkatkan brand awareness.

2. Facebook

Facebook lebih banyak digunakan oleh lintas generasi. Usia penggunanya mulai dari 15 – 65 tahun. Marketnya pun bervariasi, dari ibu rumah tangga, pelajar, pekerja, hingga pensiunan.

Keunggulan Facebook adalah fitur group yang sering menjadi wadah komunikasi para komunitas pecinta suatu produk. Di samping itu, sosial media marketing dapat dilakukan dengan memasang iklan online untuk memasarkan produk lebih efektif yang berupa Facebook Ads.

3. TikTok

Banyak orang mulai menggunakan TikTok sebagai media marketing online pada tahun 2017. Audiens yang menggunakan TikTok didominasi generasi millennial dan generasi Z. Konten yang ditampilkan pada TikTok khusus berupa video.

Ada beragam jenis video marketing yang tampil di TikTok, misalnya konten edukasi, tips n trick, hingga duplikasi konten populer. Selain membuat dan mengedit video, TikTok memiliki fasilitas TikTok Shop yang digunakan kembali pada tanggal 12 Desember 2023.

4. YouTube

YouTube dipilih menjadi channel marketing terbaik dalam mempublikasikan video berdurasi panjang. Target audiens YouTube sama luasnya dengan Facebook karena dapat diakses full melalui web. Tidak seperti Instagram dan TikTok yang para penggunannya perlu mengunduh aplikasi untuk mengakses beberapa fitur.

Baca Juga:

Tips Menjalankan Sosial Media Marketing

Dalam pemasaran digital pasti ada strategi yang harus diterapkan supaya upaya promosi produk berjalan lancar. Berikut adalah tips untuk mengoptimalkan SMM:

1. Pilih Platform yang Tepat

Seperti yang telah dijelaskan, semua media sosial memiliki pengguna dari kalangan yang berbeda. Oleh karena itu, Sobat Casa bisa menyesuaikan penggunaan platform dengan target pasar. Seperti contoh, usaha jualan daster dapat dipromosikan melalui Facebook, sedangkan merchandise K-Pop melalui Instagram.

Selain target pasar, pilih platform berdasarkan fitur yang tersedia. Maksimalkan fitur TikTok Shop untuk menjual produk berupa barang atau fitur iklan Meta di Instagram atau Facebook bila produk berupa jasa.

2. Posting Konten Menarik

Pembuatan konten yang menarik penting untuk meningkatkan minat audiens. Contohnya dengan memparodikan video yang sedang tren atau berbagi tips menarik.

Selain menarik dan viral, konten untuk sosial media marketing juga harus relevan dengan produk yang dijual. Misalnya konten yang berisi penawaran diskon serta promosi produk baru. Tujuannya supaya mereka lebih aware dengan produk dan minat membeli juga meningkat.

baca juga : Cara Membuat Podcast

3. Berinteraksi dengan Audiens

Kesadaran merek atau brand awareness juga bisa meningkat melalui proses interaksi dengan audiens. Sobat Casa dapat membangun interaksi dari menjawab komentar serta pesan yang masuk ke akun medsos bisnis.

4. Lakukan Riset Kompetitor

Setelah melakukan marketing, evaluasi hasilnya dan kumpulkan data-data yang ada. Setelah itu, barulah bandingkan dengan kompetitor bisnis Sobat Casa. Perhatikan apakah konten mereka lebih menarik atau ada strategi lain yang dapat diterapkan di bisnis Anda.

Demikian penjabaran tentang sosial media marketing dan bentuk strategi yang dapat diterapkan pada bisnis. Pemasaran melalui media sosial menjadi solusi terbaik untuk mengenalkan produk Sobat Casa sekaligus meningkatkan volume penjualan secara online.

Apabila Sobat Casa membutuhkan bantuan untuk mengoptimalkan media sosial dalam bisnis, Casa Kreatif siap membantu. Casa Kreatif menawarkan jasa SEO, KOL management, dan buzzer Instagram yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Casa Kreatif merupakan perusahaan digital public relation agency yang berbasis di kota Malang. Sobat Casa bisa melihat produk Casa Kreatif lainnya pada layanan Casa Kreatif.

Yuk, mulai optimalkan bisnis kamu bersama Casa Kreatif!

Baca Juga: Mengapa Bisnis Membutuhkan Agen Media Sosial? 

Responses (21)

  1. Jadi pelajaran lagi nih, keinget youtube aku yg terbengkalai. Ahaha. Dulu rajin upload video di youtube semenjak ada igtv jadi jarang upload di sana. Sosial media marketing paling sering aku gunain untuk promo barang di IG. Kalau Twitter masuknya pas thread viral suka pada nitip jualan ya. Ahaha

  2. Wah iya ya… Jadi aku baru ngeh, kalo brand punya akun IG berarti dia memantau analitik juga ya, aku pikir fokus ke bonding dengan audience aja.

  3. kalau punya usaha sekarang lebih ampuh jika memasarkannya via sosial media, secara udah banyak pilihannya gini, target juga udah jelas kemananya tinggal buat konten semenarik mungkin aja biar target marketnya pas dan cuannya ngalir.

    1. Perusahaan2 sekarang buat mengembangkan usahanya lebih mudah ya mba dengan promo disosial media orang akan lebih mengenal produk yang mereka jual, era digital ini memang sosial media sangat berpengaruh sekali

  4. Social media memang sangat membantu kita dalam memasarkan produk yang kita miliki. Tipsnya boleh juga dicoba untuk memaksimalakn marketing produk kita di sosial media.

  5. Sekarang makin banyak yang gunakan tuh Tiktok ya mba. DUlu awalnya mungkin biasa aja. Tapi sekarang kreasi video di tiktok luar biasa bagus dan keren mba. Tapi bagus juga ya ada jasa kreatif dari Casa ini

  6. Iya nih, di zaman kayak sekarang mah sosial media sudah merupakan hal yang wajib dimiliki buat siapa pun yang ingin merambah dunia online. Apalagi yang punya usaha ya. Ketinggalan deh kalo gak punya strategi sosial media marketing. Jika pun tak bisa dikelola sendiri, ada agen yang bisa melakukannya ya.

  7. perkembangan zaman turut mempengaruhi munculnya beragam profesi baru ya mbak
    dengan perkembangan dunia digital yg semakin masif ini, maka keberadaan social media marketing sangatlah dibutuhkan

  8. Setiap profesi pasti ada tanggungjawab begitu juga yang berkecimpung di sosial media. Belajar kunci keberhasilan

  9. Sekarang usaha marketing dapat terbantukan melalui sosial media. Jangkauannya lebih luas. Nah, sekarang udah banyak juga tuh yang gunain tiktok buat jualan. Tinggal pandai-pandai si pemasar aja membuat konten yang menarik

  10. Udah waktunya emang sih perusahaan-perusahaan pake jasa sosial media marketing ini. Supaya bisa mengjangkau dunia dan produknya makin dikenal.

  11. Peluang bekerja di bidang sosial media marketing memang besar ya. Tinggal konsisten, pilih yang memang sesuai, dan fokus dengan pekerjaan tersebut

  12. diera digital ini semakin banyak peluang pekerjaan ya, salah satunya jadi sosial media marketing ini

  13. Aku sempet pakai tiktok mba, tap i habis itu uninstall padahal bagus juga ya untuk media marketing. Impact nya lumayan besar dan cepat untuk naikin follower

  14. Semua sosmed diatas aku pake dan aktif. Tapi ya itu ya haris bisa mengatur waktu supaya semuanya berjalan beriringan. Karena lumayan juga ya penghasilan dr sosmed.

  15. Ya ampiun sejak zaman Facebook sampai Tik Tok saya kok punya semua ya akun2 medsos ini hihi, gak mau ketinggalan. Btw melalui Casa Kreatif ada Jasa Press Release nya juga ya, noted.

  16. wah ternyata banyak peluang ya buat marketing, aku jadi pengen optimasi youtube juga nih buat bantu bisnis suami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *