Home Iklan Inilah Jenis-Jenis Iklan Online yang Perlu Kalian Ketahui!

Inilah Jenis-Jenis Iklan Online yang Perlu Kalian Ketahui!

jenis-jenis iklan online yang perlu kalian ketahui

Casa Kreatif  – Seperti yang Anda ketahui, bahwa iklan online berfungsi untuk menawarkan atau memasang iklan, dari suatu produk atau jasa via online, dengan tujuan agar bisa meraih profit yang maksimal dari kegiatan penjualan tersebut.

Pada ulasan jenis jenis iklan online yang perlu kalian ketahui berikut ini, bisa Anda gunakan untuk mempromosikan sebuah produk online Anda.

Karena pengertian iklan online, merupakan suatu kegiatan promosi secara online dengan memperlihatkan suatu gambar atau video, yang berisi informasi tentang suatu produk, dengan tujuan tertentu. Misalnya, brand awareness, selling dan lainnya.

Maka dari itu, Anda perlu mengenal berbagai jenis-jenisnya berikut ini!

Jenis Iklan Online yang Perlu Kalian Ketahui!

Agar Anda bisa memperoleh profit secara maksimal dalam suatu bisnis online, yuk simak berbagai jenis iklan online yang bisa Anda pakai berikut ini!

1. Paid Search

Saat ini, dengan adanya mesin pencari online, semua orang bisa menemukan apa saja. Termasuk berbagai kebutuhan di dunia maya, seperti mesin pencarian Google. Maka sebelum membeli sebuah produk, konsumen bisa mencarinya di Google terlebih dahulu, untuk melihat review atau rincian dari produk tersebut.

Karena menurut research dari Google, sebanyak 84% para konsumen, sebelum membeli, mereka akan mencari produk yang dibutuhkan di mesin pencari Google.

Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan sebuah promosi iklan online melalui hasil pencarian. Pada umumnya, jeni-jenis iklan online yang perlu kalian ketahui berupa Paid Search, bisa Anda temui pada Google dan Yahoo.

Saat ini, Goole telah menyediakan layanan Paid Search melalui Google Ads, yang sebelumnya dikenal dengan Google AdWords, atau disebut dengan rebranding dari Google.

Namun rebranding tersebut tidak menghilangkan fitur yang sudah ada, dan bahkan saat ini dibekali fitur baru, seperti Smart Campaign. Jadi Anda bisa memanfaatkan Google Ads, untuk menawarkan metode iklan melalui hasil pencarian, iklan display, iklan Youtube, dan iklan di aplikasi seluler.

2. Paid Social

Jenis-jenis iklan online yang perlu kalian ketahui selanjutnya adalah Paid Social yang memungkinkan Anda, untuk membuat iklan online di media sosial. Seperti, Instagram, Twitter, dan Facebook.

Tidak hanya itu, penggunaan iklan online di media sosial, bisa Anda gunakan untuk menargetkan lebih spesifik, bagi calon para pelanggan berdasarkan kategori tertentu.

Seperti tingkat pendidikan, usia, lokasi, minat, hobi, gender, dan penghasilan. Media sosial populer yang bisa Anda gunakan diantaranya, Facebook Ads, Instagram Ads, dan Twitter Ads, yang menyediakan berbagai fitur.

3. Email Marketing

Selain memanfaatkan jenis-jenis iklan online yang perlu kalian ketahui diatas, Anda juga bisa beriklan melalui email. Karena email tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi personal saja, namun juga bisa dihasilkan sebagai alat pemasaran.

Selain itu, email marketing juga merupakan upaya pengiriman pesan komersial seperti newsletter, dan promosi yang dilakukan via email.

Kelebihan menggunakan email marketing tidak hanya murah dalam biaya, namun juga memiliki tingkat efektivitas yang tinggi.

Bahkan sebuah penelitian McKinsey and Company, menyebutkan bahwa email marketing 40 kali lebih efektif, dibandingkan dengan media sosial. Oleh karena itu, penggunaan email marketing sebagai iklan online, sangatlah direkomendasikan.

Itulah beberapa jenis – jenis iklan online yang perlu kalian ketahui.  Pembahasan ini diberikan, tentunya, agar lebih memudahkan Anda saat berbisnis online, dan bisa memilih iklan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *