Iklan  

Penting! Jenis-jenis Iklan Online yang Perlu Diketahui Pemilik Bisnis

jenis-jenis iklan online yang perlu kalian ketahui
jenis-jenis iklan online yang perlu kalian ketahui

Halo, Sobat Casa! Untuk meningkatkan brand awareness sebuah bisnis, kamu bisa menggunakan strategi promosi berupa iklan online. Pada artikel ini akan dijabarkan tentang jenis-jenis iklan online yang perlu kamu ketahui.

Sobat Casa juga perlu memahami fungsi dari iklan online supaya bisnis yang dijalankan dapat bersaing di era digital.

Jenis Iklan Online yang Perlu Diketahui

Iklan online merupakan pemanfaatan platform digital untuk mempromosikan produk atau jasa. Seperti contoh di blog, Instagram, Twitter/X, ataupun YouTube.

Agar Sobat Casa bisa memperoleh profit secara maksimal dalam menjalankan bisnis online, yuk simak jenis-jenis iklan online yang perlu kamu ketahui berikut ini!

1. Paid Search

Dengan adanya mesin pencari, semua orang bisa menemukan apa saja. Termasuk berbagai kebutuhan di dunia maya. Maka sebelum membeli sebuah produk, konsumen bisa mencarinya di Google terlebih dahulu, untuk melihat review atau rincian dari produk tersebut.

Dengan begitu, Sobat Casa bisa memanfaatkan promosi iklan online melalui hasil pencarian. Pada umumnya, jenis-jenis iklan online yang perlu kamu ketahui berupa Paid Search, bisa Anda temui pada Google dan Yahoo.

Saat ini, Google telah menyediakan layanan Paid Search melalui Google Ads. Kamu harus menggunakan kata kunci yang banyak dicari dan relevan dengan bisnis. Sobat Casa bisa memanfaatkan Google Ads, untuk promosi melalui hasil pencarian, iklan display, iklan Youtube, dan iklan di aplikasi seluler.

2. Social Media

Jenis-jenis iklan online yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah Social Media yang memungkinkan Anda untuk membuat iklan online di media sosial. Seperti, Instagram, Twitter, dan Facebook.

Tidak hanya itu, penggunaan iklan online di media sosial bisa Sobat Casa gunakan untuk menargetkan lebih spesifik, bagi calon para pelanggan berdasarkan kategori tertentu.

Seperti tingkat pendidikan, usia, lokasi, minat, hobi, gender, dan penghasilan. Media sosial populer yang bisa Anda gunakan diantaranya, Facebook Ads, Instagram Ads, dan Twitter Ads, yang menyediakan berbagai fitur.

3. Email Marketing

Sobat Casa juga bisa beriklan melalui email. Karena email tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi personal saja, namun juga bisa dihasilkan sebagai alat pemasaran.

Selain itu, email marketing juga merupakan upaya pengiriman pesan komersial seperti newsletter, dan promosi yang dilakukan via email.

Kelebihan menggunakan email marketing tidak hanya murah, namun juga memiliki tingkat efektivitas yang tinggi. Oleh karena itu, penggunaan email marketing sebagai iklan online, sangatlah direkomendasikan.

Baca Juga: Kenali Manfaat Google My Business Sebagai Alat Promosi Bisnis

Fungsi Iklan Online

Media promosi online memiliki beragam fungsi bagi perkembangan bisnis. Berikut peran krusial iklan online yang harus Sobat Casa ketahui:

1. Mencapai Target Pasar

Keunggulan dari iklan online yakni kinerjanya dapat dilacak. Jadi, Sobat Casa bisa mendapatkan data dari alat analitik yang tersedia. Data yang dihasilkan bisa berupa perilaku pengunjung iklan, preferensi, serta lokasi demografis.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apakah bisnis telah mencapai target pasar yang ditentukan. Iklan online juga bisa secara otomatis tertuju pada orang yang mungkin tertarik dengan jasa dan produk yang tersedia.

2. Pemanfaatan Kreativitas yang Tinggi

Media promosi online dapat berupa video dan gambar. Dibutuhkan kreativitas tinggi untuk membuat konten iklan yang khas, memperkuat impresi brand, dan menarik. Misalnya, Sobat Casa bisa menggunakan video yang interaktif sehingga pengunjung iklan tertarik untuk mengetahui produk lebih lanjut.

3. Fleksibel serta Hemat

Jenis iklan yang beragam menjadikan salah satu strategi digital marketing ini terasa fleksibel. Dengan begitu, Sobat Casa dapat memilih jenis iklan sesuai dengan anggaran yang ada. kamu bisa mengubah strategi pemasaran yang lebih sesuai dengan mudah serta cepat.

Membuat iklan digital membutuhkan pengeluaran yang lebih sedikit. Bandingkan saja biaya memasang iklan di Billboard dengan membuat iklan Instagram. Jadi, Sobat Casa bisa mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan bisnis yang lain.

4. Menjangkau Lebih Banyak Orang

Sebagian besar orang telah menggunakan gadget dengan akses internet. Iklan online memungkinkan merek menjangkau pasar yang lebih luas dengan akses internet yang semakin mudah.

Sobat Casa dapat melakukan selling dengan jangkauan pasar global. Hal ini menjadikan merek bisa dijangkau tanpa melihat batasan geografis yang pasti. Membangun kesadaran merek juga menjadi lebih mudah.

Demikian penjelasan jenis-jenis iklan online yang perlu kamu ketahui dan fungsinya. Bila Sobat Casa menjalankan sebuah bisnis, coba pasang salah satu jenis iklan digital seperti di atas. kamu bisa pakai jenis iklan sesuai dengan kebutuhan.

Jika Sobat Casa membutuhkan bantuan untuk memasang iklan digital yang bagus, Casa Kreatif siap membantu. Casa Kreatif menawarkan jasa advertising digital yang dapat membantu Sobat Casa untuk menayangkan iklan digital yang kamu inginkan.

Casa Kreatif merupakan perusahaan Digital Public Relation Agency yang menawarkan jasa digital advertising. Sobat Casa bisa melihat produk Casa Kreatif lainnya pada layanan Casa Kreatif.

Baca Juga: Detail Iklan Penawaran Barang Beserta Contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *