Reach vs Impression, Mana yang Lebih Penting? Begini Penjelasannya

Bagi pengguna media sosial, baik itu Instagram maupun Facebook Ads, pastinya Anda sering mendengar istilah reach dan juga impression. Apakah Anda tahu pengertian dari keduanya? Menurut Anda, lebih penting mana, reach atau impression?

Mengingat bagi seorang pemilik bisnis, peran dari berbagai media sosial tersebut tentunya bisa dijadikan sebagai media untuk melakukan promosi, sekaligus pemasaran. Begitupun dengan fitur reach dan impression ini. Dari salah satu fitur tersebut, manakah yang paling sesuai bagi pelaku bisnis? Cari tahu jawabannya yuk!

Lebih Penting Reach atau Impression?

Sebelum membahas mengenai seberapa pentingnya reach vs impression ini bagi setiap pemilik usaha/bisnis, ada baiknya Anda memahami dahulu pengertian dari keduanya. Karena meskipun Anda sering mendengar istilah ini, bukan tak mungkin, Anda juga belum tahu apa sebenarnya dari kedua istilah ini.

Secara umum, reach diartikan sebagai jumlah orang yang telah melihat konten yang Anda buat. Misalnya jika dalam fitur tersebut menampilkan angka 100, maka orang yang telah melihat konten Anda itu sebanyak 100 orang.

Hanya saja, angka yang ditampilkan dihitung dari satu user saja. Dimana saat 1 orang dari 100 orang tersebut, melihat konten Anda secara berulang, maka tetap saja, yang dihitung adalah satu.

Sementara impression adalah hitungan mengenai seberapa banyak sebuah konten tampil di layar pengguna/target. Meskipun mungkin konten tersebut tidak dibuka ataupun dilihat, namun jumlah impression tetap dihitung satu.

Semakin banyak impressi yang didapatkan, maka peluang konten tersebut akan semakin besar pula untuk ditampilkan di akun audiens /layar user yang menjadi target.

Contoh kecilnya yaitu saat jumlah impresi menunjukkan angka 1000, maka konten yang Anda buat tersebut telah ditampilkan sebanyak 1000 kali.

Seberapa Penting Reach dan Impression?

reach vs impression mana lebih penting

Setelah menyimak penjelasan di atas, kiranya kini Anda telah mengetahui mengenai pengertian dari kedua istilah tersebut. Pertanyaannya kini, seberapa pentingkah reach dan impression ini?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mungkin Anda harus mengetahui terlebih dahulu, mengenai manfaat/kegunaan dari keduanya bagi seorang pelaku usaha/bisnis. Diantaranya :

Reach

Kegunaan dari reach bagi pelaku bisnis dan usaha adalah untuk mengetahui sejauh mana sebuah konten yang dibuat, bisa menginspirasi orang banyak. Bahkan mungkin, dengan konten yang dibuat tersebut, bisa menimbulkan ketertarikan untuk membeli produk yang Anda jual, maupun layanan jasa yang Anda tawarkan.

Impression

Selain reach, impression juga jelas memberikan manfaat dan kegunaan bagi pemilik usaha/bisnis yang melakukan strategi pemasarannya dengan menggunakan media sosial, seperti Instagram dan juga Facebook Ads ini.

Salah satu kegunaan dari impression ini yaitu bisa membantu Anda dalam menetapkan target konsumen yang bisa Anda capai dengan sejumlah konten yang ditayangkan.

Dengan adanya tayangan konten di berbagai layar user/audiens, hal ini bisa dijadikan peluang untuk membuat audiens tersebut menjadi tertarik untuk membuka serta melihat konten tersebut. Dan mungkin saja, dengan melihat konten tersebut, mereka akan tertarik dengan produk dan jasa yang kini tengah Anda promosikan tersebut.

Bagi yang memiliki media sosial namun belum memahami mengenai reach dan juga impression ini, Anda bisa menghubungi Casa Kreatif. Jasa ini akan membantu Anda dalam melakukan upaya yang bisa meningkatkan reach vs impression dari akun media sosial yang digunakan untuk bisnis ini.

Bukan hanya itu saja, Casa Kreatif juga melayani jasa verifikasi dan centang biru Instagram. Bahkan untuk beberapa layanan lainnya, seperti press release, jasa backlink, dan layanan KOL management, Casa Kreatif sudah dikenal sebagai jasa yang bisa membantu Anda, dengan tarif yang bersahabat.

Jika kini Anda masih bingung untuk menentukan, lebih penting mana, reach atau impression. Maka sudah bisa dipastikan, bahwa keduanya sama pentingnya. Karena keduanya memiliki fungsi yang berbeda-beda, dan memang tidak bisa dipisahkan, antara satu dan yang lainnya.

Tinggalkan komentar