Kenapa Reach Atau Impression Penting dalam Digital Marketing?

Reach atau impression
Reach atau impression

Halo, Sobat Casa! Reach atau impression merupakan dua kata yang kerap muncul di dashboard analitik Instagram, Twitter/X, maupun Facebook. Kedua istilah ini erat kaitannya dengan penerapan strategi marketing di media sosial.

Reach dan impression merupakan metrik untuk mengevaluasi performa social media marketing. Lantas, apa pentingnya kedua metrik ini dalam digital marketing? Untuk menjawab penasaran Sobat Casa, simak penjelasan berikut.

Pentingnya Reach dan Impression dalam Pemasaran Produk

Mungkin Sobat Casa belum memahami apa bedanya reach dan impression. Reach adalah informasi tentang jumlah orang yang melihat konten kita di media sosial. Sedangkan impression menunjukkan berapa kali konten kita ditampilkan pada pengguna.

Kalau begitu, apa yang membuat reach dan impression sangat penting dalam digital marketing? Berikut beberapa alasan yang perlu Sobat Casa ketahui, antara lain:

1. Menguatkan Keberadaan Produk

Jumlah impression tidak berkaitan dengan apakah postingan telah diakses atau diklik. Jumlahnya akan bertambah secara otomatis setiap kali konten atau iklan kita muncul di akun media sosial.

Semakin tinggi impression maka semakin sering postingan muncul di banyak akun. Secara tidak langsung frekuensi kemunculan konten bisa mempengaruhi brand awareness produk. Artinya, impression dapat memperkuat keberadaan brand di mata publik.

Kesadaran merek juga berkaitan dengan jumlah reach. Metrik ini mengindikasikan pengguna sosial yang melihat konten Sobat Casa.

2. Menemukan Strategi Marketing yang Tepat

Pengoptimalan reach atau impression melibatkan analisis data untuk memahami bagaimana konten dan kampanye mencapai audiens, seberapa sering dilihat, dan bagaimana pengguna berinteraksi dengan konten atau akun kita di media sosial.

Untuk bisa memaksimalkan keduanya, setidaknya sobat harus melakukan eksperimen melalui konten, dan membangun interaksi yang baik dengan followers. Apabila keduanya sudah sesuai target, maka marketing yang dilakukan sudah tepat.

3. Meminimalkan Cost per Lead

CPL atau Cost per Lead merupakan total biaya untuk mendapatkan pelanggan potensial (lead) yang dikeluarkan oleh perusahaan. Rumus CPL adalah modal iklan dibagi dengan jumlah lead.

Contohnya, perusahaan mengeluarkan modal Rp2000.000 dan memperoleh 40 orang yang berminat mengetahui produk lebih lanjut. Maka CPL perusahaan tersebut adalah Rp50.000.

Besar kemungkinan jumlah lead akan meningkat bila reach dan impression juga naik. Strategi pemasaran yang baik akan mencoba mencapai CPL yang lebih rendah dengan modal yang sama.

Baca Juga: Kenapa Reach Atau Impression Penting dalam Digital Marketing?

Reach dan Impression di Berbagai Media Sosial

Setiap platform  somediasial memiliki sistem analitik yang berbeda. Berikut ini merupakan gambaran reach dan impression di berbagai platform:

1. Twitter/X

Platform Twitter/X hanya fokus melacak impression, bukan reach. Impression dihitung setiap kali pengguna melihat tweet, baik dalam feeds, hasil pencarian, atau konten repost.

Cara melihat impression Twitter/X yakni dengan mengakses analytics.twitter.com dan mengaktifkan alat analitik. Selain melacak berapa orang yang melihat postingan, Sobat Casa juga akan memperoleh data engagements, detail expand, dan jumlah like.

2. Facebook

Reach atau Jangkauan di Facebook berarti jumlah orang yang melihat iklan setidaknya sekali. Metrik dibagi menjadi organik (gratis), berbayar (melalui konten berbayar), dan viral (melalui like, share, atau komentar).

Begitu pula dengan impression atau tayangan, yang terbagi menjadi organik, berbayar, dan viral (melalui postingan repost).
Terdapat jenis impression tambahan bila Sobat Casa menggunakan iklan Facebook Ads. Data served yang merupakan jumlah yang ditayangkan, dan viewed yakni iklan yang muncul di layar pengguna.

3. Instagram

Metrik reach atau impression di Instagram mirip dengan Facebook. Pihak Facebook mengakuisisi Instagram pada tahun 2012 sehingga keduanya menggabungkan sejumlah fitur dan algoritma.

Reach di Instagram mengacu pada jumlah akun unik yang melihat post, cerita, atau konten. Sementara itu, impression mengukur seberapa sering pengguna melihat postingan atau cerita.

baca juga : Jasa Google Ads

Cara Meningkatkan Reach dan Impression

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu Sobat Casa meningkatkan reach maupun impression:

1. Penyusunan Konten Berkualitas Tinggi

Penting untuk menciptakan konten atau iklan yang menarik, informatif, dan relevan dengan audiens. Dengan demikian, interaksi yang lebih tinggi dapat dicapai, dan kesadaran merek dapat diperluas.

2. Optimalkan Waktu Posting

Meningkatkan frekuensi posting pada jam-jam yang paling efektif dapat meningkatkan jumlah impression. Sobat bisa memanfaatkan tools analitik yang disediakan tiap platform, melihat kapan audiens memiliki interaksi yang tinggi di akun tersebut. Sehingga sobat dapat menentukan waktu posting yang tepat..

3. Manfaatkan Hashtag dengan Bijak

Penggunaan hashtag adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan visibilitas konten. Gunakan hashtag yang relevan dengan industri atau topik tertentu supaya audiens mudah menemukan konten Anda.

4. Lakukan Kolaborasi dengan Influencer

Influencer memiliki pengaruh besar di media sosial, dan dapat membantu memperluas jangkauan kampanye Sobat Casa. Menggandeng influencer yang memiliki audiens yang relevan dengan target market Anda dapat meningkatkan reach atau impression secara signifikan.

5. Berinteraksi dengan Audiens

Strategi ini efektif untuk membangun koneksi dan meningkatkan reach organik. Tanggapi komentar, ajukan pertanyaan, dan ajak pengguna berdiskusi. Interaksi ini dapat meningkatkan engagement dan memicu algoritma untuk menampilkan konten ke audiens yang lebih luas.

6. Analisis dan Penyesuaian Berkelanjutan

Teruslah melakukan analisis terhadap data reach dan impression. Identifikasi tren, pelajari apa yang berhasil, dan sesuaikan strategi. Media sosial terus berubah, dan kemampuan untuk beradaptasi akan memastikan marketing tetap relevan dan efektif.

Demikian penjelasan tentang reach atau impression dan cara mengoptimalkannya. Seperti penjabaran di atas, kedua metrik ini sama-sama pentingnya dalam dunia marketing sebagai analisis upaya strategi pemasaran.

Apabila Sobat Casa perlu bantuan untuk meningkatkan pemanfaatan media sosial untuk bisnis, Casa Kreatif siap membantu. Casa Kreatif menyediakan jasa Buzzer medsos agar promosi bisnis di media sosial dapat meningkat.

Casa Kreatif merupakan perusahaan digital public relation agency yang berbasis di kota Malang. Sobat Casa bisa melihat produk Casa Kreatif lainnya pada layanan Casa Kreatif.

Yuk, mulai optimalkan bisnis kamu bersama Casa Kreatif!

Baca Juga: Reach vs Impression, Mana yang Lebih Penting? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *