Apa Itu Internet Marketing? Ini Ciri-ciri dan Keuntungannya untuk Bisnis!

apa itu Internet marketing
apa itu Internet marketing

Halo, Sobat Casa! sudah tahu apa itu internet marketing? Strategi pemasaran ini sudah ada sejak lama, dan semakin marak digunakan oleh pelaku bisnis di Indonesia. Banyak yang memilih internet marketing karena memiliki banyak keunggulan dari berbagai aspek.

Strategi internet marketing dapat diterapkan dengan banyak cara. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang internet marketing, mari simak penjelasan berikut.

Apa Itu Internet Marketing?

Internet marketing adalah usaha atau strategi ang dilakukan untuk menawarkan produk melalui jaringan internet. Tujuan menggunakan strategi ini agar bisa menjangkau target konsumen lebih luas. Melakukan promosi secara online berperan penting dalam bisnis Sobat Casa, apalagi pada era digital seperti saat ini.

Meski begitu, internet marketing berbeda dengan digital marketing. Dalam digital marketing semua proses marketing dan pemasaran menggunakan berbagai macam perangkat digital seperti televisi dan komputer. Internet marketing merupakan salah satu cabangnya yang memanfaatkan media online.

Sobat Casa bisa memadukannya dengan strategi pemasaran online lainnya seperti search engine marketing atau SEM. Contoh penerapan internet marketing yaitu dengan membuka toko online atau lapak di marketplace maupun e-commerce.

Ciri-ciri Internet Marketing

Sebuah strategi pemasaran dapat dikatakan sebagai internet marketing apabila memenuhi konsep atau aspek sebagai berikut:

  • Tipe promosi lebih fleksibel dan terpencar. Misalnya melalui artikel, update blog, status media sosial, dan semacamnya.
  • Ruang lingkup promosi yang luas serta bisa ditujukan untuk siapapun dan dimanapun.
  • Komunikasi lebih responsif dan terbuka dengan para konsumen.
  • Komunikasi antara penjual dan pembeli bisa dilakukan dengan banyak arah. Artinya, kedua pihak sama-sama aktif dalam mendiskusikan suatu produk.

Baca Juga: Perbedaan Internet Marketing dengan Digital Marketing

Platform Internet Marketing

Setelah mengetahui apa itu internet marketing, Sobat Casa harus memahami jenis platform yang dapat digunakan, diantaranya:

1. Email

Hampir setiap orang memiliki email pribadi, begitu pula dengan akun resmi milik perusahaan. Oleh sebab itu, masih banyak bisnis yang melakukan promosi produk melalui email meski sudah muncul berbagai platform lain.

Bentuk dari email marketing yakni dengan memberikan free trial sebuah produk atau pembagian e-book gratis. Ada pula penyebaran informasi diskon besar-besaran di hari tertentu, seperti black friday atau valentine.

2. Website

Penggunaan situs sebagai media marketing berkaitan erat dengan artikel SEO. Penerapan SEO sangat membantu traffic atau menambah kunjungan pada website.

Selain itu, ada penggunaan backlink pada artikel yang membantu meningkatkan kredibilitas web. Situs resmi juga dapat menjadi media untuk memposting katalog produk untuk menarik perhatian calon pembeli.

3. Media Sosial

Platform promosi yang sedang populer yakni media sosial. Jenis marketing yang dapat diterapkan pun bisa disesuaikan dengan media sosial yang dipakai.

Misalnya, Sobat Casa dapat menerapkan promosi dengan bantuan influencer dan iklan Pay Per-Click pada Instagram. Sedangkan di TikTok atau YouTube bisa menggunakan jenis video marketing.

4. Marketplace

Toko online memudahkan pembeli untuk memesan produk tanpa melakukan transaksi langsung dengan penjual.

Sobat Casa dapat menerapkan promosi berupa pemasangan iklan berbayar di marketplace. Di samping itu, SEO dalam deskripsi serta kata kunci pencarian produk juga dapat dimaksimalkan.

Keunggulan Internet Marketing

Penerapan internet marketing memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku bisnis. Keunggulan penerapan strategi marketing tersebut antara lain:

1. Target Audience Lebih Luas

Bila dibandingkan dengan pemasaran konvensional, internet marketing merupakan teknik yang lebih efektif. Jangkauan pemasaran jadi lebih luas karena internet menghubungkan banyak orang. Bahkan Sobat Casa bisa melakukan ekspansi bisnis sampai ke luar negeri.

2. Biaya Murah

Tidak dapat dipungkiri bahwa internet marketing membantu menekan pengeluaran untuk promosi. Bahkan banyak platform yang dapat diakses secara gratis. Jenis pemasaran ini juga tidak memerlukan media fisik dan sewa tempat yang mahal.

3. Penyebaran Cepat dan Efisien

Internet marketing menjangkau banyak orang dalam satu waktu. Contohnya, ketika Sobat Casa mengirim email marketing langsung ke banyak akun. Begitu pula informasi yang langsung menyebar saat memposting sesuatu di media sosial.

4. Meningkatkan Kepercayaan Audiens

Kesadaran merek atau brand awareness dapat dibangun melalui promosi dan portofolio yang baik. Dengan memanfaatkan internet, Sobat Casa bisa memperkenalkan bisnis melalui berbagai macam platform.

Dengan begitu, kepercayaan audiens bisa meningkat karena informasi tentang bisnis mudah untuk ditemukan. Apalagi bila dapat memaksimalkan penggunaan platform pemasaran dengan tepat.

Itu dia penjelasan tentang apa itu internet marketing. Adanya pemasaran digital menjadi solusi terbaik untuk mengenalkan produk yang Sobat Casa jual kepada masyarakat luas. Sekaligus untuk meningkatkan tingkat volume penjualan secara online.

Apabila Sobat Casa membutuhkan bantuan untuk memaksimalkan internet marketing dalam bisnis, Casa Kreatif siap membantu. Casa Kreatif menawarkan jasa SEO, buzzer Instagram, dan pembuatan web yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Casa Kreatif merupakan perusahaan digital public relation agency yang berbasis di kota Malang. Sobat Casa bisa melihat produk Casa Kreatif lainnya pada layanan Casa Kreatif.

Yuk, mulai optimalkan bisnis kamu bersama Casa Kreatif!

Baca Juga: Pelaku Bisnis Wajib Tahu! Berikut 4 Tren Digital Marketing di Tahun 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *