Anda Harus Tahu! Ini Pengertian Brand Awareness Kesadaran Merk

Casa Kreatif – Dalam membangun dan menjalankan sebuah brand, Anda harus melakukan berbagai tahapan, sehingga brand yang Anda buat benar-benar berhasil. Tahapan dalam membangun brand salah satunya yaitu dalam membuat logo, nama, hingga semboyan brand yang berkaitan erat dengan brand awareness. Bila Anda masih bingung mengenai hal ini, kami akan sedikit menjelaskan mengenai pengertian Brand Awareness-kesadaran merk.

Pengertian Brand Awareness – Kesadaran Merk

Pengertian dari Brand Awareness bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti yaitu kesadaran merk. Dimana istilah ini mengarah kepada sejauh mana pelanggan dalam mengingat suatu merk atau brand. Kesadaran ini bisa terjadi dengan sekali melihat dari identitas brand tersebut.

Identitas brand ini bisa berupa dari desain logonya atau nama brand itu sendiri.Kesadaran merk merupakan faktor utama dan sangat penting dalam semua brand. Sebab dapat menentukan sikap perilaku pelanggan dalam memutuskan pembelian produk.

Begitupun dengan pemilik brand, yang harus mempelajari sikap para pelanggan, sebagai upaya pembangunan awareness para pelanggan.

Anda perlu melakukan Branding, jika menginginkan untuk memiliki kesadaran merk yang tinggi. Aktivitas Branding merupakan bagian proses dalam memberikan makna khusus, terhadap produk perusahaan. Lebih jelasnya, upaya untuk membangun citra yang baik dan kuat dalam lingkungan masyarakat.

Tujuan dan Manfaat dari Brand Awareness

Setelah Anda mengetahui penjelasan mengenai pengertian Brand Awareness-kesadaran merk, Kiranya hal ini tidaklah sebanding, jika Anda belum mengetahui ragam manfaat dan tujuannya. Karena itu, dalam penjelasan di bawah ini, akan diterangkan mengenai hal itu. Diantaranya:

1.Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Brand

Fungsi pertama dalam Brand Awareness yakni untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap brand.  Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, dapat dilakukan melalui desain logo, nama, atau bahkan semboyannya.

Selain itu, Anda bisa melakukan promosi yang super unik dan berkesan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap brand yang dimiliki.Mereka akan terus memilih produk yang dimiliki oleh brand Anda, jika Anda berhasil meningkatkan kesadaran merk dari produk tersebut.

2. Menarik Para Pelanggan

Mengingat pada pengertian Brand Awareness-kesadaran merk, tentu kita dapat menyimpulkan fungsinya. Salah satunya fungsi Brand Awareness yakni untuk menarik para pelanggan. Dengan begitu, produk yang Anda miliki banyak diburu oleh masyarakat dan akan terus tertarik dengan produk yang dihasilkannya.

Itulah mengapa, Brand Awareness sangatlah penting. Apalagi jika ada pelanggan yang puas terhadap brand Anda, mereka tanpa sadar akan melakukan promosi dengan mengajak kerabatnya. Hal ini tentu sangat menguntungkan, bukan?

3.Untuk Meningkatkan Harga Jual

Semakin meningkatnya kesadaran masyarakat disertai dengan dukungan kualitas produknya, tentu akan memberikan peluang yang menguntungkan. Hal ini dapat meningkatkan harga sebuah produk brand yang Anda milikiSalah satu upaya dalam meningkatkan harga jual selain diikuti Brand Awareness yakni melakukan packing produk yang unik, dan hal-hal yang akan membuat ketertarikan akan produk.

4. Membentuk Kepercayaan

Tujuan dan manfaat yang terakhir adalah membangun dan membentuk kepercayaan masyarakat terhadap brand yang dimiliki. Dengan begitu, masyarakat akan merasa nyaman, jika telah membeli produk dengan brand yang Anda buat.

 

Dari penjelasan pengertian brand awareness beserta tujuan dan manfaatnya diatas, Anda pun kiranya bisa menyimpulkan bahwa Brand Awareness sangatlah penting. Untuk itu, Anda wajib membangun dan meningkatkan awareness dari masyarakat.

Tinggalkan komentar

Name - City
Membeli Product Time