Press Conference: Tujuan, Jenis Informasi, dan Tips Penyelenggaraan

Casa Kreatif – Pernah mendengar istilah press conference? Press conference adalah sebuah acara yang melibatkan banyak media untuk mengumumkan atau memberikan informasi mengenai suatu kegiatan, baik yang sudah dilakukan ataupun yang baru akan dilakukan. Acara ini biasanya diselenggarakan oleh perusahaan ataupun organisasi yang mengundang para wartawan media, untuk menjelaskan informasi tertentu kepada publik.

Di dalam press conference, narasumber atau penyelenggara kegiatan akan mengeluarkan pernyataan khusus, yang kemudian akan diteruskan dengan sesi tanya jawab. Inilah yang membedakan presscon dengan wawancara pers biasa. Apabila Anda masih penasaran dengan apa itu presscon, berikut adalah pengertian, tujuan, fungsi, dan tips penyelenggaraannya yang dapat Anda simak secara seksama.

Tujuan dari Press Conference

Press conference adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menyebarkan informasi kepada publik, secara lebih luas. Dengan hadirnya berbagai media, maka perusahaan atau penyelenggara acara berharap informasi yang disampaikan akan disiarkan seluas-luasnya. Tujuan akhir dari penyelenggaraan presscon ini adalah agar dapat meningkatkan pengetahuan khalayak tentang perusahaan tersebut.

Informasi dalam Press Conference

Informasi yang disampaikan dalam press conference umumnya bukanlah informasi biasa dari suatu perusahaan. Hal ini dikarenakan, presscon adalah salah satu acara besar yang melibatkan banyak media, dimana informasi yang disampaikan pasti dianggap sangat bernilai bagi perusahaan.

Lalu, jenis informasi apa saja yang biasanya ada pada presscon? Berikut ini berbagai macam informasi yang biasanya ada pada penyelenggaraan presscon

  1. Menyampaikan kinerja perusahaan dalam kurun waktu tertentu
  2. Menyangkal berita miring, yang biasanya cukup sering menimpa perusahaan-perusahaan besar
  3. Mempromosikan produk baru dari perusahaan sehingga dapat dikenal ke masyarakat luas
  4. Menyampaikan peningkatan layanan dari suatu perusahaan

Tips Penyelenggaraan Press Conference

Press conference adalah sebuah kegiatan yang mesti dipersiapkan dengan matang. Dalam penyelenggaraan presscon tentunya terdapat hal-hal yang mesti diperhatikan. DMaka dari itu, berikut ini adalah tips yang dapat dilakukan agar acara presscon dapat berjalan dengan lancar. Diantaranya :

1.Tips Agar PressCon Bisa Berjalan dengan Lancar Secara Keseluruhan

Agar penyelenggaraan presscon ini bisa berjalan dengan lancar secara keseluruhan, maka Anda bisa melakukan tips-tips berikut ini. Diantaranya :

  1. Menentukan informasi bernilai berita yang ingin disiarkan ke publik
  2. Menetapkan juru bicara yang menguasai informasi yang akan disiarkan
  3. Menentukan lokasi dan waktu penyelenggaraan acara
  4. Mempersiapkan media kit, seperti press release, fact sheet, backgrounder, dan lain sebagainya
  5. Menyiapkan segala sarana dan prasarana presentasi, misalnya LCD Projector dan pengeras suara
  6. Menyusun daftar undangan media

2. Tips Agar PressCon Virtual Bisa Berjalan Lancar

Saat ini penyelenggaraan press conference juga banyak dilakukan secara virtual akibat adanya pandemi. Presscon adalah acara yang akan merepresentasikan perusahaan ke pihak luar. Oleh karena itu, walaupun diselenggarakan secara virtual, presscon virtual harus dipersiapkan dengan baik. Berikut ini adalah tips menyelenggarakan presscon virtual, agar berjalan lancar.

  1. Menguasai platform yang akan digunakan untuk presscon (Zoom, Google Meet, Skype, dll)
  2. Membuat pertemuan virtual terjadwal, dan membagikan link-nya sebelum hari pelaksanaan
  3. Melakukan gladi resik dan pastikan semuanya berjalan dengan lancar
  4. Membuat susunan acara sehingga presscon berjalan sesuai dengan perencanaan
  5. Menyiapkan media kit yang dibutuhkan, misalnya press release
  6. Pada saat acara, membangun engagement dengan audiens adalah hal yang sangat penting
  7. Memanfaatkan semua fitur yang ada pada platform, sehingga pelaksanaan presscon lebih optimal

Itulah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui tentang press conference. Jadi bisa dikatakan,  presscon adalah cerminan dari perusahaan. Oleh karena itu, apabila Anda hendak menyelenggarakan presscon, maka persiapkan dengan baik dan tinggalkan kesan yang baik pula kepada para undangan yang telah hadir.

Tinggalkan komentar

Name - City
Membeli Product Time