Pengertian Press Briefing & Hal yang Perlu Diperhatikan

tips melakukan press briefing

Pada dasarnya briefing adalah suatu pengarahan untuk membagikan informasi kepada orang lain yang bersifat mengarahkan dan dapat mencerahkan. Press briefing sendiri biasanya dilaksanakan secara periodik. Penasaran? Berikut pengertian press briefing jumpa pers dan hal hal yang perlu diperhatikan.

Pengertian Press Briefing atau Jumpa Pers

Press briefing atau jumpa pers merupakan salah satu agenda wajib yang harus dilaksanakan oleh suatu perusahaan, instansi, atau beberapa lembaga tertentu. Mulai dari perusahaan Negara ataupun perseorangan.

Tujuan suatu perusahaan melakukan hal ini ialah supaya informasi mengenai suatu brand bisa tersebar. Selain itu untuk mengatasi tersebarnya berita negatif yang dapat merugikan sebuah instansi atau lembaga.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Press Briefing

Pengertian Press Briefing & Hal yang Perlu Diperhatikan

 

Untuk melaksanakan press briefing yang baik, perlu dipersiapkan beberapa hal berikut ini

1. Tentukan Hari yang Tepat

Anda bisa menentukan hari dan waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan ini. Hari Rabu dan Kamis media sedang semangat dalam mencari berita. Pada hari Senin dan Selasa media berita biasanya kekurangan bahan.

Apabila jumpa pers yang dilakukan berupa event besar dan dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu, sebenarnya tidak masalah. Apalagi jika mengundang tokoh ternama atau public figure supaya acara lebih meriah.
Namun, mengadakan jumpa pers di hari libur sebaiknya dihindari.

2. Undang Media

Jumpa pers pasti melibatkan media didalam acaranya, supaya apa yang disampaikan bisa diketahui oleh masyarakat luas. Media yang diundang haruslah berkompeten, baik media cetak atau media online.

3. Lakukan Presentasi dengan Jelas

Saat melakukan presentasi, lakukanlah dengan jelas dan lantang supaya isi presentasi tersampaikan dengan baik ke masa. Jika merasa belum capable, silahkan Anda tunjuk orang yang dirasa mampu membawakan materi tersebut.

4. Memilih Tempat yang Baik untuk Press Briefing

Untuk memilih tempat pelaksanaan, utamakan tempat yang memenuhi beberapa syarat seperti mudah dijangkau, memiliki ruangan yang cukup luas dan muat untuk masa yang diundang.

Perhatikan juga fasilitas dan kenyamanan yang disediakan oleh pemilik tempat tersebut.

5. Undang Wartawan

Dalam mengundang wartawan, pastikan tidak mendadak dan terlalu mepet dengan acara. Apabila terdapat wartawan selain wartawan yang telah diundang datang maka jangan diusir, karena bagaimanapun mereka membutuhkan berita.

6. Buat Press Release

Press release merupakan sebuah pedoman bagi awak media terutama pada sesi tanya jawab. Press release biasanya ditulis dalam bentuk artikel yang menarik, berbobot, enak dibaca, dan mudah dipahami.

Untuk mengatasi hal yang berkaitan dengan press release, maka silahkan Anda serahkan kepada ahlinya, dengan jasa Press Release dari Casa Kreatif. Terdapat layanan publikasi secara online dengan harga terjangkau, mulai dari 800 ribu-an.

Dengan persiapan yang baik dan matang maka jumpa pers akan berjalan lancar, oleh karena itu gunakanlah jasa casakreatif.com untuk berbagai publikasi dan campaign digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *