Wajib Tahu, Tips Trik Membuat Press Release yang Disukai Media

Casa Kreatif – Press release saat ini banyak digunakan sebagai strategi promosi yang dinilai sangat efektif. Anda dapat menerbitkan press release ke media nasional agar informasi mengenai perusahaan atau produk bisnis dapat dikenal oleh publik secara luas. Agar bisa melakukan promosi secara optimal, Anda tentunya harus mengetahui cara pembuatan press release yang baik. Tak hanya itu saja, bahkan Anda harus mengetahui tips trik membuat press release yang disukai media.

5 Tips Trik Membuat Press Release yang Disukai Media

Seperti yang diketahui, media nasional memiliki penyeleksian yang ketat terhadap konten yang akan dimuat di dalam medianya. Dengan mengetahui tips dan trik membuat press rilis yang baik dan disukai media, tentu akan memudahkan produk atau perusahaan Anda agar bisa dimuat dan disiarkan media tersebut. Maka dari itu, berikut ini adalah tips dan trik yang dapat Anda simak untuk membuat press release yang disukai media. Diantaranya :

1. Membuat Artikel yang Siap Terbit

Salah satu tips trik membuat press rilis yang disukai media adalah menyiapkan artikel yang siap terbit. Press release yang berhasil dibuat, tentu akan dikirimkan media, sehingga dapat diterbitkan. Walaupun proses penerbitan di dalam media biasanya melalui proses editing, namun tak menutup kemungkinan, bahwa artikel Anda akan langsung diterbitkan.

Dengan kata lain, terdapat beberapa media yang langsung melakukan copy-paste artikel Anda untuk langsung diterbitkan. Oleh karena itu, buat lah artikel yang siap terbit. Sehingga apabila media melakukan copy-paste, maka artikel Anda memang sudah dalam kondisi siap untuk diterbitkan.

2. Meminimalisir Jargon dan Kata Sifat

Tips dan trik yang kedua dalam membuat press rilis yang disukai media adalah dengan meminimalisir jargon dan kata sifat. Apabila Anda memasukkan banyak jargon dan kata sifat yang memuji produk Anda, maka press release yang Anda buat menjadi terlalu hard sell. Dibandingkan dengan kata sifat dan jargon, untuk menonjolkan kualitas dari produk ini, sebaiknya Anda menggunakan fakta, data, dan angka dalam penulisan artikel.

3. Menggunakan Pernyataan Langsung

Penggunaan pernyataan langsung di dalam press rilis akan membuat kesan, bahwa artikel Anda berbobot serta lebih kredibel. Selipkan pernyataan langsung dari salah seorang di perusahaan Anda yang memiliki jabatan penting, atau ahli dalam suatu topik press release yang akan Anda tulis. Dengan melakukan tips trik membuat press release yang disukai media yang satu ini, tentunya dapat mempengaruhi penilaian media, terhadap tulisan Anda.

4. Memudahkan Akses Multimedia

Dengan memudahkan akses multimedia, berarti Anda telah membantu mempercepat publikasi press release perusahaan. Memang tidak semua media menyertakan foto atau video pada press release yang diterbitkannya, namun akan lebih baik apabila Anda mempersiapkannya. Apabila terdapat foto atau video yang akan ditampilkan bersamaan dengan penerbitan press rilis, maka hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi perusahaan.

5. Menyiapkan Gambar Siap Pakai

Menyiapkan gambar siap pakai merupakan salah satu tips trik membuat siaran pers yang disukai media. Siapkan gambar yang memiliki resolusi tinggi, agar tampilan pada saat disiarkan menjadi bagus. Resolusi gambar yang disarankan adalah sebesar 720p atau 1080p dengan aspek rasio 16:9.

Dengan memperhatikan tips trik membuat press release yang disukai media, maka Anda telah mendorong optimalisasi artikel perusahaan. Hal tersebut berdampak pada artikel yang Anda kirimkan, yang nantinya, akan menjadi lebih cepat terpublikasi. Dengan kata lain, Anda dapat melakukan promosi melalui media nasional dengan lebih cepat. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

Name - City
Membeli Product Time