Inilah Pengertian Media Online Beserta Ciri-Cirinya!

Casa Kreatif – Pada umumnya, media online disebut sebagai bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia, yang biasanya Anda gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Karena dengan media online, semua pekerjaan akan bisa terbantu, dan bisa teratasi dengan mudah dan efektif. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui pengertian media online yang memiliki banyak sekali manfaatnya.

Nah, pengertian dari media online sendiri merupakan sebuah konten atau sarana yang sudah tersaji, dalam bentuk online. Untuk mengaksesnya, hanya dengan melalui jaringan internet. Beberapa contoh yang bisa Anda temui dalam kehidupan sehari-hari seperti, portal berita, website, email, televisi online dan lainnya. Nah, agar lebih jelas lagi, yuk simak ulasan mengenai hal-hal dari media online berikut ini!

Pengertian Media Online Adalah..

Agar Anda bisa mengetahui dan memahami lebih jelas tentang apa itu media online beserta ciri-cirinya, yuk simak ulasan berikut ini!

1.Apa itu Media Online

Pada umumnya, media online berfungsi sebagai sebuah sarana untuk berkomunikasi secara online yang bisa dilakukan melalui website dan berbagai aplikasi. Tentunya, yang hanya bisa diakses dengan internet saja. Pada umumnya berisikan teks, suara, foto atau video. Namun jika dilihat dari pengertian media online secara umum, media ini mencakup semua situs-situs berikut ini. Diantaranya:

  • Situs website dan aplikasi
  • Situs berita online
  • Situs perusahaan
  • Situs lembaga atau instansi
  • Blog
  • Forum komunitas
  • Media sosial situs jualan, seperti E-commerce atau online store, dan
  • Berbagai aplikasi perpesanan atau

 2. Ciri – Ciri Media Online

Nah, setelah Anda mengetahui pengertian media online. Kini, Anda juga perlu mengetahui, apa saja yang menjadi ciri-ciri dari media online tersebut. Diantaranya:

1.Kecepatan Informasi

Anda bisa melihat ciri media online adalah memiliki kecepatan informasi. Artinya, suatu peristiwa atau kejadian apapun yang terjadi di lapangan, bisa di upload secara langsung dalam hitungan menit ataupun detik saja. Hal tersebut, tentunya bisa mempercepat distribusi informasi ke dalam media. Serta dengan jangkauan secara global melalui jaringan internet, dan dalam waktu yang beriringan cepat.

2. Informasi Bisa Di-Update

Selain itu, ciri kedua dari media online adalah bisa melakukan updating informasi dengan mudah dan cepat. Baik berupa perbaikan isi, data dan tata bahasa, ataupun berupa perkembangan terbaru sebuah isu atau momen. Selain itu, saat terjadi pembaruan, terkait informasi lama ke dalam informasi yang baru, maka bisa dilakukan perubahan dengan proses update yang dilakukan secara realtime.

3. Berinteraksi Dengan Audience

Pengertian media online selanjutnya, bisa dilihat dari salah satu ciri yang dimilikinya, yaitu memiliki fungsi interaktif. Hal tersebut bisa dilihat dari berbagai fitur media online, seperti email, aplikasi chatting, games online, dan berbagai web survey dan platform e – commerce. Tidak hanya itu saja, bahkan audience juga bisa memberi tahu, mengenai berbagai keluhan dan anjuran, ataupun tanggapan, ke bagian redaksi, yang nantinya akan segera dibalas.

 Nah, demikian pengertian media online yang harus Anda ketahui. Karena seperti yang sudah dijelaskan, bahwa media online memiliki fungsi yang sangat penting. Selain itu, banyak manfaat yang akan Anda dapat, saat menggunakannya. Semoga bermanfaat dan terima kasih!

Tinggalkan komentar

Name - City
Membeli Product Time