Home Public Relation Media Gathering: Pengertian, Ruang Lingkup & Pengaruhnya

Media Gathering: Pengertian, Ruang Lingkup & Pengaruhnya

Bisa jadi, sebagian dari Anda, ada yang masih asing dengan istilah media gathering. Hal ini bisa dimaklumi, karena memang media gathering adalah istilah baru, yang belum banyak dipakai. Namun bagaimana dengan istilah konferensi pers?

Tentunya, Anda sudah sering mendengarnya, bukan? Padahal, media gathering adalah konferensi pers juga. Namun dengan istilah yang lain.

Karena memang memiliki pengertian yang sama, tentunya pelaksanaanya juga bisa dikatakan tidak jauh berbeda. Keduanya dilakukan dengan mengundang pers dari berbagai media, dengan tujuan memberitahukan, serta mengumumkan mengenai sesuatu yang penting.

Untuk lebih jelasnya, bisa disimak dalam pembahasan berikut ini!

Apa Itu Media Gathering?

Jika dulu Anda mengenal istilah konferensi pers, kini seiring dengan perkembangan zaman, konferensi pers dikenal juga dengan nama media gathering. Meskipun memiliki pengertian yang sama, namun sebagian besar masyarakat ada yang belum mengenal istilah ini, dan hanya menggunakan istilah konferensi pers saja.

Dimana kedua kegiatan ini diartikan sebagai acara khusus untuk memberitahukan, hingga mengumumkan mengenai sesuatu yang penting, maupun acara yang akan ataupun yang telah diselenggarakan.

Biasanya acara ini melibatkan beberapa pihak. Baik dari pihak penyelenggara, diantaranya pihak perusahaan, investor, pihak pers dari media massa maupun media elektronik, serta pihak-pihak lainnya yang terlibat.

Seiring berkembangnya zaman, kegiatan seperti ini dikenal juga sebagai upaya untuk mendekatkan pihak perusahaan dengan pihak media. Dimana antara pihak perusahaan dan media tersebut, bisa terjalin komunikasi yang baik serta kerjasama yang saling menguntungkan.

Ruang Lingkup Media Gathering dan Konferensi Pers

pengertian dan fungsi media gathering

Meskipun memiliki pengertian yang sama, namun dalam beberapa hal, media gathering dan juga konferensi pers ini memiliki konsep yang berbeda. Dimana konferensi pers biasanya hanya dilakukan dalam 1 ruangan saja.

Sementara pihak perusahaan akan menjelaskan, mengumumkan, serta memberitahukan mengenai hal penting, yang menyangkut perusahaan. Baik itu mengenai laporan perusahaan, pengumuman mengenai susunan jabatan dalam perusahaan yang baru, dan yang lainnya.

Sedangkan pihak pers akan merekam acara tersebut, untuk disebarluaskan ke media cetak maupun media elektronik yang dikelolanya.

Maka, dalam hal ini pers bukan hanya berperan untuk merekam acara konferensi yang dilakukan. Namun lebih dari itu, pihak perusahaan biasanya akan mengajak pers ataupun pihak-pihak yang terlibat untuk ikut serta dalam kegiatan perusahaan.

Misalnya, pihak perusahaan akan mengajak pers dan juga pihak-pihak yang terlibat tersebut untuk berkeliling di lingkungan perusahaan, untuk mengetahui apa saja aktivitas yang biasanya dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Dari kegiatan ini, pers akan mengetahui mengenai bagaimana citra perusahaan yang sebenarnya. Bukan hanya itu saja, kualitas pelayanan dan juga kualitas SDM yang dimiliki oleh perusahaan tersebut, bisa terlihat dari acara media gathering ini.

Tujuannya tentu saja, agar pers bisa melihat transparansi dari kinerja perusahaan, yang sesuai dengan apa yang diumumkan, ataupun yang diberitahukan kepada pers sebelumnya.

Sementara bagi perusahaan sendiri, langkah ini bisa dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan citra perusahaan, dimata investor, pers itu sendiri, serta pihak-pihak lainnya, yang berkaitan dengan kemajuan perusahaan.

Sehingga bisa dikatakan, media gathering adalah konferensi pers dalam istilah baru, namun juga dengan lingkup yang baru. Dengan kata lain, meskipun memiliki pengertian yang sama, namun keduanya disajikan dalam bentuk yang berbeda.

Meskipun dengan tujuan yang sama, yaitu mengumumkan dan memberitahukan sesuatu hal yang penting, yang menyangkut perusahaan.

Pengaruh pada Bisnis

Bukan hanya dengan melakukan konferensi pers dan juga media gathering saja, Anda juga bisa mengandalkan jasa press release untuk meningkatkan citra perusahaan yang Anda kelola. Bahkan dengan layanan press release ini, pihak jasa akan membantu Anda, dalam mengenalkan brand maupun perusahaan Anda ke media massa online, dengan lebih cepat dan mudah.

Sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk menetapkan hingga melakukan strategi promosi sendiri. Karena semuanya telah dilakukan oleh jasa tersebut. Namun adakah jasa press release yang bisa diandalkan? Tentu saja ada.

Salah satunya yaitu Casa Kreatif yang telah menangani banyak klien, dari kalangan yang berbeda. Baik itu dari klien yang hanya sekedar ingin mempromosikan brand dari sebuah produk saja. Maupun dari klien yang ingin mengenalkan perusahaan yang dikelola, hingga yang berniat untuk melakukan konferensi pers dan juga media gathering.

Jadi tunggu apalagi, hubungi Casa Kreatif sekarang juga, dan dapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai layanan dari jasa ini.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *