Home Public Relation Ini Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Media Planning

Ini Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Media Planning

Media planning memiliki peran yang sangat penting dalam bisnis Anda. Hal ini karena media planning dapat meningkatkan angka penjualan produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan adanya hal tersebut, sebelum membuat media planning Anda harus memperhatikan beberapa hal.

Mau tahu apa saja yang perlu Anda perhatikan dalam pembuatan media planning? Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini hingga selesai. Dengan mengetahui hal-hal tersebut Anda bisa melakukan pembuatan media planning yang benar-benar efektif!

Berikut Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Media Planning

Yuk simak ulasan di bawah ini mengenai hal-hal yang perlu Anda perhatikan:

1. Membuat Media Planning: Target Pasar

Dalam pembuatan media planning, Anda harus menentukan target pasar terlebih dahulu terutama atau istilahnya konsumen.

Dengan menentukan target pasar atau konsumen maka Anda sebagai pembuatnya akan lebih paham mengenai keinginan dan kebutuhan si konsumen. Sehingga mereka dapat melakukan iklan yang baik sesuai dengan keinginan tadi.

Hal inilah menjadi alasan kenapa dalam membuat sebuah media planning diharuskan untuk menentukan target pasar.

2. Penggunaan Platform

Setelah Anda menentukan target pasar, selanjutnya Anda bisa menentukan platform yang Anda inginkan. Seperti yang kita lihat saat ini kebanyakan masyarakat lebih senang terjun ke dunia internet, hal ini yang membuat kebanyakan orang lebih menyukai berbelanja secara online.

Hal ini membuat pemasaran konvensional hampir tidak dilirik lagi. Maka dari itu, dalam pembuatan media planner, Anda harus bisa memilih platform yang efektif dalam mengembangkan bisnis Anda.

Contohnya dalam menjual alat perlengkapan lukis, Anda bisa memilih platform youtube untuk melakukan promosi dalam bentuk video yang dilengkapi dengan gambar. Intinya, Anda harus pandai-pandai dalam menggunakan platform yang sesuai.

3. Tentukan Budget

Selanjutnya hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat media planner adalah budgetnya. Budget merupakan hal yang paling tidak boleh Anda lewatkan untuk dipertimbangkan kembali.

Sebab, budget bisa saja menjadi penghambat dalam membuat media planner, maka dengan ini Anda harus pandai-pandai melakukan penekanan pada budgetnya.

Atau Anda bisa menggunakan layanan yang bersifat gratis, sekarang di media internet ada banyak media yang bisa Anda gunakan dalam beriklan.

4. Ukur Keberhasilan

Ukur keberhasilan bisa Anda jadikan sebagai cara dalam menentukan keefektifan penggunaan platform. Mungkin Anda sering bingung untuk memilih platform yang efektif dalam melakukan pengiklanan.

Anda bisa mengukur keberhasilan platform yang digunakan dalam melakukan iklan atau promosi, seperti platform website, Anda bisa menggunakan Google Analytic.

Sedangkan jika Anda menggunakan platform media sosial instagram Anda bisa melihat pada insight yang menyajikan data jangkauan promosi.

Dan masih banyak lagi tools yang bisa Anda gunakan dalam mengukur keberhasilan atau keefektifan platform, yang pasti Anda harus menyesuaikan tools dengan media platform yang digunakan.

5. Tim Penjualan

Setelah Anda berhasil menyusunnya, Anda pun tidak boleh melewatkan perhatian kepada tim penjualan. Percuma jika Anda menyusun strategi namun tidak dieksekusi oleh tim penjual. Maka dengan ini Anda harus bisa memilih tim penjual yang handal.

Biasanya perusahaan akan melakukan rekrut orang yang memiliki skill khusus dalam dunia marketing, sehingga penjualan pun dapat dilakukan dengan massif.

Nah itulah 5 hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat media planning untuk usaha bisnis Anda. selamat mencoba dan semoga berhasil!

Merasa ribet melakukan pembuatan media planning? Anda bisa menghubungi jasa digital profesional dari casakreatif.com sekarang juga!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *