Apa Itu Public Relation? Inilah Penjelasan Serta Fungsinya!

Apa itu Public Relation – Dalam sebuah bisnis marketing, Public Relation memiliki peran yang sangat penting dalam memasarkan sebuah produk. Siapa yang tidak ingin, jika bisnis marketing yang dimilikinya semakin melimpahkan keuntungan yang besar?

Oleh sebab itu, dalam menjalankan sebuah bisnis marketing Anda perlu bekerja sama dengan Divisi Hubungan Masyarakat. Lalu bagaimana fungsinya? Di dalam artikel ini Anda bisa menemukan jawabannya.

apa itu Public Relation
Public Relations

Apa Itu Public Relation?

Public Relation merupakan salah satu strategi sebuah perusahaan dalam membangun hubungan yang baik antar masyarakat. Adanya Public Relation memiliki upaya untuk mendapatkan sebuah opini/pendapat publik yang positif terhadap produk atau layanan perusahaan tersebut.

PR atau hubungan masyarakat memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun citra baik perusahaan yang berkaitan di mata masyarakat. Itulah sebabnya, Anda harus tahu apa itu PR untuk bisnis Anda.

Public Relation pun bisa dikatakan sebagai jembatan antar perusahaan dengan publik atau masyarakat dalam mencapai rasa pengertian dan saling menghargai. Kesimpulannya yakni, untuk memiliki hubungan baik di lingkungan tersebut. Oleh karena itu, sebuah usaha marketing harus memiliki PR, dalam memasarkan sebuah produk untuk mencapai tujuannya.

Apa itu Fungsi Public Relation!

Setelah penjelasan diatas, sekarang Anda harus tahu bagaimana peran dan fungsi penting dari PR. Di antaranya :

1. Komunikasi Marketing – apa itu public relation

Fungsi pertama, yakni sebagai marketing communication alias komunikasi marketing. Hal ini bertujuan. untuk memadukan antara aktivitas pemasaran dengan aktivitas khusus. Sehingga dapat membangun citra baik sebuah perusahaan dan meningkatkan penjualan item produk.

2. Multicultural Relations

Yang kedua, yakni berfungsi dalam menjalin hubungan terhadap publik, masyarakat, ataupun individu yang berasal dari ragam budaya daerah. Oleh karena, itu Public Relation harus tanggap terhadap budaya cultural dan lingkungan sekitarnya.

3. Financial Relations

Public Relation juga memiliki fungsi dalam menciptakan dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan  dengan melalui cara-cara lainnya. Hal ini bertujuan, agar perusahaan bisa mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

4. Manajemen Isu

Selanjutnya, fungsi dari Public Relation atau PR ini yaitu melakukan identifikasi dan mengevaluasi berbagai isu  yang tersebar di masyarakat. Khususnya mengenai isu-isu yang memiliki dampak atau pengaruhnya terhadap perusahaan.

5. Public Affairs – apa itu public relation

Fungsi PR yang terakhir yakni public affair. Khususnya dalam membangun keterlibatan dengan pemerintah dalam berbagai kebijakan publik. Lebih jelasnya, yaitu untuk melakukan lobi terhadap hubungan legislator serta tokoh pemerintah, dalam menolak atau mempromosikan peraturannya.

Apa Itu Public Relation
Apa Itu Public Relation

baca juga ; Cyber Public Relations

Jenis-jenis Public Relation – apa itu public relation

Tak hanya memiliki fungsi-fungsi yang sangat penting, PR juga terbagi ke dalam beberapa  jenis. Di antaranya adalah:

Hubungan Pelanggan

Public Relation dalam hubungan pelanggan yakni berfungsi untuk menangani hubungan antara target pasar dan konsumen.

Komunikasi Pemasaran.

Berfungsi untuk melakukan dukungan pemasaran, terkait dalam peluncuran produk, meningkatkan brand awareness, dan membangun citra baik konsumen terhadap pasaran.

Hubungan Investor.

Berfungsi dalam mempertahankan hubungan baik dengan investor. Seperti melakukan perilisan laporan keuangan, dan lainnya.

Hubungan Media,

yakni melakukan pembangunan dan menjalin hubungan yang baik terhadap organisasi media serta aktifitas lainnya, yang berkaitan dengan hal-hal yang berbau media.

Hubungan Pemerintah

Untuk melakukan komunikasi terhadap kebijakan pemerintah dan hal-hal lainnya, yang terkait pada kegiatan pemasaran.

Public Relation Agency - Metode Pendekatan Produk Terbaik
Public Relation Agency – Casa Kreatif

baca juga ; Cara Agar Diliput Media Nasional Supaya Bisnis Semakin Dikenal

Tahapan

  • Tentukan sikap publik dan bangun ulasan.
  • Menetapkan kebijakan dan prosedur perusahaan untuk kepentingan umum.
  • Sebarkan agar masyarakat dapat lebih memahami bisnis serta produk dan layanannya.
    tahap hubungan masyarakat

Apa itu tahapan tahapan Public Relation ?

Kualitas yang harus dimiliki oleh seorang PR

Seorang PR/humas perlu memahami bahwa penggunaan kekuatan media dapat membangun citra yang baik untuk bisnis, sehingga gairah untuk berita dan pembaruan berita yang konstan merupakan faktor yang dibutuhkan oleh seorang humas.

Keterampilan komunikasi yang baik:

Berkomunikasi dengan semua mata pelajaran akan banyak membantu dalam profesi PR, selain itu juga harus proaktif dan cepat menanggapi setiap masalah yang muncul.

Tangguh dan Berani

Karena industri PR harus berhubungan dan bekerja dengan banyak orang, maka konflik dalam pekerjaan tidak dapat dihindari, jadi orang PR harus berani berdiri teguh dalam profesinya, jika tidak akan gagal.

Orang PR juga harus punya passion untuk menulis, tanpa passion ini pasti kamu tidak akan cocok dengan profesi ini.

Apa kualitas seorang PR/humas dalam pemasaran

Apa kelebihan dan kekurangan humas?

Dengan informasi di atas, Anda mungkin sudah mengerti apa itu humas. Sekarang mari kita lihat kelebihan dan kekurangan dari bidang ini.

Keuntungan

  • Dapat diandalkan.
  • Biayanya tidak mahal
  • Hindari banyak masalah: Pesan hubungan masyarakat diterima oleh publik sebagai berita daripada iklan.
  • Menargetkan kelompok sasaran tertentu.
  • Citra perusahaan: PR yang efektif dapat membantu membangun citra perusahaan yang baik di mata publik.

Kerugian

  • Kurang akurat
  • Menurunkan citra perusahaan

Apa itu yang dilakukan pubic relation ? – apa itu public relation

Dengan mengetahui apa itu humas, maka kita akan mengetahui bahwa bentuk-bentuk humas juga sesuai dengan jabatan pekerjaan yang akan diemban oleh para lulusan, khususnya pekerjaan-pekerjaan tersebut adalah:

Spesialis PR ;

melakukan tugas-tugas seperti hubungan masyarakat, hubungan pers, organisasi acara, komunikasi internal, … untuk bisnis, lembaga negara, organisasi ekonomi domestik dan internasional,…

Wartawan, jurnalis, editor:

Melakukan pekerjaan terkait media dan jurnalisme di kantor berita, majalah, stasiun radio, stasiun televisi,….

Analis dan konsultan hubungan masyarakat:

  • Memegang posisi seperti asisten pelaporan dan analisis media internal, mitra Analis dan konsultan hubungan masyarakat:
  • Memegang posisi seperti asisten analis dan menyiapkan laporan komunikasi internal dan eksternal di organisasi; membangun dan mengembangkan merek untuk bisnis; menerapkan dan mengembangkan strategi komunikasi;
  • pengembangan sumber daya manusia; konsultasi manajemen media untuk departemen, kementerian dan cabang yang terkait dengan komunikasi.

Penelitian dan pengajaran hubungan masyarakat di lembaga pendidikan:

Berpartisipasi dalam penelitian di bidang komunikasi dan hubungan masyarakat. Menjadi dosen, asisten pengajar, manajer senior di lembaga pelatihan media dan Humas.

baca juga ; 4 Alasan Penting Kenapa Perusahaan Butuh Public Relation

Apa bedanya public relation dengan periklanan?

Jika Anda benar-benar memahami apa itu humas dan apa itu periklanan, maka anda akan menemukan bahwa biaya, upaya, dan keandalan antara periklanan dan humas tidak sama karena bisnis menghabiskan uang untuk periklanan, tetapi dibutuhkan banyak usaha untuk membangun hubungan masyarakat. Periklanan sering membuat pelanggan skeptis, sedangkan karakteristik PR sering dinilai lebih dapat dipercaya.

Periklanan adalah bentuk komunikasi berbayar, dan humas adalah komunikasi viral. Ini berarti meyakinkan reporter dan editor untuk menulis cerita positif tentang merek Anda, karyawan Anda, pelanggan Anda, atau bahkan masalah yang dihadapi perusahaan.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu Public Relation, serta fungsi dan jenis-jenisnya. Setelah membaca artikel ini, apakah kini Anda mulai menyadari  akan pentingnya PR terhadap perusahaan Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *