Ini Tujuan dan Manfaat Konferensi Pers (Press Conference) yang Perlu Anda Ketahui!

Casa KreatifPress conference ataupun konferensi pers merupakan suatu acara yang biasanya melibatkan orang banyak, bahkan beberapa media nasional maupun internasional. Namun sebenarnya, apa sih tujuan dan manfaatnya? Yuk, cari tahu jawabannya disini!

Karena perannya yang bisa dibilang sangat penting, beberapa orang maupun perusahaan merasa perlu untuk melakukan konferensi pers ini. Bahkan, ada beberapa orang/perusahaan yang memasukkan konferensi pers ke dalam agenda penting dari seluruh kegiatan yang ada pada perusahaan tersebut. Agar tidak membuat Anda menjadi semakin penasaran, berikut ini telah dirangkum beberapa tujuan dan manfaat dari konferensi pers ini.

Apa Sih Tujuan dan Manfaat Konferensi Pers?        

Mungkin Anda sering melihat beberapa public figure, pejabat pemerintah maupun tokoh masyarakat, yang seringkali melakukan konferensi pers untuk memberitahukan dan juga mengumumkan mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan acara, gosip yang beredar, ataupun yang lainnya.

Hal itu memang menjadi salah satu tujuan dari adanya konferensi pers ini, yaitu mengumumkan dan juga memberitahukan. Namun untuk lebih jelasnya, mengenai tujuan dan manfaat konferensi pers ini, bisa Anda simak dalam penjelasan di bawah ini. Diantaranya :

1.Mempromosikan Produk Baru

Tujuan dan manfaat dari konferensi pers yang pertama yaitu untuk mempromosikan produk terbaru. Aktivitas ini biasa dilakukan oleh perusahaan, yang mana setiap produknya telah dikenal luas oleh masyarakat. Sehingga setiap produk yang akan diluncurkan, akan selalu dinantikan masyarakat.

Maka dari itu, perusahaan tersebut merasa perlu untuk mengumumkan mengenai peluncuran produk baru yang akan. ataupun yang telah diluncurkan. Sehingga masyarakat bisa mengenal produk, berikut spesifikasi dari produk yang baru diluncurkan tersebut.

2. Memberitahukan Mengenai Layanan Terbaru dari Perusahaan

Selain untuk mempromosikan produk baru, konferensi pers juga bisa dilakukan oleh perusahaan untuk memberitahukan mengenai layanan terbaru yang akan diluncurkan. Biasanya, konferensi pers untuk tujuan ini, dilakukan oleh perusahaan yang bergerak dalam pelayanan publik. Misalnya jaringan internet, jaringan telepon, layanan perbankan, asuransi, dan yang lainnya.

3. Menyampaikan Laporan Mengenai Kinerja Perusahaan

Tujuan dan manfaat konferensi pers lainnya yaitu untuk menyampaikan laporan mengenai kinerja perusahaan. Konferensi pers untuk tujuan ini, biasanya melibatkan pimpinan perusahaan dan beberapa staf perusahaan, investor, pemegang aset/saham perusahaan, ataupun pihak-pihak lainnya, yang memiliki keterlibatan terhadap kemajuan perusahaan.

Sementara bagi perusahaan yang merupakan milik negara (BUMN), selain pihak-pihak tersebut, konferensi pers akan dihadiri oleh perwakilan pemerintah, baik itu presiden maupun menteri, dewan perwakilan rakyat, beberapa media nasional, dan yang lainnya.

4. Mengklarifikasi Mengenai Gosip dan Isu yang Beredar

Jika poin-poin yang telah disebutkan diatas, biasanya dilakukan oleh perusahaan, maka poin yang terakhir ini biasanya dilakukan oleh public figure ataupun yang lainnya, yang seringkali terlibat gosip maupun isu-isu miring.

Maka untuk meredam sejumlah gosip dan isu miring tersebut, public figure, ataupun tokoh masyarakat, dan yang lainnya yang terlibat, merasa perlu untuk melakukan konferensi pers. Tujuannya tentu saja, untuk mengklarifikasi terhadap gosip dan isu yang beredar di masyarakat.

Itu dia beberapa tujuan dan manfaat konferensi pers yang perlu Anda ketahui. Meskipun mungkin bagi sebagian orang, konferensi pers ini tak begitu penting, namun ternyata press conference ataupun konferensi pers ini ternyata memiliki tujuan dan manfaat yang positif. Baik itu bagi perusahaan, public figure, bahkan bagi masyarakat sekalipun.

Tinggalkan komentar

Name - City
Membeli Product Time