3 Peranan Media Relations dalam Penanganan Krisis Perusahaan

Casa KreatifMedia relations memang tidak bisa dipisahkan dengan public relations (PR). Kegiatan media relations merupakan salah satu kegiatan yang menjadi strategi bagi PR untuk meningkatkan citra perusahaan, melalui jalinan kerjasama dengan media. Tahukah Anda, bahwa media relations memiliki peran yang penting bagi perusahaan? Peranan media relations ini akan sangat terasa ketika perusahaan mengalami krisis.

Jalinan hubungan yang dimiliki perusahaan dengan berbagai media, tentu akan membantu perusahaan menangani krisis dengan baik. Bentuk krisis yang biasa dihadapi dengan media relations adalah permasalahan berita miring atau gosip yang mempengaruhi persepsi publik. Dengan memanfaatkan adanya media relations, maka krisis yang diakibatkan rumor tidak berdasar tersebut, dapat terselesaikan dengan baik.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah 3 peranan media relations dalam penanganan krisis perusahaan.

Peranan Media Relations sebagai Media Publikasi

Dalam menghadapi krisis, perusahaan tentunya membutuhkan publisitas yang lebih, dibandingkan pada kondisi normal. Misalnya saja, sewaktu beredar rumor negatif, perusahaan dapat memanfaatkan relasinya dengan media-media, untuk menyebarkan informasi, bahwa rumor negatif tersebut tidak benar adanya. Memiliki jalinan terhadap media yang semakin banyak, tentu akan dapat membuat informasi dari perusahaan dapat tersebar seluas-luasnya.

Tak hanya itu, apabila suatu perusahaan telah menjalin hubungan baik dengan banyak media, maka perusahaan tersebut bisa memperoleh tempat khusus dalam pemberitaan media. Tidak hanya terbatas pada pemberitaan, tetapi perusahaan bisa mendapatkan laporan dan ulasan yang objektif. Sehingga dapat menguntungkan perusahaan. Peranan media relations ini dapat membantu perusahaan dalam menghadapi krisis.

Peranan Media Relations sebagai Pembentuk Persepsi Publik

Media adalah alat yang mampu membentuk persepsi publik melalui framing pemberitaannya. Apabila banyak media melakukan pemberitaan mengenai perusahaan Anda, maka persepsi publik terhadap perusahaan Anda pun cenderung akan mengikuti pemberitaan tersebut. Hal ini dapat menguntungkan bagi perusahaan, karena pemberitaan tersebut secara tidak langsung membantu perusahaan, dalam menangani krisis dan memulihkan citra baiknya.

Dari segi PR, informasi yang disampaikan pun harus lah informasi fakta yang dapat menampik berita miring penyebab krisis. Tentunya, informasi tersebut harus sesuai dengan realita yang ada atau tidak dimanipulasi. Dengan begitu, media akan menyebarkan informasi tersebut, sehingga dapat meluruskan pemberitaan miring yang beredar, dan krisis dapat dilalui dengan baik.

Peranan Media Relations sebagai Analisis Permasalahan

Peran ini adalah peran yang tak kalah penting dari yang telah dipaparkan sebelumnya. Bahkan, hal pertama yang perlu dilakukan dalam menghadapi kondisi krisis adalah menganalisis permasalahannya terlebih dahulu.

Bagaimana media relations dapat membantu dalam menganalisis masalah? Media menyediakan berbagai informasi mengenai perusahaan, baik itu yang berhubungan dengan krisis ataupun tidak. Apabila pihak PR perusahaan melakukan analisis terhadap pemberitaan perusahaan dari berbagai media, maka bisa didapatkan banyak hal. Mulai dari akar permasalahan, hingga tanggapan publik tentang permasalahan tersebut.

Dengan mengetahui akar permasalahan dan situasi yang ada, maka dapat membantu pihak perusahaan dalam merumuskan langkah penanganan krisis dengan tepat. Oleh karena itu, peranan media relations sangat penting dalam menghadapi krisis.

Itulah 3 peranan media relations dalam menghadapi krisis perusahaan. Dengan menjalin hubungan baik dengan media, tentu dapat membantu perusahaan dalam menghadapi berbagai situasi. Apabila perusahaan tidak mengalami krisis pun, media relations sangat dibutuhkan. Yakni untuk meningkatkan citra perusahaan.

Tinggalkan komentar

Name - City
Membeli Product Time