Lomba  

Laptop Gaming Terbaik 2022, ASUS ROG Series

laptop gaming terbaik casakreatif.com
laptop gaming terbaik casakreatif.com

Apakah anda sedang mencari Laptop Gaming Terbaik. Asus ROG menyediakan berbagai tipe Laptop yang khusus di desain untuk bermain game. Pada artikel berikut ini, anda akan dapat memperoleh informasi terkini sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli laptop gaming terbaik.

laptop gaming terbaik casakreatif.com
laptop gaming terbaik casakreatif.com

 

Kriteria Konfigurasi Minimum untuk laptop gaming

Berikut ini adalah beberapa kriteria minimum laptop gaming yang perlu anda ketahui;

  • CPU Intel Core i7 atau AMD Ryzen 7 (Memiliki akhiran H, HS)
  • Kartu grafis NVIDIA Seri GTX 16 atau lebih tinggi atau seri AMD Radeon RX 5000 atau lebih tinggi
  • 512 GB NVMe PCIe SSD (Dapat Diupgrade)
  • RAM 8GB (Dapat Diupgrade)
  • Layar Minimal 14 inci
  • Panel Direkomendasikan untuk menggunakan panel IPS
  • Frekuensi Pindai Minimal 120 Hz

Kriteria pemilihan laptop gaming terbaik

Apa saja kriteria yang paling penting dipertimbangkan dalam memilih laptop gaming terbaik?

1. CPU

CPU adalah kriteria yang sangat penting dalam memilih laptop yang dapat bekerja dengan lancar dan bermain game dengan lancar tanpa lag. Di sini, kamu bisa memilih laptop dengan chip Intel Core i7 yang bisa menjalankan game-game FPS populer saat ini dengan lancar.

Selain itu, AMD Ryzen 7 juga akan menjadi alternatif yang bagus, mampu mendukung tingkat kinerja yang sama, sehingga Anda dapat bertarung dengan aman dengan pengaturan konfigurasi teratas dengan lancar!

2. Kartu grafis

Kartu grafis diskrit VGA akan membuat pengalaman bermain Anda lebih indah atau bagi Anda yang melakukan desain grafis, kartu grafis yang baik akan memberikan gambar yang tajam dan warna yang nyata.

Dengan laptop untuk dapat bekerja dan bermain game pada saat yang sama, NVIDIA GTX 16 Series atau lebih tinggi VGA atau AMD Radeon RX 5000 series atau lebih tinggi akan membantu meningkatkan kualitas bingkai untuk pengalaman hebat saat bekerja dan bermain game.

3. Hard Disk

Bagi Anda yang bekerja sekaligus bermain game di laptop, sebaiknya memilih hard disk SSD NVMe PCIe 512 GB yang dapat diupgrade dengan kapasitas penyimpanan yang tinggi. Karena terkadang dalam proses penggunaan anda harus menyimpan file game yang sangat berat.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan apakah laptop gaming tersebut mendukung slot SSD tambahan agar bisa diupgrade saat dibutuhkan.

4. RAM

RAM juga merupakan kriteria yang sangat penting jika Anda perlu menjalankan banyak multitasking atau membuka banyak tab pekerjaan dan game. Anda harus memilih laptop gaming dengan RAM minimal 8GB atau lebih.

Seperti halnya hard drive, Anda juga harus memperhatikan apakah laptop gaming mendukung lebih banyak slot RAM sehingga Anda dapat meningkatkan lebih banyak saat dibutuhkan!

5. Layar, panel

Untuk sebuah laptop untuk bermain game, layar juga sangat penting. Sebaiknya pilihlah laptop dengan layar minimal 14 inci beresolusi Full HD untuk memberikan tampilan terbaik dengan detail jernih, tidak terlalu kecil.

Selain itu, sebaiknya Anda juga memilih laptop gaming yang dilengkapi dengan panel IPS yang akan membantu layar menampilkan warna yang lebih jernih sekaligus antiglare saat bekerja.

Selain itu, untuk memainkan game yang mulus dengan aksi cepat di layar, kecepatan refresh minimal 120 Hz akan sangat cocok untuk Anda.

 

Laptop Gaming Terbaik dari ASUS ROG 

Pusahaan komputer dan laptop ASUS telah mempersiapkan laptop gaming terbaik yang bisa anda pilih diantaranya adalah ;

1. ASUS ROG Zephyrus G14

Kehadiran Laptop gaming ASUS selalu mendapat sambutan hangat dari para pengguna muda karena perusahaan teknologi ini selalu menjadi pionir dalam menciptakan komputer dengan desain yang berjiwa muda dan modern, disertai dengan konfigurasi performa tinggi dengan harga yang terjangkau.

Laptop gaming ROG Zephyrus G14 juga merupakan laptop dengan fitur-fitur yang luar biasa tersebut, laptop gaming terbaik ini benar-benar memikat banyak pengguna berkat kesempurnaannya mulai dari desain hingga performa.

Desain minimalis

Laptop gaming ROG Zephyrus G14, meski dilengkapi dengan “monster” performa yang sangat bertenaga, memiliki desain ringkas yang langka. Desain halus minimalis juga merupakan tren desain laptop baru dalam beberapa tahun terakhir dan ASUS telah menunjukkan dirinya untuk selalu menjadi perusahaan teknologi terdepan dalam mengejar tren tersebut.

Sebagai model yang ASUS ingin eksklusif untuk para gamer dan kreator konten, ASUS ROG Zephyrus G14 memiliki keseluruhan desain yang menyelaraskan kualitas game dan kecanggihan minimalis. Laptop gaming terbaik memiliki desain persegi untuk menekankan kekakuan dan kekuatan, slot heat sink bergaya membuat mesin lebih tajam.

Meski tampil “lembut”, laptop ASUS tetap tahu bagaimana membuat laptop gaming ROG Zephyrus G14 bersinar di tengah keramaian berkat deretan lampu LED AniMe Matrix yang diletakkan di bagian depan laptop gaming terbaik. Layar yang dipimpin ini terdiri dari lebih dari 1.215 lampu LED mini individual yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan gambar, efek yang dipersonalisasi.

Konfigurasi yang hebat

Laptop gaming terbaik ROG Zephyrus G14 memberi pengguna kinerja terbaik menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 5800HS generasi baru. Ryzen 7 5800HS memiliki arsitektur 8-core 16-thread berdasarkan arsitektur Zen 3, dengan clock dasar 2,8 GHz dan kinerja maksimum hingga 4,4 GHz. Konfigurasi hebat dan kartu grafis nasional dapat membantu laptop gaming Asus ROG Zephyrus G14 memainkan game-game berat

Laptop gaming ROG Zephyrus G14 dilengkapi dengan RAM 8GB, jumlah RAM standar saat ini, Anda juga dapat meningkatkan RAM hingga 24GB dengan 1 slot kosong di perangkat. Meski hanya dibekali RAM 8GB single channel, kecepatan RAM pada Zephyrus G14 sangat tinggi hingga 3200 MHz untuk membantu Anda melakukan multitasking dengan lancar.

Tampilan gambar profesional

Laptop gaming ROG Zephyrus G14 GA401QC dibekali layar berukuran 14 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080), refresh rate tinggi hingga 144Hz. Panel IPS pada Zephyrus G14 juga terintegrasi dengan teknologi Anti Glare dan kecerahan tinggi 300 nits yang memungkinkan Anda bekerja di lingkungan pencahayaan yang kompleks sambil tetap memastikan kualitas gambar yang ditampilkan.

Laptop gaming ROG Zephyrus G14 memiliki tampilan yang sangat tajam

Jika Anda seorang content creator yang hanya menggunakan mesin tersebut untuk bekerja dan hiburan, memilih laptop gaming terbaik ROG Zephyrus G14 adalah keputusan yang bijak. Monitor ini memiliki cakupan warna 100% sRGB untuk kesetiaan warna yang tinggi saat Anda mendesain gambar profesional, kecepatan refresh 144Hz untuk transisi yang mulus bahkan saat Anda sedang mengedit atau menonton film.

Kualitas suara terbaik

Mengenai sound system, laptop gaming terbaik Zephyrus G14 dilengkapi dengan sistem 4-speaker dengan teknologi Dolby Atmos yang mereproduksi suara surround yang hidup untuk membantu Anda menikmati momen hiburan yang luar biasa.

Selain itu, laptop gaming terbaik ini juga dilengkapi dengan mikrofon peredam bising AI dua arah yang modern agar Anda dapat merekam dan melakukan panggilan dengan suara yang lebih jernih.

Baca juga ;  Alih Profesi Bersama Arkademi

Papan ketik

Keyboard pada laptop gaming terbaik ROG Zephyrus G14 GA401QC dirancang khusus oleh ASUS dengan tombol fungsi yang ditempatkan pada posisi terpisah untuk memberikan pengoperasian yang cepat dan akurat bagi pengguna. Selain tombol gerakan, tombol fungsi untuk menaikkan dan menurunkan volume, mute, start software ROG Armory Crate juga ditempatkan pada posisi terpisah yang sangat unik.

Sensasi mengetik di laptop gaming terbaik ROG Zephyrus G14 pasti akan membuat Anda bersemangat dengan respon gaya yang sangat baik, tombol ditempatkan lebih tinggi dan lebih sensitif berkat teknologi ROG Overstroke. Tidak hanya bermain game “happy” dengan latensi rendah, keyboard laptop gaming Zephyrus G14 juga akan membantu Anda memasukkan data dengan cepat dan akurat, lampu latar yang terintegrasi akan membantu Anda bekerja di segala kondisi pencahayaan.

Banyak port koneksi modern

Anda akan menemukan sebagian besar port populer yang tersedia saat ini di laptop gaming terbaik ROG Zephyrus G14 GA401QC. Port umum pada G14: USB 3.2 Gen 2 Type-C dengan pengisian cepat terintegrasi dan output gambar G-SYNC, 2 port USB 3.2, HDMI dan USB Type-C.

Mengenai kekuatan laptop gaming terbaik ini, tidak perlu dikuatirkan, untuk para gamer, laptop gaming terbaik ini bekerja terlalu baik. Laptop ROG Zephyrus G14 bekerja sangat baik saat saya mendesain gambar di Photoshop dan AI, mengedit video pendek dengan sangat lancar, dan mengekspor file dengan cepat. Terutama sistem pendinginan laptop bekerja sangat lancar, suhu mesin juga selalu stabil, tidak terlalu panas.

2. Asus ROG Zephyrus M16

Menghadirkan fitur-fitur hebat seperti layar rasio aspek 16:9 dan sistem speaker eksternal telah membantu menjadikan laptop gaming terbaik Zephyrus M16 versi dari laptop gaming Asus menjadi salah satu laptop gaming terbaik kelas atas, sebuah produk yang membuat perbedaan. segmen yang sama.

Dengan diluncurkannya lini produk ROG Zephyrus Duo 15 SE dan ROG Zephyrus G15, laptop gaming terbaik Asus membuktikan mampu menciptakan produk dengan kekuatan hardware yang luar biasa dalam sasis yang ringkas. Laptop Asus ROG Zephyrus M16 memiliki desain yang terlihat cukup tipis namun memiliki tenaga yang luar biasa. Versi yang kami gunakan untuk pengujian dan evaluasi umum memiliki konfigurasi CPU Intel Core i9-11900H, kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3070, RAM 32GB, dan SSD 2TB. Dan terakhir terintegrasi pada laptop gaming terbaik ini adalah layar 16: 9 yang cukup besar.

Spesifikasi

  • Prosesor: Intel Core i9-11900H 8 x 2.5
  • Kartu Grafis: NVIDIA GeForce RTX 3070 – 8192 MB, Inti: 1290 MHz, Memori: 1500 MHz,
  • Memori RAM: 32768 MB
  • Layar: 16,00 inci, rasio aspek 16:10, 2560 x 1600 piksel 189 PPI
  • Papan Utama: Intel HM570
  • Memori penyimpanan: Samsung PM9A1 MZVL22T0HBLB , 2048 GB
  • Berat: 2.048 kg

Desain ramping 16 inci

Dari segi desain, Laptop gaming terbaik Asus ROG Zephyrus M16 sangat mirip dengan Zephyrus G15. Cangkang luarnya terbuat dari plastik yang terlihat cukup kokoh dan terasa sangat premium. Ini adalah laptop gaming 16 inci yang tidak terlalu besar karena layarnya memiliki bezel bawah yang sangat kecil. Dari segi dimensi, Zephyrus M16 sangat mirip dengan laptop 15 inci pada umumnya.

Port koneksi

Zephyrus M16 dilengkapi dengan banyak port oleh pabrikan dengan dua port USB-C dan salah satunya mendukung Thunderbolt 4. Port Type-C lainnya (USB 3.2 Gen 2) dapat mengeluarkan sinyal DisplayPort: (1.4) ) dan dukungan PowerDelivery melalui UBS-C (versi 3.0). Anda dapat menyambungkan berbagai perangkat periferal ke mesin tanpa adaptor.

Laptop gaming terbaik ROG Zephyrus M16 mendukung Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.2. Modul Wi-Fi terintegrasi berhasil mencapai kecepatan unggah hingga 548 Mbps dan kecepatan unduh 710 Mbps dengan router wifi Netgear Nighthawk AX12 kami. Laptop gaming terbaik kelas atas lainnya yang dilengkapi dengan modul Wi-Fi 6 dapat mencapai kecepatan transfer data yang lebih tinggi daripada Zephyrus M16.

Keyboard & Mouse Sentuh

Tombol laptop gaming Zephyrus M16 menawarkan respons dan titik benturan yang sangat baik. Pengguna mungkin perlu waktu untuk terbiasa dengan keyboard M16, tetapi begitu Anda terbiasa dengan tombolnya, Anda tidak akan kesulitan mengetik untuk waktu yang lama. Namun, tombol panahnya agak terlalu kecil untuk seleraku. Ada tombol khusus untuk mengatur volume, menyalakan dan mematikan mikrofon, dan utilitas Armoury Crate. Lampu latar memiliki tiga tingkat kecerahan. Zephyrus M16 menggunakan TouchPad sebagai pengganti mouse. Pad dengan mudah mengenali input sentuhan dan mekanis. Zephyrus M16 menggunakan TouchPad sebagai pengganti mouse

Layar – Cerah dan Cepat

Layar IPS 16 inci laptop gaming ROG Zephyrus M16 memiliki resolusi asli 2560×1600 piksel dan rasio aspek 16:10. Kecerahan maksimum 446 cd/m² di atas rata-rata, dan distribusi kecerahan 86% juga bagus. Selain itu, panel tidak menggunakan PWM untuk kontrol kecerahan.

Cakupan warna

Layar laptop gaming Asus memiliki akurasi warna yang sangat tinggi dan hal ini tidak mengherankan karena Zephyrus M16 bersertifikat Pantone. Melalui kalibrasi kami dapat lebih meningkatkan akurasi warna. Misalnya, setelah kalibrasi kami mendapatkan tingkat abu-abu DeltaE 2000 rata-rata 0,9 (sebelum kalibrasi adalah 3,1).

Panel IPS laptop gaming Asus memiliki sudut pandang yang sangat stabil. Konten layar dapat dibaca dari sudut manapun tanpa distorsi.

Performa CPU sangat cepat

Ada beberapa opsi konfigurasi CPU dan GPU untuk Anda pilih. Konfigurasi Zephyrus M16 yang kami evaluasi memiliki konfigurasi perangkat keras Nvidia GeForce RTX 3070 dan Intel Core i9-11900H. Ada juga versi dengan Intel Core i7-11800H dan Nvidia GeForce RTX 3060. Ada konfigurasi memori dan RAM yang berbeda.

Prosesor

Intel Core i9-11900H adalah CPU octa-core. Kecepatan clock-nya berkisar antara 2,5 hingga 4,9 GHz dan dapat menangani hingga 16 utas secara bersamaan. TDP dan kapasitas pendinginan memengaruhi tingkat kinerja yang dapat dicapai prosesor. Laptop gaming Asus menetapkan batas daya jangka panjang minimal 30 W. CPU dapat menggunakan hingga 90 W dengan daya penuh.

3. ROG Zephyrus Duo 16

Konfigurasi paling kuat

ROG Zephyrus Duo 16 adalah laptop gaming terbaik dalam rangkaian produk laptop gaming ASUS, memiliki konfigurasi paling kuat, desain paling canggih, dan harga yang sangat tinggi sehingga Anda akan terkejut sekaligus sebagai imbalannya.
Namun tidak berhenti sampai di situ, ASUS juga memperkenalkan laptop gaming terbaik pamungkas mereka hingga saat ini, yaitu laptop gaming ROG Zephyrus Duo 16, memiliki kapasitas konfigurasi yang cukup bertenaga untuk memenuhi semua pekerjaan, untuk semua orang kecuali bukan untuk mayoritas.

Ditujukan untuk para gamer “bersyarat”, ROG Zephyrus Duo 16 ini memiliki yang terbaik yang ditawarkan ASUS. Anda mendapatkan desain paling modern dari Laptop gaming ASUS dengan dua layar yang ditempatkan di dalam laptop 16 inci sekaligus menjaganya tetap seramping mungkin untuk laptop gaming. Keseluruhan desain laptop gaming ini hanya bisa digambarkan dengan ungkapan terbaik karena ukurannya yang cukup rapi namun memuat banyak hal di dalamnya. Terutama desain unik dari 2 layar yang mengesankan, mekanisme pengangkatan layar, dan motif yang ditunjukkan ASUS pada laptop gaming ini.

Desain layar sekunder

ScreenPad Plus akan memberikan fleksibilitas untuk kebutuhan kerja dan gaming bahkan streaming game, yang merupakan salah satu hal keren yang dibawa ASUS ke laptop. Monitor ScreenPad Plus ini merupakan layar sentuh, memiliki resolusi hingga 3840 x 1100(4K) dan menggunakan panel IPS. Saat bekerja atau bermain game, Anda dapat menarik dan melepas perangkat lunak atau browser web di sini untuk kenyamanan, atau Anda dapat dengan cepat memanipulasi sentuhan dengan alat perangkat lunak pengedit foto dan video.

Baca juga ;  Gamers Wajib Tahu! Ini Cara Merawat Laptop Gaming dengan Benar

Selain itu, laptop ASUS juga mengintegrasikan perangkat lunak yang mengemulasi alat untuk aplikasi grafis tertentu sehingga Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk mencari atau memutar mata. Dengan desain layar ganda untuk laptop ini, laptop ASUS benar-benar mendorong keserbagunaan laptop Zephyrus Duo 16 ini ke tingkat yang baru, memenuhi semua kebutuhan pengguna multi-tasking, kebutuhan kreatif, dan bahkan bermain game.

Layar utama

Tidak hanya layar sekunder yang ditingkatkan, layar utama juga menjadi sorotan tahun ini dengan parameter signifikan untuk memenuhi kebutuhan grafis pengguna. Ini adalah monitor terbaik ASUS untuk laptop, dengan resolusi 2K 165Hz rasio 16:10, gamut warna DCI-P3 100%, standar VESA DisplayHDR 1000 dan 512 area gelap lokal. Monitor ini juga menampilkan teknologi AmLED AUO dan ROG Nebula HDR Engine, menggabungkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk menghadirkan tampilan terbaik pada laptop gaming.

Layar utama juga menggunakan teknologi Mini LED, sehingga memberikan warna dan kecerahan yang bagus, apalagi kecerahan 1000nits layar ini pada ROG Zephyrus Duo 16 untuk pengalaman penggunaan outdoor yang sangat baik. Pengalaman penggunaan untuk gaming dan grafis dengan tampilan dual-screen kedua laptop gaming ini sangat memuaskan.

Tampilan desain

Segala sesuatu tentang tampilan, desain, dan fungsi desain ROG Zephyrus Duo 16 sama sekali tidak memiliki poin negatif, tetapi keyboard mungkin adalah poin laptop gaming yang paling tidak lengkap. Tidak salah jika ASUS menginginkan keyboard terlengkap, namun karena ukuran laptopnya terbatas dan karena desain khusus Zephyrus Duo 16, ada sedikit pengurangan pengalaman.

Secara spesifik, seperti laptop tradisional, area palm rest akan luas untuk meletakkan touchpad berukuran besar dan menambahkan keypad numerik jika diperlukan. Namun dengan desain layar ganda laptop gaming ini, sisi-C telah kehilangan separuh area untuk layar sekunder, sehingga laptop gaming terbaik ASUS sedikit mengurangi ukuran touchpad. Touchpad ROG Zephyrus Duo 16 sangat halus, sangat responsif untuk pengalaman pengguna yang baik, namun ukurannya akan membuat pengguna sedikit lelah saat menggunakannya. Sebagai gantinya kita akan tetap memiliki keyboard TKL dengan keypad numerik, area touchpad ini sangat nyaman digunakan.

4. ASUS ROG Flow Z13

Laptop gaming tangguh

ASUS memperkenalkan ROG Flow Z13 sebagai Laptop gaming terbaik yang tangguh, tetapi dengan sendirinya dapat digunakan sebagai laptop gaming terbaik dengan barang terbatas. Namun, pujian harus diberikan kepada ASUS karena menghadirkan perangkat yang menarik dan fleksibel meskipun agak pilih-pilih pemiliknya.

Seri ROG Flow memiliki dua lini, Z dan X. Selain seri Z sebagai lini laptop gaming terbaik, seri X merupakan lini laptop gaming yang juga bertujuan menghadirkan keserbagunaan dan mobile gaming. Laptop X13 akan ditujukan untuk pengguna yang menginginkan komputer tradisional daripada laptop gaming terbaik seperti Z13. Keduanya akan sangat kompak dan fleksibel, memungkinkan untuk bekerja dengan baik dan bermain di luar.

Spesifikasi

  • Prosesor Intel Core i7-12700H
  • GeForce RTX 3050 GPU 4GB DDR6
  • RAM 16GBRAM LPDDR5 5200MHz
  • 512GB NVMe PCIe SSD
  • Layar FHD 120Hz 13,4 inci
  • Baterai 56WHr
  • Dimensi 30,2 x 20,4 x 1,20 ~ 1,20 cm
    Berat 1,18 Kg

Laptop atau Tablet?

Pada dasarnya ini adalah tablet, namun ASUS dilengkapi dengan komponen laptop. Kombinasi laptop dan tablet bukanlah hal baru, tetapi sangat jarang menyukai ROG Flow Z13 dan ini adalah inisiatif yang berani.

Untuk laptop, Flow Z13 bisa Anda gunakan sebagai laptop kerja dengan konfigurasinya untuk memenuhi semua kebutuhan kantor. Terutama dikombinasikan dengan fleksibilitas berkat bobot mesin yang ringan, ini memberikan performa kerja yang sangat baik. Gunakan dengan keyboard yang dapat dilepas ini saat bekerja di luar ruangan untuk pengalaman yang luar biasa.

Desain yang indah, sangat mengesankan

Dari segi desain, ROG Flow Z13 benar-benar cantik sejak Anda menggenggamnya, memiliki garis-garis yang canggih dan berinvestasi besar dalam proses desain. Bagian belakang adalah kombinasi dari detail “telur paskah” tentang ASUS ROG, ada juga tekstur yang indah dan terutama bagian yang terlihat di sudut. Ini adalah jendela yang memungkinkan Anda melihat komponen internal ROG Flow Z13 dan juga menampilkan LED RGB yang menarik.

Dengan desain vertikal ini, sistem pendingin ROG Flow Z13 juga sangat efektif. Khususnya saat Anda berdiri mesin, saluran masuk udara di bagian belakang tidak akan terhalang dan dapat menarik udara masuk lebih efektif, kemudian udara panas akan didorong keluar di tepi atas tanpa ada halangan seperti laptop biasanya. Ada juga ruang uap di dalam mesin untuk memastikan pengguna dapat memaksimalkan kinerja dengan laptop dengan konfigurasi yang kuat.

Konektivitas terbatas, bergantung pada hub ekspansi

Sebagai laptop gaming terbaik, memiliki port ekspansi adalah hal yang baik, tetapi dengan laptop, ROG Flow Z13 sama sekali tidak bagus.

Di tepi kanan ROG Flow Z13 dilengkapi dengan tombol power dengan sensor sidik jari terintegrasi, tombol volume atas dan bawah yang berguna, port USB Type A 3.2 dan port headphone 3.5mm. Sementara di sisi kiri akan ada port USB Type C yang mendukung ThunderBolt 4 yang mendukung keluaran DisplayPort serta pengisian daya 100W PD, disertai port XG dengan GPU diskrit.

Performa yang memadai tanpa eGPU

Dari segi performa, ROG Flow Z13 memiliki CPU Intel Core i7-12700H dan GPU NVIDIA GeForce RTX 3050 Ti terintegrasi dengan RAM 16GB LPDDR5 5200MHz. Mesin ini juga memiliki GPU Intel Iris Xe terintegrasi untuk digunakan untuk tugas kantor atau sehari-hari.

Konfigurasi mesinnya sendiri tidak begitu bertenaga jika dibandingkan dengan laptop, tetapi sangat mengesankan untuk sebuah laptop gaming terbaik. Dikombinasikan dengan layar 13,4 inci beresolusi FHD dan frekuensi 120Hz, bersertifikasi Pantone dan dukungan Dolby Vision, hasilnya adalah cakupan warna yang sangat baik, ini akan menjadi pilihan yang masuk akal bagi pembuat konten.

Masa pakai baterai yang panjang

ROG Flow Z13 memiliki masa pakai baterai yang sangat mengesankan, pengujian aktual menunjukkan bahwa mesin dapat mencapai lebih dari 5 jam penggunaan dasar, yang sangat baik. Mesin ini juga dilengkapi dengan mode MUX Switch yang beralih bolak-balik menggunakan GPU diskrit atau GPU terintegrasi untuk tugas tertentu, yang juga akan membantu perangkat memiliki masa pakai baterai yang lebih baik.

Dengan desain yang unik, menarik dan cantik, namun memadukan laptop dan tablet, ROG Flow Z13 benar-benar pilih-pilih pengguna. Perangkat dapat memenuhi kedua fungsi dengan baik di kedua sisi, tetapi titik minus dari keduanya sangat jelas, membuat pengguna bingung di sisi mana mesin akan masuk akal. Namun mengabaikan masalah kecil, laptop gaming ROG Flow Z13 ini akan menghadirkan fleksibilitas mutlak pada perangkat yang menggabungkan hiburan, pekerjaan, dan kreativitas. Jika Anda membutuhkan laptop yang kuat, atau membutuhkan laptop super fleksibel untuk bekerja dan bermain, ini adalah pilihan yang tepat.

Baca juga ;  Optical Clinic Untuk Memeriksa Penglihatan Yang Lebih Baik

5. Asus ROG Flow X13

Asus ROG Flow X13 adalah laptop gaming terbaik yang baru diluncurkan dari merek Taiwan. Mewarisi esensi dari seri ROG yang sudah terkenal, ini terus menjadi mesin yang diimpikan dan dicari oleh para gamer di seluruh dunia.

Desain Asus ROG Flow X13

“Prajurit” baru dari game ROG Flow X13 ini memiliki desain yang sangat menarik yang dapat diputar 360 derajat secara miring. Saat dibuka, itu menjadi laptop gaming terbaik dengan layar sentuh. Produk ini memiliki kualitas gaming sekaligus kemewahan, berkelas dengan bahan metal yang mengkilap.

Satu informasi yang sangat mengesankan adalah laptop gaming terbaik ini hanya berbobot 1,3 kg. Dimensi sisi-sisinya khusus 29,9 x 22,2 x 1,58 ~ 1,58 cm. Anda dapat memasukkan perangkat ke dalam ransel, tas, dan membawanya ke mana-mana.

Produk ini memiliki desain yang gaming sekaligus mewah. Sebagai laptop gaming terbaik 2-in-1 dan ringan, Laptop  Gaming ROG Flow X13 memiliki layar Full HD 13,4 inci pada panel IPS yang sudah tidak asing lagi. Kecepatan refresh – parameter yang sangat penting saat bermain game mencapai 120Hz.

Konfigurasi Asus ROG Flow X13

Sebagai mesin kelas atas dengan harga yang tidak murah, jelas laptop Gaming ROG Flow X13 diharapkan memiliki konfigurasi paling bertenaga. Alih-alih chip Intel yang sudah dikenal, ia dilengkapi dengan prosesor rumahan AMD – AMD Ryzen R7 – 6800HS 8 core 16 thread, dengan clock 3,2 GHz – 4,7 GHz. Kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3050 diskrit sama kuatnya untuk menjalankan game yang paling intensif grafis. Spesifikasi RAM 16 GB dan harddisk M.2 2230 NVMe SSD memiliki memori 512 GB.

Konektor, heatsink Asus ROG Flow X13

Sistem pendingin adalah faktor yang juga sangat Anda perhatikan saat membeli laptop gaming terbaik. Dengan adanya warrior baru dari keluarga ROG ini, secara umum kita tidak perlu terlalu khawatir. Laptop gaming terbaik Asus ROG Flow X13 memiliki ruang uap premium dengan desain baru yang meningkatkan area kontak pembuangan panas hingga 54%, mempercepat proses pengaturan termal.

Konektor

Meski merupakan mesin kecil dengan layar kecil, laptop Asus tetap dibekali port koneksi yang cukup untuk pengguna di samping, antara lain HDMI, USB 3.2, ROG XG Mobile Interface, USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort dan standard 3.5mm headphone jack … Konektor Antarmuka Seluler ROG XG adalah detail eksklusif yang tujuan utamanya adalah memaksimalkan kartu grafis GeForce RTX 3050.

Baterai

Spesifikasi baterai perangkat laptop adalah baterai 4 sel 62 Wh. Secara keseluruhan, ini bukan kapasitas baterai tertinggi yang ada di pasaran saat ini, tetapi cukup masuk akal dibandingkan dengan ukuran perangkat. 62 Wh masih cukup buat kamu main game berjam-jam.

6. ROG Strix Scar 17 SE

Desain unik

Jika Anda pecinta laptop gaming, Anda mungkin tidak terlalu familiar dengan jajaran laptop gaming terbaik  – laptop ASUS ROG. Tentu saja, jika berbicara tentang lini laptop / laptop ini, banyak orang akan langsung memikirkan “mesin” ASUS ROG Strix Scar yang sangat terkenal dan dianggap sebagai simbol dari lini ini. Sebagai lini produk yang sangat sukses dan populer, setiap tahun ASUS Corporation akan meluncurkan sejumlah model baru ROG Strix Scar untuk memenuhi kebutuhan para gamer. Dan “mari bertemu lagi”, tahun ini perusahaan laptop ASUS telah kembali dan meluncurkan produk super baru bernama ROG Strix Scar 17 SE 2022.

Konfigurasi

ROG Strix Scar 17 SE 2022 yang mengesankan dengan prosesor Intel Core i9 Gen 12. Untuk laptop gaming terbaik, konfigurasi adalah faktor terpenting bagi pengguna dan ini juga menjadi titik di mana pabrikan bersaing ketat. Dan tentu saja, ASUS tidak keluar dari perlombaan ini dan bahkan menjadi salah satu produsen terkemuka.

Bukti nyatanya adalah hadirnya chip Prosesor Intel Core i9-12950HX all-new dengan TDP hingga 65 W, clock maksimum hingga 5,2 GHz pada core performa P-Cores, yang memaksimalkan performa single-core memproses dan menghadirkan frekuensi gambar tertinggi dalam judul eSports eSports terbaru.

Layar 17,3 inci dengan resolusi QHD yang tajam

Untuk memenuhi kebutuhan hiburan pengguna dengan sebaik-baiknya, laptop ASUS telah membekali ROG Strix SCAR 17 SE 2022 dengan layar besar berukuran 17,3 inci beresolusi QHD (2.560 x 1.440). Terlebih lagi, monitor ini juga memiliki kecepatan refresh 240Hz yang mulus dan kecepatan respons 3 ms yang mengesankan.

Kemampuan tampilan ROG Strix SCAR 17 SE juga dijamin saat mencapai 100% DCI-P3 dengan panel IPS untuk rendering warna yang akurat. Terlebih lagi, mesin ini juga mendukung teknologi Adaptive Sync yang memungkinkan GPU menyinkronkan antara kecepatan refresh layar dan kecepatan render, dan Dolby Vision menghadirkan konten visual berkualitas dengan rentang dinamis yang diperluas (HDR) dan rentang warna tampilan yang diperluas.

baca juga : Rekomendasi PC Desktop Terbaik di Indonesia

Desain sangat unik

Sejauh ini, ketika berbicara tentang ROG Strix, orang sering berpikir tentang laptop gaming terbaik dengan tampilan bunker, LED RGB berkedip dengan garis potong yang berani. Begitu pula dengan ROG Strix SCAR 17 SE 2022 ini, dimana perangkat tersebut memiliki desain yang cukup mirip dengan pendahulunya. Mesin tersebut memiliki overall yang sedikit tebal dengan ketebalan paling tinggi mencapai 28,3 mm dan memiliki bobot 3 kg. Mendengar hal tersebut, angka tersebut memang cukup besar, namun mengingat laptop dengan layar 17,3 inci dan material metal, saya anggap bisa diterima.

Di sisi kanan dengan area yang lebih luas adalah tempat di mana logo ROG yang sudah dikenal dilengkapi dengan lampu yang terlihat sangat menarik, eye-catching, dan sangat mudah dikenali. Dan yang terpenting, tutup logam dari mesin ini telah dilapisi dengan kompon yang benar-benar baru. Dalam cahaya normal, senyawa ini akan memiliki warna abu-abu matte metalik, tetapi di bawah sinar UV, tekstur hijau dan biru akan muncul.

Disipasi panas sangat baik

Agar perangkat keras ROG Strix SCAR 17 SE 2022 yang mengerikan dapat bekerja secara efisien dan mencapai kapasitas maksimum, sistem pendingin memainkan peran besar, jadi ASUS telah berinvestasi cukup besar dalam sistem ini untuk produk ini.

Dengan teknologi paling canggih dari ROG Intelligent Cooling, ROG Strix SCAR 17 SE memiliki kekuatan untuk mendorong batas kinerja, berkat pasta termal logam cair generasi berikutnya. Tidak hanya itu, laptop gaming terbaik ini juga dilengkapi dengan 4 slot pembuangan panas dengan sistem sirip pendingin ultra tipis 0,1 mm dan kipas Arc Flow 84 bilah generasi baru, sehingga membantu alat berat beroperasi dengan performa tertinggi dalam waktu singkat. lama dan tetap menjaga suhu tetap stabil dan sejuk.

Secara keseluruhan, ROG Strix SCAR 17 SE 2022 masih merupakan mesin game yang hebat, masih memenuhi dan memuaskan orang yang paling menuntut, persyaratan terberat dan paling menuntut dalam hal performa, dalam hal performa, mengekspresikan individualitas setiap orang.

Ayo bergabung di Komunitas ‘ROG Community Indonesia’

Bagi anda para gamer di seluruh Indonesia pengguna laptop gaming asus ROG, silakan bergabung dalam  – Komunitas gaming terbesar di Indonesia –  ROG Community Indonesia – yang dikelola oleh #TeamROG.

Untuk info leboh lengkap, anda dapat menunjungi situs resmi Republic Of Gamer .

Demikianlah artikel tentang Laptop gaming terbaik dari ASUS ROG, semoga bisa menjadi referensi anda..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *