Pengertian Media Relation : Definisi dan Manfaatnya

Casa Kreatif – Selaras dengan perkembangan bisnis yang semakin pesat, membuat banyak pihak membutuhkan strategi-strategi yang matang dan mumpuni untuk pengembangan bisnis. Salah satunya yang berkaitan dengan media relation. Bagi sebagian dari Anda, mungkin masih banyak yang begitu awam dengan pengertian media relation, sebab istilah ini relatif cukup jarang ditemui.

Mengenal Pengertian Media Relation

Media Relation atau yang bisa juga disebut dengan relasi media, adalah suatu proses dan aktivitas yang digambarkan sebagai sebuah interaksi, yang dibangun oleh suatu perusahaan dengan orang-orang atau pihak-pihak tertentu, yang bekerja di dalam dunia media.

Pihak-pihak yang dimaksud tersebut bisa saja editor, reporter, jurnalis, dan lain sebagainya. Pengertian media relation sendiri memiliki tujuan untuk bisa memberikan berbagai informasi penting. Baik itu dalam bentuk pesan, berita, ataupun juga cerita yang layak disampaikan ke publik. Terkait dengan kondisi maupun perkembangan dari suatu perusahaan tersebut.

Sebagai contoh, yaitu informasi mengenai kegiatan CSR perusahaan dan lain sebagainya. Media massa memiliki dampak yang relatif cukup besar dan signifikan, bagi reputasi suatu perusahaan. Apabila media massa memberitakan informasi-informasi yang negatif, maka bisa menimbulkan dampak yang sangat membahayakan bagi perusahaan tersebut.

Beberapa dampak yang mungkin bisa didapatkan, antara lain reputasi perusahaan yang berkurang, turunnya minat para investor, dan bahkan bisa juga ditinggalkan oleh para konsumen perusahaan. Oleh karena itu, dengan adanya media relation, maka perusahaan bisa menghindari hal-hal yang dirasa kurang menguntungkan untuk perusahaan tersebut.

Manfaat Penting Dari Media Relation

Setelah mengetahui tentang pengertian media relation, kini Anda juga perlu mengetahui secara lebih mendalam terkait dengan manfaat dari media relation itu sendiri. Terutama dalam dunia bisnis. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa manfaat penting yang bisa didapatkan, ketika Anda bisa menjalin relasi media yang sangat baik.

1. Membangun Hubungan Baik Dengan Media Massa

Salah satu manfaat penting yang bisa didapatkan dari penggunaan media relation adalah bisa digunakan untuk menjalin hubungan yang baik dengan media massa, dan juga orang-orang yang bekerja di balik perusahaan media tersebut.

Apabila aktivitas media relation yang Anda lakukan berjalan secara maksimal dan optimal, maka tidak menutup kemungkinan, bahwa media tersebut akan datang kepada perusahaan yang Anda miliki untuk melakukan liputan. Sebab pada akhirnya, antara media dan perusahaan, sebenarnya dua entitas yang akan saling membutuhkan.

2. Meningkatkan Brand Awareness Perusahaan

Manfaat berikutnya yang bisa didapatkan ketika Anda menggunakan media relation yang baik adalah bisa digunakan untuk meningkatkan Brand Awareness yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Ketika sebuah media menyajikan liputan yang positif terhadap suatu perusahaan, maka hal ini akan bisa meningkatkan Brand Awareness dalam presentase yang cukup signifikan.

Jika di telisik, secara tidak langsung media relation bisa digunakan sebagai salah satu cara yang bisa digunakan, untuk mengembangkan bisnis secara berkesinambungan. Serta dalam jangka waktu yang relatif cukup panjang. Maka dari itu, wajar jika banyak perusahaan ternama, senantiasa berupaya untuk bisa menjalin media relation sebaik mungkin. Karena hal tersebut bisa menjadi aset yang penting.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian media relation dan manfaat dari media relation ini. Kini, berbekal dengan penjelasan yang telah disampaikan tersebut, Anda bisa semakin menyadari, mengenai pentingnya suatu aktivitas relasi media, dalam upaya untuk mengembangkan bisnis perusahaan secara berkesinambungan. Serta dengan tujuan jangka panjang.

Tinggalkan komentar

Name - City
Membeli Product Time