Home Digital Marketing Istilah Kupas Tuntas Pengertian Biografi: Ciri-Ciri, Struktur, Jenis, dan Contohnya

Kupas Tuntas Pengertian Biografi: Ciri-Ciri, Struktur, Jenis, dan Contohnya

Hai Sonat Casa! Taukah kalian pengertian Biografi? Biografi telah lama menjadi salah satu bentuk sastra yang paling menarik dan inspiratif.

Dalam sebuah biografi, kita dapat merenung tentang perjalanan hidup seorang tokoh, mengungkapkan kisah unik mereka, dan menemukan pelajaran berharga dari pengalaman mereka.

Artikel ini akan menyajikan penjelasan mendalam tentang pengertian biografi, mengungkap ciri-ciri khasnya yang membedakannya dari genre sastra lain.

Serta bagaimana merangkai struktur yang menjadi landasan kuat penulisan biografi, menjelajahi berbagai jenis biografi yang menghidupkan keberagaman narasi, dan memberikan beberapa contoh biografi yang menginspirasi.

Mari kita kupas tuntas tentang keajaiban sastra biografi yang tak terbatas.

Pengertian Biografi

Biografi adalah salah satu genre sastra yang mengeksplorasi dan menggambarkan kehidupan seorang individu secara mendalam.

Melalui biografi, penulis berusaha memperkenalkan sosok tokoh yang diangkat dengan lebih mendalam, mulai dari latar belakang, peristiwa penting, pencapaian, tantangan, hingga peranannya dalam berbagai aspek kehidupan.

Sastra biografi menghadirkan kisah nyata tokoh-tokoh inspiratif yang dapat memotivasi, menginspirasi, atau mengajarkan pelajaran berharga kepada pembaca.

Biografi merupakan narasi tentang kehidupan seorang tokoh, tidak hanya fokus pada aspek pribadi, tetapi juga melibatkan penggambaran perjalanan karier, pengaruhnya pada masyarakat, dan warisannya bagi generasi berikutnya.

Dalam proses penulisan biografi, penulis sering melakukan penelitian yang mendalam, mewawancarai orang-orang terdekat tokoh, serta menggunakan sumber-sumber tertulis untuk memastikan keakuratan informasi yang disajikan.

Sumber:

Ann Cheek, “Writing Biography,” in The Cambridge Companion to Autobiography, ed. Maria DiBattista and Emily O. Wittman (Cambridge: Cambridge University Press, 2016), 75-91.

William H. Epstein, “Biography and Autobiography,” in The Oxford Handbook of British and Irish War Poetry, ed. Tim Kendall (Oxford: Oxford University Press, 2007), 553-567.

J.T. Wood, “Biography and the Sociological Imagination,” American Sociological Review 68, no. 1 (2003): 1-18.

Melalui sumber-sumber di atas, kita dapat memahami bahwa biografi merupakan bentuk sastra yang kuat dan relevan dalam memahami perjalanan hidup tokoh-tokoh yang telah meninggalkan jejak inspiratif dalam sejarah.

Sebagai pembaca, kita dapat belajar banyak dari biografi, baik tentang sejarah, kehidupan pribadi, maupun bagaimana pengalaman hidup seseorang dapat menginspirasi dan membentuk dunia di sekitarnya.

Ciri-Ciri Biografi

Setiap halamannya, biografi menghadirkan kisah hidup penuh warna, perjuangan, dan prestasi yang membentuk karakter unik dari tokoh yang diangkat.

Disini, kita akan mengulas secara mendalam tentang ciri-ciri khas biografi yang membedakannya dari genre sastra lainnya.

Mari kita jelajahi keunikan sastra biografi dan pahami bagaimana cerminan kehidupan nyata dalam setiap barisnya menghadirkan keajaiban dalam imajinasi dan inspirasi bagi pembaca.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri khas yang dapat diidentifikasi dalam sebuah biografi:

1. Berfokus pada Kehidupan Seseorang

Biografi secara khusus menggambarkan kehidupan individu atau tokoh terkenal dan bukan cerita fiksi.

2. Penyajian Fakta dan Kehidupan Riil

Biografi berusaha memberikan gambaran yang akurat tentang peristiwa-peristiwa nyata yang dialami oleh tokoh tersebut.

3. Objektif dan Berimbang

Sebuah biografi harus bersifat obyektif dan berimbang, menggambarkan baik sisi positif maupun negatif dari tokoh yang diangkat.

4. Berdasarkan Riset Mendalam

Penulisan biografi membutuhkan penelitian yang teliti dan luas untuk mengumpulkan informasi yang akurat tentang tokoh tersebut.

Struktur Biografi

Struktur biografi menjadi fondasi yang kuat bagi penulisan kisah kehidupan tokoh-tokoh inspiratif.

Melalui pengaturan kronologis yang cerdas dan penyajian yang berimbang, struktur biografi membawa pembaca dalam perjalanan mendalam menuju momen-momen penting dalam kehidupan seseorang.

Mari kita telusuri struktur biografi yang menjadikan cerita hidup begitu menggugah hati dan memberikan pandangan yang mendalam tentang perjalanan hidup tokoh-tokoh yang menarik.

Umumnya, biografi memiliki struktur berikut:

a. Pengenalan: Bagian awal yang memperkenalkan tokoh yang diangkat, mencakup nama, latar belakang keluarga, dan tanggal lahir.

b. Latar Belakang: Bagian ini membahas masa kecil dan latar belakang pendidikan tokoh, serta peristiwa-peristiwa awal yang membentuk kepribadiannya.

c. Perjalanan Hidup: Menjelaskan peristiwa-peristiwa penting dalam hidup tokoh, termasuk pencapaian, kesuksesan, dan tantangan yang dihadapi.

d. Puncak Karier: Bagian ini mencakup momen-momen penting dalam karier atau jasa-jasa tokoh tersebut.

e. Periode Akhir dan Warisan: Menggambarkan periode akhir kehidupan tokoh, termasuk bagaimana warisannya berlanjut setelah kematian.

Jenis-Jenis Biografi

Ada beberapa jenis biografi yang dapat ditemui, antara lain:

a. Biografi Otokritik: Ditulis oleh tokoh itu sendiri, menggambarkan pengalaman hidup dari perspektif pribadi.

b. Biografi Otobiografi: Ditulis oleh orang lain berdasarkan wawancara dan keterangan tokoh, menggambarkan hidup dari sudut pandang orang lain.

c. Biografi Berbentuk Naratif: Ditulis dalam bentuk cerita naratif yang mengalir dan lebih menyenangkan untuk dibaca.

d. Biografi Berbentuk Laporan: Ditulis secara lebih formal dengan menyajikan fakta-fakta hidup tokoh secara kronologis.

Contoh Biografi

pengertian biografi

Berikut adalah beberapa contoh biografi tokoh terkenal:

a. “Steve Jobs” oleh Walter Isaacson: Mengisahkan kehidupan pendiri Apple Inc., Steve Jobs, dan perannya dalam industri teknologi.

b. “Anne Frank: The Diary of a Young Girl” oleh Anne Frank: Merupakan kisah otobiografi seorang gadis Yahudi yang menyajikan latar belakang hidupnya selama Perang Dunia II.

c. “The Diary of Mahatma Gandhi” oleh Mahatma Gandhi: Sebuah otobiografi dari tokoh ikonik yang memimpin gerakan kemerdekaan India melalui aksi tanpa kekerasan.

d. “Becoming” oleh Michelle Obama: Merupakan otobiografi mantan Ibu Negara Amerika Serikat, Michelle Obama, yang menggambarkan pengalaman hidupnya sebelum dan selama menjadi Ibu Negara.

Simak juga artikel kami yang membahas Teori Keunggulan Komparatif dalam Perdagangan Internasional: Menyingkap Prinsip Dasar dan Dampaknya di Pasar Global

Pengertian biografi merupakan jendela yang membuka dunia tokoh-tokoh inspiratif dan menarik.

Dengan menggambarkan perjalanan hidup mereka, biografi mengajarkan kita tentang ketekunan, keberanian, dan warisan berharga yang dapat menginspirasi dan memotivasi kita dalam menjalani kehidupan.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *