Apa yang Dimaksud Biografi? Simak Penjelasan ini Agar Tidak Bingung

Apa yang Dimaksud Biografi
Apa yang Dimaksud Biografi

Casa Kreatif – Pastinya Anda sudah pernah melihat film-film yang bertemakan Biografi, atau malah Anda sering membaca buku-buku Biografi. Namun apa yang dimaksud Biografi ini? Apa bedanya dengan Autografi? Untuk mencari tahu mengenai hal itu, mari simak ulasan berikut ini!

Apa yang Dimaksud Biografi? Samakah dengan Autobiografi?

Biografi maupun Autobiografi biasanya menceritakan seorang tokoh yang dijadikan sebagai peran utamanya. Baik itu yang ditulis dalam sebuah buku, maupun yang ditampilkan dalam sebuah film.

Hanya saja, jika Biografi ditulis oleh seorang penulis ataupun orang lain, selain tokoh yang diceritakan tersebut. Maka lain halnya dengan Autobiografi, yang memang ditulis atau diceritakan oleh tokoh itu sendiri.

Untuk menulis buku Biografi ataupun membuat film Biografi, penulis buku ataupun penulis skenario bisa saja menceritakan seorang tokoh yang masih hidup, ataupun yang telah meninggal sekalipun, yang mana kisah hidupnya diambil dari cerita orang-orang yang dekat dengan tokoh tersebut.

Sementara pada Autobiografi, karena memang yang menulis kisah tersebut adalah dirinya sendiri, maka otomatis, tokoh yang ada pada buku/film tersebut memang masih ada, hingga saat proses buku tersebut selesai ditulis maupun saat film tersebut dibuat.

Dari penjelasan tersebut, kiranya Anda sudah mulai memahami apa yang dimaksud Biografi itu. Namun untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ulasan yang diambil dari Wikipedia berikut ini. Dimana dalam Wikipedia tersebut dijelaskan, bahwa yang dimaksud Biografi adalah sebuah karya sastra, yang menceritakan riwayat hidup dari seorang tokoh.

Biografi diambil dari bahasa Yunani, yaitu Bios yang bermakna hidup, dan juga Grafen, yang berarti menulis. Biasanya, Biografi berisi cerita/riwayat hidup dari seorang tokoh yang memiliki nama besar, prestasi, maupun yang memiliki pengaruh besar terhadap orang banyak.

Baca juga ;  Kupas Tuntas Pengertian Biografi: Ciri-Ciri, Struktur, Jenis, dan Contohnya

Secara garis besar, Biografi terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu :

  • Biografi Portrayal, yang merupakan jenis Biografi yang menceritakan sosok tokoh secara pribadi, serta
  • Biografi Ilmiah, yang menceritakan seorang tokoh, berdasarkan konsep-konsep yang dianutnya

Ciri-Ciri Biografi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Biografi adalah sebuah karya sastra yang menceritakan seorang tokoh. Baik yang ditulis dalam sebuah buku, maupun yang disajikan dalam bentuk film.

Biasanya, tokoh yang menjadi pemeran utama dalam buku/film tersebut merupakan tokoh sejarah, negarawan, public figure maupun tokoh-tokoh lainnya, yang memberikan pengaruh besar bagi masyarakat di sekitarnya,

Untuk lebih jelasnya, mengenai ciri-ciri dari Biografi ini, bisa Anda simak di bawah ini. Diantaranya :

  • Menceritakan seorang tokoh, baik yang masih hidup ataupun yang telah meninggal
  • Ditulis oleh orang lain, yang bukan tokoh itu sendiri
  • Menceritakan riwayat hidup seseorang. Dari mulai dilahirkan, dibesarkan, meraih kesuksesan, bahkan hingga meninggal. Jika memang tokoh tersebut telah tiada
  • Cerita ditulis berdasarkan sudut pandang orang ketiga. Baik itu sudut pandang penulis Biografi itu sendiri, maupun orang lain, yang juga terlibat dalam buku/film tersebut
  • Mencakup seluruh ruang lingkup kegiatan dari tokoh Biografi tersebut. Termasuk didalamnya, tempat kelahiran, pendidikan, riwayat pekerjaan, hubungan kekerabatan, asmara, dan yang lainnya
  • Cerita ditulis/disajikan melalui serangkaian penelitian, yang diambil dari berbagai sumber. Seperti buku-buku, cerita/pengalaman dari orang-orang terdekat dari tokoh Biografi tersebut, maupun data lainnya, yang relevan dengan kisah hidup sang tokoh, dan yang lainnya

Nah, itu dia penjelasan dari Biografi berikut ciri-cirinya. Kini, Anda sudah tahu, apa yang dimaksud Biografi ini, bukan? Pastinya, kini Anda sudah bisa membedakan, mana buku/film yang bisa disebut dengan Biografi, maupun Autobiografi ini.

Baca juga ;  Kupas Tuntas Pengertian Biografi: Ciri-Ciri, Struktur, Jenis, dan Contohnya

Nah, menurut Anda, mana yang paling Anda sukai, membaca buku Biografi, ataukah buku Autobiografi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *