Buzzer  

Sering Bikin Heboh, Ternyata Segini Gaji Buzzer di Indonesia

Sering Bikin Heboh, Ternyata Segini Gaji Buzzer di Indonesia

Halo, Sobat Casa! Buzzer belakangan ini sedang ramai diperbincangkan. Buzzer sering dikaitkan dengan media sosial, sebab buzzer memang sering menjalankan perannya dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, TikTok, dan sebagainya..

Pemakaian jasa buzzer dalam bisnis bermanfaat untuk memasarkan suatu produk. Seorang buzzer biasanya memiliki keahlian dalam bidang marketing. Maka, tidak mengherankan apabila sebuah perusahaan menggunakan jasa mereka untuk memasarkan produk.

Tugas utama seorang buzzer adalah membuat argumen di sosial media yang dapat mempengaruhi orang lain agar sependapat dengan argumen tersebut. Seorang buzzer harus benar-benar memahami informasi yang akan disebarluaskan. Informasi yang disampaikan sebaiknya relevan dan bermanfaat bagi banyak orang.

Seorang buzzer juga harus memiliki sifat aktif, inovatif, dan kreatif. Selain itu, buzzer juga perlu memiliki relasi yang luas, kemampuan berkomunikasi dengan audiens, dan kemampuan membuat konten yang baik. Konten yang bersifat positif biasanya bisa diterima dengan baik oleh orang lain.

Berdasarkan pengertian tersebut, buzzer dapat berperan sebagai influencer atau opinion leader. Dengan kata lain, buzzer merupakan orang yang berpengaruh dan dapat menggiring sebuah opini agar diikuti oleh banyak orang.

Batasan Profesi Buzzer

Menurut Universitas Gadjah Mada, pemakaian jasa buzzer untuk mengiklankan produk memiliki batasan-batasan tertentu. Seorang buzzer tidak boleh menyebarkan konten yang bersifat negatif seperti hoax dan fitnah. Karena, konten negatif dapat meresahkan masyarakat dan membuat kegaduhan.

Hukumonline menyatakan bahwa keberadaan buzzer memang tidak dilarang secara tegas oleh undang-undang. Namun, buzzer harus tetap menaati ketentuan undang-undang ITE. Berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh seorang buzzer, yaitu:

  • Membuat konten yang dapat mencemarkan nama baik seseorang.
  • Menyampaikan informasi yang berpotensi memicu permusuhan.
  • Mengirimkan pesan yang isinya mengancam orang lain.
  • Menyebarkan informasi yang menyesatkan orang lain.
  • Menyebarkan data pribadi tanpa adanya izin dari yang bersangkutan.
  • Menyampaikan informasi yang tidak lengkap atau berlebihan.
  • Membuat dan menggunakan akun palsu.
  • Melakukan tindakan bully kepada orang lain di media sosial (cyberbullying).

Baca Juga: Cara Menjadi Buzzer Politik yang Didengar & Dipercaya Banyak Orang

Gaji Buzzer di Indonesia

Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) pernah mengadakan sebuah penelitian yang melibatkan 78 buzzer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pekerjaan buzzer memiliki struktur yang terdiri dari buzzer, koordinator, dan influencer.

Pendapatan buzzer, koordinator, dan influencer bervariasi, tergantung pada jumlah akun yang mereka kelola. Buzzer dengan 50-100 akun dapat menghasilkan 2-7 juta rupiah per bulan, koordinator dengan 200 akun dapat menghasilkan 5-15 juta rupiah per bulan, sedangkan buzzer influencer dapat menghasilkan hingga 20 juta rupiah per bulan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Oxford pada tahun 2019 mengungkapkan bahwa gaji buzzer di Indonesia cenderung bersifat kontrak temporer. Artinya, gaji yang diterima oleh para buzzer sangat bergantung pada kesepakatan kontrak yang mereka setujui.

Berdasarkan riset tersebut, gaji buzzer di Indonesia bervariasi mulai dari 1 juta hingga 50 juta rupiah. Besaran gaji ini tergantung pada kompleksitas proyek yang dikerjakan. Semakin tinggi kompleksitas dan risiko yang dimiliki, semakin tinggi pula bayaran yang bisa diterima oleh seorang buzzer

Menurut hasil wawancara detik.com dengan seorang buzzer, pendapatan yang diperoleh seorang buzzer dapat mencapai 50 juta hingga 100 juta rupiah per proyek. Hal ini menunjukkan bahwa pekerjaan sebagai buzzer dapat menjadi pilihan karir yang menjanjikan, terutama bagi mereka yang memiliki kemampuan untuk memahami isu-isu terkini dan mengelola sebuah isu secara efektif.

Meskipun pekerjaan sebagai buzzer menawarkan peluang untuk mendapatkan gaji yang menggiurkan, penting untuk diingat bahwa pekerjaan ini juga menuntut tanggung jawab dan etika yang tinggi. Buzzer harus memastikan bahwa informasi yang disebarkan adalah akurat dan tidak menyesatkan, serta mematuhi aturan dan etika dalam bermedia sosial

Buzzer merupakan profesi yang cukup populer di Indonesia. Jasa buzzer dapat digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk meningkatkan brand awareness.

Jika Sobat Casa membutuhkan buzzer politik yang handal, Casa Kreatif siap membantu. Casa Kreatif menawarkan jasa advertising digital yang dapat membantu Sobat Casa dalam membangun narasi yang kuat melalui jasa buzzer.

Casa Kreatif merupakan perusahaan Digital Public Relation Agency yang menawarkan jasa digital advertising. Sobat Casa bisa melihat produk Casa Kreatif lainnya di layanan Casa Kreatif.

Baca Juga: Jasa Buzzer Medsos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *