Apa Itu SEO on Page? dan Bagaimana Cara Mengoptimalkan Konten yang Sesuai dengan SEO?

Casa Kreatif – Bukan hanya website saja yang harus diperhatikan agar bisa menempati landing page pada mesin pencarian Google. Setiap konten yang dibuat pun haruslah berkualitas, sehingga bisa membuat siapa saja yang membacanya menjadi terkesan. Dengan alasan itu pula, maka setiap pembuat konten diwajibkan untuk memahami unsur-unsur dan kaidah SEO on page. Namun apa sih pengertian dari SEO dengan jenis tersebut? Mari cari jawabannya dalam pembahasan berikut ini!                                                                            

Pengertian dari SEO on Page

Sebagaimana diketahui, SEO merupakan salah satu syarat wajib yang dimiliki oleh sebuah website/konten agar bisa menempati ranking pertama pada mesin pencarian Google. Dengan alasan itu pula, maka pemilik website, berlomba-lomba untuk memasukkan unsur SEO ke dalam setiap konten dan website yang dimiliki. Baik yang dilakukan sendiri, maupun dengan mengandalkan jasa SEO, dan yang lainnya.

Namun sebenarnya, SEO terbagi ke dalam 2 jenis. Dimana jenis yang pertama dikenal dengan nama SEO off page. Dimana SEO dengan jenis ini lebih mengedepankan mengenai bagaimana caranya, agar sebuah website bisa menempati tempat pertama pada mesin pencarian/telusur Google.

Sementara jenis yang kedua, yang merupakan jenis SEO yang dibahas kali ini, tidak lain adalah SEO dengan jenis on page. Dimana SEO dengan jenis ini, lebih memprioritaskan bagaimana caranya untuk membuat sebuah konten yang berkualitas, yang bisa membuat setiap orang yang membacanya bisa menjadi lebih terkesan.

Baik yang dilihat dari topik yang ditampilkan, pemakaian kata-kata yang menarik, maupun penggunaan bahasa yang bisa mengunggah pembaca, dan yang lainnya. Setiap konten yang telah memenuhi syarat SEO on page ini seringkali disebut dengan konten yang SEO  friendly. Dalam arti, konten tersebut telah memenuhi syarat sebagai konten yang berkualitas, dan sesuai dengan unsur-unsur dan kaidah SEO.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Konten yang Memenuhi Standar SEO on Page?

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar konten Anda bisa disebut berkualitas serta bisa menempati posisi pertama dalam mesin pencarian, yaitu dengan mengoptimasi serta mengoptimalkan konten tersebut, agar bisa sesuai dengan standar SEO on page.

Lalu bagaimana caranya? Anda bisa melakukan hal-hal seperti dibawah ini. Diantaranya :

1.Gunakan Template yang SEO Friendly

Template yang dimaksud disini, yaitu jenis template yang memang sesuai dengan standar SEO. Adapun kriteria dari template yang SEO friendly ini, yaitu yang memiliki karakteristik seperti berikut ini. Diantaranya :

  • Dalam arti, template tersebut bisa dilakukan di device manapun
  • Bisa dengan mudah digunakan pada browser manapun
  • Menawarkan sistem navigasi yang mudah
  • Proses loading yang cepat, serta
  • Terintegrasi dengan berbagai sosial media

2. Menggunakan Meta Tags

Pengertian dari Meta Tags ini yaitu keyword yang sengaja diselipkan pada kode HTML dari website Anda. Dimana saat seseorang mengetikkan kata kunci (keyword) yang sesuai dengan yang Anda masukkan pada HTML website Anda sebelumnya, maka website dan konten Anda tersebut bisa langsung ditemukan.

3. Memasukkan Keyword pada Judul Konten yang Anda Buat

Cara mengoptimalkan konten yang sesuai dengan SEO on page selanjutnya yaitu dengan memasukkan keyword pada judul konten yang Anda buat. Karena sebelum membaca isi keseluruhan dari sebuah konten, pembaca akan melihat judulnya dahulu, bukan?

Maka dari itu, dengan pemberian keyword pada judul konten ini, secara tidak langsung akan membuat pembaca bisa memahami mengenai topik yang akan disampaikan. Hanya dengan melihat judulnya saja.

4. Pahami Cara Penempatan dan Jumlah Penggunaan Keyword

Bisa dibilang, keyword memiliki peran yang sangat penting dalam pembuatan sebuah konten. Maka dari itu, Anda harus memahami mengenai penempatan dan jumlah penggunaan keyword ini. Idealnya, jumlah keyword yang digunakan yaitu sebanyak 1% dari jumlah kata yang ada pada konten. Sementara penempatannya yaitu di paragraf awal, paragraf akhir, dan selebihnya disebar ke seluruh isi konten.

 

Demikian beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai SEO on page ini, serta bagaimana mengoptimalkan sebuah konten menjadi konten yang SEO friendly. Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat, dan bisa membantu Anda dalam membuat konten-konten yang berkualitas, yang pastinya, sesuai dengan unsur-unsur dan kaidah SEO.

Tinggalkan komentar

Name - City
Membeli Product Time