Home Media 10 Nilai Berita (News Values) yang Penting Diketahui

10 Nilai Berita (News Values) yang Penting Diketahui

10 Nilai Berita

Akses internet yang semakin merata di Indonesia diikuti dengan mudahnya menemukan berbagai informasi, baik secara online maupun offline. Meski begitu, akses informasi secara digital masih mendominasi persebaran berita di tanah air. Menurut data yang dirilis oleh Reuters Institute, sebanyak 89% masyarakat Indonesia memanfaatkan berita dari media online untuk mendapatkan berita terkini.

Banyaknya pengguna internet yang menghabiskan waktunya di media sosial turut berperan dalam penyebaran informasi tersebut. Aplikasi WhatsApp menjadi salah satu media komunikasi yang paling banyak digunakan untuk menyebarkan sebuah berita.

Pada dasarnya banyak hal yang bisa diberitakan atau dikabarkan melalui media. Namun tidak semua hal bisa dan layak untuk diberitakan. Ada aturan tertentu yang harus dipenuhi serta diperhatikan dalam pembuatan berita, karena sebuah informasi harus memiliki nilai berita (news values) agar dapat diberitakan.

Apa Itu News Values?

News Values
News Values

News values (nilai berita) adalah parameter, acuan atau kriteria yang digunakan untuk mengukur sebuah kejadian atau informasi layak untuk diberitakan. Para wartawan atau jurnalis tentunya harus menguasai nilai-nilai berita sebelum mereka mempublikasikan teks berita ke media, baik media cetak, media online nasional maupun di media lainnya seperti televisi dan radio.

Sebelum lanjut, Ada Tips buat Anda yang mungkin bingung Cara Meningkatkan Relasi dengan Media, Mudah dan Efisien!

Setidaknya ada 10 nilai berita yang harus diketahui oleh para jurnalis atau wartawan. Meski begitu, sebuah informasi tidak harus memenuhi 10 nilai berita tersebut secara utuh, jika hanya memiliki salah satu atau lebih dari nilai yang ada, maka sebuah informasi atau kejadian tersebut layak untuk diberitakan.

Nilai Berita dalam Jurnalistik

Agar lebih memahami nilai-nilai berita dalam jurnalistik, berikut kami berikan rangkuman serta penjelasan mengenai 10 news values yang harus diketahui, yaitu:

10 Nilai Berita Secara Umum

Secara umum, ada 10 nilai berita yang harus diketahui dan dikuasai oleh seorang jurnalis. Jika memenuhi salah satu nilai berita berikut, maka sebuah informasi atau peristiwa sudah memenuhi syarat untuk diberitakan. Nilai-nilai tersebut meliputi:

  • Magnitude (Pengaruh)

Pengaruh dalam penyebaran informasi sangat diperlukan. Maka sebuah berita juga harus memiliki pengaruh kepada yang menerimanya. Salah satu contoh pengaruh adalah ketika kita memberitakan tentang kenaikan BBM. Selain memberikan informasi terkait kenaikan harga bahan bakar, informasi tersebut juga akan memberikan pengaruh yang luas di masyarakat.

Luasnya pengaruh dari sebuah informasi juga dapat menentukan berita tersebut bernilai atau tidak. Tentunya akan sangat jika sebuah berita itu bernilai. Karena akan lebih mudah disampaikan dan diterima oleh masyarakat.

  • Significance (Penting)

Kepentingan dari sebuah informasi yang juga penting untuk diperhatikan. Kepentingan tersebut tidak didasarkan pada satu orang atau kelompok saja, tapi harus berdasarkan kepentingan orang banyak. Salah satu informasi yang menyangkut masyarakat luas adanya informasi mengenai wabah penyakit, kenaikan harga bahan pokok dan semacamnya.

  • Timeliness (Aktualitas)

Sebuah berita juga harus memenuhi unsur timeliness atau aktualitas. Artinya informasi yang diberitakan adalah kejadian atau peristiwa yang baru saja terjadi dan sedang terjadi. Semakin baru sebuah informasi yang disampaikan, akan semakin menarik orang untuk mengetahuinya.

Contoh berita yang memenuhi syarat aktualitas seperti pelantikan presiden, kenaikan jabatan atau peristiwa terkait kehidupan artis. Aktualitas sebuah berita juga dibedakan dalam beberapa jenis, seperti:

  • Aktual kalender: peringatan hari besar nasional dan semacamnya.
  • Aktual waktu: quick count pemilu dan semacamnya.
  • Aktual masalah: kasus sedang terjadi dan semacamnya.
  • Proximity (Kedekatan)

Agar bisa diterima dan menarik untuk pembaca, sebuah berita harus memiliki nilai proximity atau kedekatan. nilai kedekatan ini meliputi beberapa hal, seperti:

  • Geografis atau lokasi kejadian.
  • Psikologis, yaitu keterikatan perasaan atau pikiran dan kesukaan seseorang dengan suatu objek.
  • Ideologis, kedekatan secara pemikiran atau pemahaman serta keyakinan mengenai sesuatu.
  • Prominence (Ketokohan)

Tidak perlu heran jika seorang artis atau tokoh lebih sering diberitakan. Itu karena ketokohan atau pengaruh seseorang juga menjadi sebuah nilai berita. Ketokohan atau ketenaran yang dimiliki seseorang menjadi sumber berita. Sehingga apa yang dilakukan atau diucapkannya menjadi sebuah berita yang menarik dan layak untuk diketahui.

  • Impact (Dampak)

Sebelum dipublikasikan melalui media, sebuah teks berita harus memiliki dampak. dampak yang diberikan juga bergam, tergantung seberapa besar dampak yang diakibatkan, seberapa banyak orang yang terdampak, seberapa lama dampak dirasakan serta seberapa luas dampak tersebut terjadi. Semakin besar dampak sebuah informasi yang diberitakan, semakin tinggi pula nilai berita tersebut.

  • Konflik

Peristiwa atau kejadian tertentu yang menimbulkan sebuah konflik seperti ketegangan, peperangan dan masalah terkait public figure juga merupakan sebuah nilai berita. Karena itu juga merupakan informasi yang penting untuk diketahui masyarakat. Dengan adanya informasi tersebut diharapkan masyarakat bisa lebih siap dan tetap bijak dalam merespon berbagai kabar yang beredar.

  • Human Interest

Sebuah informasi atau kejadian layak diberitakan jika di dalamnya juga mengandung unsur human interest. Sebab peristiwa yang menyentuh perasaan dapat menyentuh sisi emosional seseorang juga menimbulkan simpati. Contoh berita yang berkaitan dengan human interest adalah perbudakan, penganiayaan atau perjuangan seseorang yang dapat menggugah perasaan orang lain.

Maka dari itu untuk lebih menambah banyak perhatian pembaca, Anda bisa lihat ulasan Kami tentang Peran Penting Media Relasi ini bisa menjadi solusi untuk Anda.

  • Unusualness (Keanehan)

Hal yang unik, tidak lazim, aneh, tidak biasa nyatanya juga terhitung sebagai nilai berita. Sebab pada dasarnya manusia memiliki kecenderungan untuk mengetahui tentang segala hal yang unik dan aneh. Sebab hal-hal semacam itu dianggap menarik perhatian dan seru untuk diketahui lebih dalam.

  • Seks

Meski merupakan hal yang tak biasa dibicarakan khalayak umum, namun seks menjadi salah satu parameter sebuah informasi layak diberitakan. Segala peristiwa mengenai seksual selalu menarik karena menyangkut salah satu kebutuhan dasar dan fitrah manusia. Contoh pemberitaan mengenai seks seperti perkosaan, perselingkuhan, prostitusi, pelecehan, dan tindakan asusila lainnya.

Nilai Berita Lainnya yang Juga Penting Diketahui

Selain 10 nilai berita yang secara umum telah kita ketahui, ada nilai berita lainnya yang juga tidak kalah penting untuk dipelajari bersama. Nilai-nilai berita ini disampaikan oleh praktisi media juga wartawan senior yang bekerja di sebuah media. Nilai-nilai tersebut antara lain:

  • Consequence

Segala tindakan atau kebijakan, peraturan, perundangan dan lain-lain yang dapat berakibat merugikan atau menyenangkan orang banyak. Konsekuensi atau akibat dari hal-hal tersebut menjadi sebuah nilai berita karena dianggap menarik.

  • Development

Seorang reporter juga dituntut menguasai jurnalisme pembangunan. Berita yang menyangkut kegagalan dan keberhasilan pembangunan pasti akan melibatkan kepentingan penguasa dan masyarakat. Ini juga dapat menjadi materi berita yang menarik dan menyenangkan jika jurnalis yang bertugas dapat menyampaikannya dengan baik dan benar.

  • Disaster & Crimes

Bencana dan kriminalitas merupakan peristiwa yang pasti mendapat tempat di kalangan masyarakat. Sebab keduanya menyangkut masalah keselamatan manusia, karena dalam pendekatan psikologis keselamatan manusia menempati urutan pertama bagi kebutuhan dasar manusia.

  • Weather

Meski penting untuk diketahui, ternyata di Indonesia berita tentang cuaca masih dianggap belum memiliki nilai jual, karena banyak audiens yang tidak tertarik dan memiliki waktu luang untuk menyimaknya.

  • Sport

Berita olahraga sejatinya memang memiliki daya tarik tersendiri di masyarakat. Banyak stasiun televisi yang kemudian membentuk divisi khusus untuk keperluan liputan olahraga. Untuk itu, seorang reporter olahraga pun dituntut untuk memiliki pemahaman terhadap cabang olahraga agar dapat menyampaikannya dengan baik.

  • Trend

Trend merupakan sesuatu yang diikuti oleh orang banyak. Misalnya suatu gaya mode tertentu yang unik, perilaku kekerasan antar warga masyarakat yang sering terjadi, tawuran antar pelajar, dan sebagainya. Sesuatu yang sedang menjadi trend atau menggejala di kalangan masyarakat, patut mendapat perhatian untuk diliput media.

Keenam nilai berita di atas merupakan nilai berita (news values) yang dirangkum berdasarkan penjelasan Deddy Iskandar Muda dalam buku Jurnalistik Televisi: Menjadi Reporter Profesional, juga seorang wartawan senior Satrio Arismunandar.

Itulah sedikit penjelasan mengenai news values atau nilai berita. Semoga penjelasan tersebut dapat membantu Anda yang saat ini sedang mempelajari tentang jurnalistik. Apabila ingin kegiatan Anda diliput wartawan, Anda bisa menggunakan bantuan public relation untuk menghubungi media bersangkutan. Selain itu jika ingin berita Anda dimuat di media online, Anda bisa menggunakan layanan press release yang ditawarkan oleh Casa Kreatif.

Casa Kreatif merupakan digital agency yang siap membantu Anda melalui beberapa layanan yang ditawarkan, seperti jasa centang biru Instagram dan juga jasa press release ke media nasional yang ada di Indonesia.

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *