Bagaimana Cara Mengirim Berita ke Web Nasional?

Bagaimana Cara Mengirim Berita ke Web Nasional?
Bagaimana Cara Mengirim Berita ke Web Nasional?

Membangun relasi dengan media adalah salah satu cara menjaga reputasi organisasi/perusahaan. Ini karena media-media konvensional pada hakikatnya berperan sebagai perantara instansi dengan publiknya, melalui press release, artikel, hingga berita yang dikeluarkannya. Tak heran, pembicaraan mengenai bagaimana cara mengirim ke web nasional menjadi satu topik yang selalu menarik untuk dibahas.

Perkembangan teknologi dan internet era ini membuat media digital menjadi sumber informasi yang santer. Sementara itu, brand awareness dari web nasional diklaim menjadi ‘kekuatan’ yang tak hanya berfungsi untuk menginformasikan, namun juga mempengaruhi. Inilah alasan banyak orang berlomba-lomba mendapatkan publikasi di berita nasional.

Baca juga artikel kami tentang Cara Kirim Tulisan ke Mojok

Begini Lho, Cara Mengirim Berita ke Web Nasional

Siapapun tentu sepakat jika bukan perkara mudah mendapatkan ruang publikasi. Sebab tiap-tiap media memiliki standar yang dijadikan kriteria layak-tidaknya artikel atau berita yang Anda tulis bisa dimuat. Terlebih, web nasional tentunya memasang kriteria tinggi untuk berita yang lolos di meja redaksinya. Untuk itulah, yuk simak cara mengirim berita ke web nasional ini!

1.  Melampirkan surel dan kirim ke redaksi

Email tidak hanya dimanfaatkan sebagai alat komunikasi. Namun bisa juga dijadikan media pengantar berita atau annual report yang hendak Anda kirim ke surel redaksi berita. Alamat surel ini bisa didapatkan dengan menelusuri laman ‘about us’ yang umumnya selalu ada di situs berita terpercaya.

Selain memastikan kebenaran informasi dan kelengkapan berita yang memenuhi unsur 5W+1H, rupanya ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat mengirimnya ke media. Salah satunya adalah etika. Berikut ini adalah paparan selengkapnya.

Lebih efektif hubungi redaksi dengan email personal

Sebuah studi kasus menyebutkan jika kesempatan lebih cepat memperoleh respon dan publikasi jika dihubungi melalui email personal. Nah, di antara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan email personalnya adalah dengan bertanya pada kerabat yang memiliki hubungan dengan media tertentu, memanfaatkan jaringan LinkedIn dan sosial media, serta mencarinya di halaman redaksi.

Perhatikan etika mengirim email, mulai subjek hingga pesan di badan email

Tak dapat dipungkiri, jika editor yang menjadi penjaga gawang redaksi umumnya menerima balasan email dari penulis setiap hari. Dengan waktu tidak banyak, mereka diharuskan untuk memilih email yang sebaiknya dibaca lebih dulu. Pada poin inilah, selain topik, etika adalah hal yang perlu diperhatikan. Pastikan Anda menulis subjek dan pesan di badan email, ya. Sebab sebagaimana tindakan, kata-kata juga mencerminkan tabiat penulisnya.

Kami juga mengulas artikel tentang cara mengupload berita di Tribun News loh!

2.  Mendaftar sebagai kontributor

Cara mengirim berita ke web nasional berikutnya adalah dengan lebih dulu mendaftar sebagai kontributor penulis. Dengan menjadi kontributor, maka Anda bisa memberikan ide atau gagasan sesuai dengan topik dan rubrik yang disediakan. Meskipun begitu, hanya berita yang lolos kurasi-lah yang akan diterbitkan. Karena itulah, penting juga untuk menyesuaikan gaya penulisan berita Anda dengan karakter web nasional yang dituju.

3.  Bekerjasama dengan agensi yang dukung media relation

Informasi yang hendak ditujukan kepada khalayak seringkali tak cukup hanya dibagikan melalui press release. Sehingga penulisan berita menjadi alternatif cara yang digunakan untuk menginformasikan kepada publik mengenai ‘apa yang terjadi’ maupun informasi penting lainnya. Tapi, sangat disayangkan jika misi berita yang Anda kirim ini ternyata tidak mendapat respon baik dari media.

Jika sudah demikian, maka tidak ada cara lain selain dengan bekerja sama dengan agensi distribusi berita dan press release Casa Kreatif. Mengapa demikian? Tidak lain karena agensi ini menawarkan jalan keluar untuk seluruh kebutuhan personal maupun bisnis Anda.

Itulah tadi paparan mengenai beberapa cara mengirim berita ke web nasional. Mengingat tidak semua berita dan tulisan lainnya layak untuk dipublikasikan. Menyerahkan kebutuhan akan publikasi ini pada jasa distribusi berita dan press release terpercaya adalah langkah yang paling efektif yang bisa Anda coba.

Nah, bagi Anda yang kesulitan dalam mengirimkan artikel ke berbagai media nasional. Ada baiknya Anda menggunakan jasa kirim artikel media nasional yang terpercaya. Seperti Casa Kreatif ini, yang selalu berupaya agar setiap artikel yang Anda pesan, bisa selalu berada di urutan teratas mesin penelusuran.

Anda bisa berkonsultasi dulu dengan admin kami di 08812020888

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *