Apa Itu Wikipedia: Sejarah, Fungsi dan Bisakah Situsnya Dipercaya?

Apa itu wikipedia

Apa itu Wikipedia? Anda mungkin pernah mendengar atau bahkan sering membuka situs ini untuk mencari referensi atau lainnya. Ya, Wikipedia adalah ensiklopedia bebas yang proyeknya dimulai pada tanggal 15 Januari 2001 oleh Jimmy Wales serta Larry Sanger.

Sebagai pengguna internet, tentunya sudah tak asing lagi dengan Wikipedia. Mungkin Anda tak mengaksesnya secara langsung, namun situs ini kerap muncul pada halaman awal.

Terutama saat Anda mencari informasi baru yang berkaitan dengan istilah, definisi serta riwayat hidup para tokoh terkenal menggunakan mesin pencari.

Lalu bagaimana sejarahnya hingga Wikipedia ini bisa lahir, apa saja fungsinya dan apakah artikel yang tersedia bisa dipercaya? Simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Wikipedia

Bagi Anda yang belum mengetahui Wikipedia, mungkin akan bertanya-tanya apa yang dimaksud Wikipedia. Ada banyak informasi yang memadai bisa Anda temukan di internet mengenai Wikipedia ini.

Seperti yang tertera dalam ulasan di atas, Wikipedia merupakan sebuah situs ensiklopedia bebas. Situs ini memiliki para pengguna aktif yang dengan sukarela membuat, mengedit atau menambahkan artikel yang berguna untuk pengguna lain.

Tujuannya tak lain adalah untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan secara bebas, cepat, serta terbuka tanpa ada kendala apapun. Misalnya seperti bahasa, negara dan lainnya.

Ini benar-benar terbukti, karena sampai saat ini Wikipedia adalah satu situs yang paling banyak mendapatkan kunjungan di seluruh dunia.

Tak cukup informasi mengenai apa itu Wikipedia, Anda juga perlu mengetahui kalau situs ini merupakan merek dagang dari Wikipedia Foundation, Inc. Bukan hanya Wikipedia saja, mereka juga membuat Wikiquote, Wiktionary, Wikisource, Wikibooks, serta Wikinews.

Selain itu semua teks, artikel, gambar serta isi lainnya dalam Wikipedia ini mendapatkan perlindungan oleh lisensi ganda. Yakni Creative Commons A-PS dan GFDL.

Ini artinya, kontribusi tetap menjadi hak dari pembuat. Sedangkan izin CC dan GFDL yang akan memastikan semua isi dalam situs ini tetap disalurkan secara gratis dan bisa direproduksi.

Kami juga mengulas Artikel tentang Siapa Saja Yang Bisa Tayang di Wikipedia? Ternyata gak sembarang orang bisa

Sejarah Wikipedia

Dari uraian di atas pastinya Anda sudah paham apa artinya Wikipedia. Namun apakah Anda sudah tahu bagaimana sejarah berdirinya Wikipedia itu sendiri?

Semuanya bermula dari project Nupedia, sehingga Wikipedia menjadi rujukan bagi para pengguna internet. Utamanya bagi mereka yang memerlukan infomasi dasar mengenai sebuah peristiwa, tokoh, sampai informasi tentang kebijakan publik.

Nupedia sendiri tercipta tepatnya pada tahun 2000. Saat itu para ahli yang menulis artikel wajib menyertakan identitasnya dan dikirim melalui faks. Selanjutnya tim editorial akan memeriksa artikel tersebut dalam tujuh tahapan sebelum rilis.

Sistem penulisan artikel seperti ini berjalan dengan lambat di sepanjang tahun 2000. Pada tahun tersebut artikel yang selesai ditulis hanya berjumlah kurang dari dua lusin.

Melihat hal tersebut, Larry Sanger kemudian mengusulkan untuk melengkapi Nupedia dengan ensiklopedia sumber terbuka menggunakan perangkat lunak wiki. 

Sejarah singkat Wikipedia mulai berkembang dari sini. Tepatnya tanggal 15 Januari 2001, Nupedia kemudian merilis fitur baru yang bernama Wikipedia.

Fitur ini kemudian mendapatkan penolakan dan keberatan dari dewan penasihat. Beberapa hari kemudian, Wikipedia akhirnya kembali dirilis sebagai situs yang independen.

Setelah itu, perkembangan Wikipedia mulai melesat dengan menghasilkan sekitar 20.000 artikel menggunakan 18 bahasa.

Ini terjadi pada tahun pertama dalam sejarah perkembangannya. Beberapa bahasa yang digunakan pada saat tersebut adalah Prancis, Jerman, Belanda, Polandia, Cina, Ibrani serta Esperanto.

Dua tahun kemudian tepatnya pada 2003, Nupedia lalu dihentikan. Semua artikelnya dipindah ke Wikipedia. Dari sini, Wikipedia terus mengalami perkembangan tanpa kendala. 

Hal ini terbukti ketika tahun 2006 Wikipedia dengan versi Bahasa Inggris mengoleksi artikel dengan jumlah lebih dari satu juta. Bahkan ketika merayakan ulang tahun ke 10 yakni pada tahun 2011, jumlah artikel sudah melampau 3,5 juta.

Sejak saat itu Wikipedia Foundation mulai fokus untuk memperluas Wikipedia dengan versi non Inggris yang berjumlah 250 lebih.

Dari versi non Inggris ini beberapa diantaranya berhasil mengumpulkan artikel berjumlah ratusan ribu. Khusus untuk Prancis dan Jerman, keduanya mengumpulkan lebih dari satu juta artikel.

Informasi yang berkaitan dengan sejarah apa itu Wikipedia masih terus berlanjut. Meskipun awalnya hanya menjadi proyek pengumpan saja untuk Nupedia, kini dalam perkembangannya Wikipedia telah menjadi rujukan dasar untuk pengguna internet.

Ini Alasan kenapa harus tayang di wikipedia! ternyata fungsinya banyak banget

Fungsi Wikipedia

Setelah mengetahui apa itu Wikipedia serta bagaimana sejarahnya, tentunya Anda bisa menarik kesimpulan apa sebenarnya fungsi Wikipedia tersebut.

Secara sederhana, Wikipedia ini memiliki fungsi dan tujuan untuk menciptakan atau menghadirkan ensiklopedia terlengkap bagi semua pengguna.

Walaupun terdengar simple, pada kenyataannya tak mudah untuk menerapkan fungsi dan tujuan tersebut. Perlu waktu bertahun-tahun untuk menerapkannya tentunya dengan berbagai jenis konten serta artikel yang bernilai positif atau negatif. Sampai di sini Anda bisa pahamkan bagaimana dan apa fungsi wikipedia yang sebenarnya.

Apakah Situs Wikipedia Bisa Dipercaya?

Memahami apa itu Wikipedia tak cukup jika hanya mengetahui bagaimana sejarah dan apa fungsinya. Anda juga perlu mengetahui apakah situs ini bisa dipercaya dan dapat dijadikan sebagai rujukan.

Sebagai situs yang sangat populer dan sering dikunjungi oleh penggunam, ternyata Wikipedia memiliki kredibilitas yang masih diragukan.

Memang Wikipedia bisa Anda gunakan untuk mencari informasi secara cepat namun sumbernya masih belum dapat dipercaya. Oleh karena itu banyak yang menyarankan agar tak menggunakan situs ini sebagai referensi.

Lalu apa alasan mengapa Wikipedia ini kredibilitasnya diragukan? Sejak pertama didirikan, Wikipedia sudah mengusung ide radikal. Hal ini pernah disampaikan oleh pendiri Wikipedia itu sendiri. Jika Anda menyimak ulasan yang tertera di atas, Anda pasti masih mengingat siapa pembuat wikipedia tersebut.

Dua pendiri Wikipedia ini terang-terangan mengungkapkan jika Wikipedia memiliki konsep bebas atau radikal sehingga melahirkan dua kutub yang bertolak belakang. Yang pertama adalah kutub positif. Kutub ini berarti konten atau isi dari Wikipedia dapat melesat tajam bila dilihat dari sisi jumlah saja.

Sementara dari kutub negatif, setiap orang bisa menyunting konten dengan sangat mudah sehingga tingkat keakuratannya jadi berkurang. Dengan kata lain Wikipedia bisa saja menampilkan konten yang informasinya tak sesuai fakta yang sebenarnya.

Sebagai bukti atas keraguan tersebut, ada banyak contoh atau temuan yang menyebutkan jika konten pada Wikipedia menghadirkan informasi keliru. Salah satunya yaitu adanya unggahan yang menyatakan bahwa Senator Robert Kennedy barangkali dibunuh oleh asistennya.

Inilah kemudian yang memunculkan keraguan tentang kredibilitas serta menimbulkan pertanyaan apakah situs wikipedia terpercaya atau tidak.

Akan tetapi, meskipun keakuratannya dipertanyakan, Wikipedia tetap menjadi situs populer di seluruh dunia. Seperti yang dikemukakan oleh Darius Jemielniak, Wikipedia memang memiliki masalah soal keakuratan, tetapi Wikipedia adalah salah satu situs web paling populer di dunia.

Situs ini juga merujuk Hukum Linus yakni maka semua mata tertuju padanya hingga membuat kesalahan sekecil apapun terlihat.

Nah, apa itu Wikipedia, bagaimana sejarah dan fungsinya serta apakah Wikipedia bisa dipercaya sudah tertera dengan jelas dalam ulasan ini. Anda boleh saja menggunakan Wikipedia sebagai referensi artikel, namun sebaiknya cari juga sumber lain yang lebih terpercaya.

Ingin tayang di wikipedia dengan mudah, simak ulasan kami tentang Bagaimana Cara Menulis di Wikipedia? Dapatkan Jawaban Lengkapnya di Sini!

Atau jika tak keberatan, Anda bisa mengisi/menyunting artikel di Wikipedia yang sekiranya membutuhkan informasi lebih aktual dan lengkap. Ingin tahu tentang penulisan di wikipedia lebih banyak lagi? klik link di samping

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *