Cara Mengirim Artikel Berita ke Media Online Nasional, Anti Penolakan

Cara Mengirim Artikel ke Media Nasional
Cara Mengirim Artikel ke Media Nasional

Menulis sebuah artikel yang akan dimuat oleh media nasional adalah pencapaian yang luar biasa di bidang content writing. Biasanya setiap media online mempunyai nilai dan dan standar penulisan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui cara mengirim artikel ke media nasional yang peluang penolakannya relatif kecil.

Baca juga ulasan kami tentang Cara Agar Diliput Media Nasional Supaya Bisnis Semakin Dikenal

Cara Mengirim Artikel Berita ke Media Nasional

Ada 3 cara untuk mengirim artikel ke media online nasional yang wajib Anda coba. Mari simak penjelasannya berikut ini:

1. Cold Email

Cara yang paling umum untuk mengirim artikel, yaitu dengan mengirimkan sebuah email langsung ke tim redaksi media nasional. Anda bisa mendapatkan alamat email media nasional di halaman situs media nasional. Tepatnya di halaman About us, Redaksi, atau Tentang Kami.

Saat mengirimkan email, pastikan isi dari email Anda pendek, langsung ke intinya, dan personal. Karena setiap harinya tim redaksi media nasional mendapatkan ribuan email tentang permintaan penerbitan artikel pada situs web mereka.

Maka mereka akan cenderung tidak tertarik jika isi pesan Anda terlalu panjang. Selanjutnya, Anda juga harus membuat sebuah subjek email yang unik dan menarik dari pesan email biasanya. Jangan lupa untuk melampirkan biografi Anda sebagai penulis, artikel tulisan Anda, serta aset digital lainnya!

2. Sosial Media Online

Cara mudah mengirimkan artikel ke media nasional selanjutnya adalah melalui sosial media online. Sosial media dapat Anda gunakan untuk menjangkau lebih banyak reporter secara personal. Umumnya sebagian besar reporter mencari berita lewat sosial media dengan cara mengikuti beberapa akun orang terkenal.

Jika Anda ingin membangun hubungan profesional dengan tim redaksi media nasional dan para reporter, sebaiknya manfaatkan situs LinkedIn. Caranya dengan mengirimkan permintaan pertemanan pada setiap jurnalis yang Anda temui secara online.

Jangan lupa untuk membagikan postingan bermanfaat dan memberikan ide penulisan artikel pada akun LinkedIn Anda. Agar para reporter tertarik dengan postingan Anda dan membuat citra Anda menjadi jauh lebih baik di mata mereka. Peluang artikel Anda bisa terbit juga akan semakin lebih besar.

3. Menjadi Penulis Kontributor

Cara terakhir untuk mengirim artikel ke media online nasional, yaitu dengan menjadi seorang penulis kontributor. Penulis kontributor adalah sebuah pekerjaan sukarela atau lepas untuk memberikan ide gagasan dan menulis artikel pada media nasional.

Umumnya, untuk menjadi seorang penulis kontributor, Anda harus mempunyai track record sebagai penulis. Tetapi sebagian besar media nasional ada yang tidak mewajibkan Anda untuk mempunyai pengalaman dalam bidang menulis.

Banyak media nasional yang bersedia menerima tulisan kontributor. Tetapi, meskipun sudah menjadi penulis kontributor, tulisan Anda akan tetap melewati tahap screening oleh tim redaksi media. Sehingga, Anda tetap harus membuat karya tulis yang bisa Anda pertanggung jawabkan dan juga berkualitas baik.

Berprofesi sebagai seorang penulis kontributor akan memberikan banyak manfaat untuk karir Anda. Selain mendapatkan hak terbit artikel, Anda juga akan mendapatkan bayaran menurut jumlah view artikel mereka. Selanjutnya, Anda juga harus dapat menggunakan tulisan yang  sudah terbit tersebut sebagai portfolio yang bisa menunjang karir Anda sebagai penulis.

Nah, seperti itulah 3 cara mengirim artikel ke media nasional yang berpeluang besar untuk terbit dan anti penolakan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang membangun karir sebagai seorang penulis. Casa Kreatif sebagai penyedia jasa press release bisa membantu Anda untuk menerbitkan karya tulis Anda pada halaman situs media nasional.

Kami juga mengulas artikel tentang Cara Upload Artikel di Media Online dengan Mudah

Berikut daftar media nasional populer:

kompas.com
suara.com
merdeka.com
idntimes.com
kompas.tv
kompasiana.com
kumparan.com
medcom.id
tribunnews.com
detik.com
okezone.com
viva.co.id
cnnindonesia.com
republika.co.id
tempo.co
kontan.co.id
cnbcindonesia.com
tvonenews.com
bisnis.com
fimela.com
sindonews.com
dream.co.id
inews.id
jawapos.com
antaranews.com
katadata.co.id
grid.id
popbela.com
popmama.com
kapanlagi.com
mediaindonesia.com
uzone.id
Cekaja.com
beritasatu.com
pikiran-rakyat.com

dan masih banyak lainnya.

O iya Anda mau mencoba Rilis Berita Lewat Casa Kreatif – Jasa Publikasi Artikel Berita ke Media Online Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *