Lomba  

Alih Profesi Bersama Arkademi

alih profesi bersama arkademi
alih profesi bersama arkademi

Alih Profesi Bersama Arkademi. Setiap orang tentu memerlukan sebuah profesi untuk menjalani kehidupan dengan baik. Tetapi pada kenyataannya, tidak semuanya mempunyai jalur profesi yang stabil dan mungkin saja anda sedang berada pada persimpangan jalan yang mana anda harus menentukan pilihan apakah terus melanjutkan pekerjaan sekarang atau melakukan alih profesi ke bidang yang lain.

Barangkali anda sedang mengalami kehilangan minat pada pekerjaan saat ini, dan kemudian punya ide untuk mencari bidang lain yang disukai, sehingga hal ini akan mendorong minat anda mempertimbangkan alih karir.

alih profesi bersama arkademi
alih profesi bersama arkademi

Apa itu alih profesi?

Melakukan alih profesi adalah suatu keputusan besar dalam hidup, yang mana dapat memberi dampak perubahan hasil dan juga konsekuensi yang sangat berbeda. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pegawai yang melakukan alih profesi 5 sampai 6 kali selama masa produktif.

Apa yang perlu dipahami ketika ingin melakukan alih profesi?

Kepuasan dan stabilitas untuk diri sendiri

Kondisi orang lain termasuk kekayaan dan faktor lainnya tidak banyak membantu anda untuk menemukan kebahagiaan. Oleh sebab itu, anda harus mencari hal-hal lain yang berkaitan dengan diri sendiri.

Sabar dan tekun

Ada saatnya anda harus sabar menunggu. Terburu-buru atau ketidaksabaran hanya akan mengakibatkan keputusan yang disesali. Apabila anda sedang mencari profesi baru untuk mempersiapkan masa depan, maka jangan mengorbankan progress jangka panjang hanya untuk kepuasan dalam jangka pendek semata.

Temukan keunggulan anda

Keunggulan anda adalah sesuatu yang tidak satu orangpun yang dapat melakukan seperti yang anda lakukan. Anda memiliki sebuah skill, pengalaman, pemikiran dan gagasan yang berbeda dari yang lain dan akan membentuk karakter dan kepribadian. Hal Ini akan menjadikan anda sebagai sosok yang unik dan bisa berbangga dengan dengan keunikan yang anda miliki.

Raih keberhasilan dengan cara sendiri

Seringkali kita mendefinisikan sebuah keberhasilan dengan membandingkan apa yang kita raih dengan prestasi orang lain. Apakah itu kesuksesan dengan mempunyai sebuah rumah yang besar, kendaraan mewah dan juga saldo rekening bank berjumlah ratusan juga hingga miliaran rupiah.

Namun demikian, sesungguhnya ukuran itu tidak sepenuhnya dapat mewakili arti kesuksesan bagi diri kita sendiri. Bahkan hal-hal di atas hanyalah sebagai pemacu semangat untuk mencapai kesuksesan.

alih profesi casakreatif

Tips Saat Merencanakan Alih Profesi

Tetapkan Tujuan

Apa tujuan anda saat ingin melakukan alih profesi?. Bagaimana alih profesi bisa selaras dengan tujuan yang diinginkan? Prestasi apa yang ingin anda raih dalam melakukan alih profesi?

Perlu anda ketahui bahwa mengubah profesi itu berbeda dengan berganti pekerjaan. Mungkin anda pernah berganti pekerjaan sebelumnya dan anda tahu hal itu menjadi pengalaman buruk. Mengubah profesi memerlukan lebih banyak effort dan usaha yang lebih keras. Oleh sebab itu, anda harus mempersiapkan finansial, mental dan fisik yang lebih baik.

baca juga : 6 Langkah Career Switch Lebih Mudah

Fokus

Mencari suatu pekerjaan membutuhkan perhatian yang lebih fokus, demikian juga dengan mengubah profesi. Jangan terburu-buru keluar jalur dan mencoba mengejar setiap peluang yang terlihat. Hal itu bukan cara yang benar dan hanya akan menghabiskan energi dan waktu anda saja. Oleh karena itu, melakukan pencarian dengan target tertentu akan menghasilkan yang terbaik.

Ketekunan

Mengubah profesi bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan. Di dalam perjalanannya bahkan seringkali anda temui banyak penolakan atau kekecewaan. Melakukan perubahan profesi juga seringkali melibatkan banyak hal untuk menuju kepada tujuan akhir. Anda harus senantiasa melangkah maju dan sepanjang anda membuat suatu kemajuan, maka pada suatu saat nanti tentu akan meraih sukses.

Manfaatkan Jaringan Pertemanan

Relasi anda adalah sebagai sumber informasi yang sangat berharga, luas dan beraneka ragam dalam berbagai cakupan masalah. Mungkin anda tidak punya teman yang bekerja pada industri yang anda inginkan, namun demikian kemungkinan lain adalah anda bisa terhubung melalui jaringan pertemanan mereka.  Bisa jadi anda akan menemukan seseorang yang baru bekerja di bidang tersebut atau bisa juga yang memiliki saudara di bidang itu.

Maksudnya, ketika anda ingin berganti profesi, maka yang anda perlukan adalah menemukan jaringan yang lebih luas dari sekadar berganti pekerjaan.

Perluas koneksi kolega

Untuk memperoleh gambaran tentang profesi baru, anda bisa juga bertanya kepada orang yang telah memiliki keahlian. Sebagai contohnya jika anda ingin ber alih profesi menjadi Public Relation (PR), maka sebaiknya bergabung dengan komunitas PR profesional. Dengan demikain anda akan menemukan banyak peluang.

Skill dari profesi lama

Jika dimungkinkan, anda lebih baik fokus pada skill yang diperoleh dari profesi lama yang dapat digunakan pada profesi baru nantinya. Misalnya jika anda sudah lama berpengalaman di bidang manajemen ritel dan kemudian anda ingin membuat perusahaan baru. Anda tentu sudah mempunyai berbagai keterampilan sesuai yang diperlukan, antara lain manajemen staffing, budgeting, planning, pengendalian keuangan dan strategi pelayanan kepada pelanggan. Gunakan hal ini untuk mendukung anda saat melakukan alih profesi.

baca juga : Kumparan Career ; Peluang Kerja

Perencanaan yang baik

Perubahan profesi yang sukses seringkali memerlukan waktu hingga berbulan-bulan setelah memiliki strategi baru. Tanpa adanya strategi, maka anda bisa semakin lama untuk beralih pada profesi baru. Jika anda memiliki suatu rencana yang sistematis antara lain termasuk perencanaan strategi, finansial, R & D, pendidikan dan juga pelatihan, hal ini tentu akan sangat menunjang keberhasilan. Tanpa memiliki perencanaan yang baik, anda mungkin akan banyak menemui kesulitan untuk memperoleh profesi terbaik.

Jangan membatasi diri pada pekerjaan tertentu dan hanya berkeliling mencari pekerjaan di sekitar pekerjaan tersebut. Perluas pencarian dan kembangkan potensi diri sampai anda menemukan profesi baru. Bisa juga dengan mengikuti kursus online alih profesi bersama Arkademi.

CasaKreatif Alih Profesi

Alih Profesi Bersama Arkademi, Kursus Project Management

Salah satu kursus yang diselenggarakan oleh Arkademi adalah Project Management dengan Metode Agile & Scrum. Kursus ini sebagai pengetahuan dasar yang perlu dipelajari, terutama untuk calon Project Manager. Cocok untuk anda yang sedang punya rencana ganti profesi bersama Arkademi.

Mengapa demikian? Sebab keberadaan seorang Project Manager sangatlah penting dalam sebuah perusahaan. Project Manager harus bisa bertanggung jawab pada proses kerja dan mampu memastikan bahwa proyek yang sedang ditanganinya berlangsung dengan baik dan lancar.

Di sisi lain, Project Manager juga mempunyai tugas untuk merencanakan, mengatur pelaksanaan proyek sesuai dengan time schedule yang telah ditentukan, termasuk pembuatan anggaran dan pengendalian biaya.

Pada akhir masa proyek, profesi Project Manager melaksanakan tugas untuk mengevaluasi permasalahan sebagai sarana meningkatkan kualitas proyek selanjutnya.

Di dalam kursus online Arkademi ini, anda dapat belajar tentang pengetahuan dasar Project Management, juga mempelajari Project Management Tools, termasuk Project Planning. Selain itu juga pemahaman tentang Learning and Career Path.

Diharapkan nantinya setelah selesai mengikuti kursus ini, peserta kursus memperoleh pembekalan sebagai seorang Project Manager, Lesson Learned dan dapat memenuhi kompetensi di bidang Project Managament.

Tujuan Kursus

Peserta kursus memiliki kemampuan dalam membuat skema pelaksanaan suatu proyek dengan memanfaatkan beraneka tools melalui tahap ujian praktik yang dilaksanakan setelah sesi penyampaian materi.

Sesi Konsultasi

Para peserta juga diberi kesempatan berkonsultasi dengan pembimbing (mentor) terutama menyangkut pemahaman terhadap hal-hal penting dalam teknis project management.

Kemampuan yang diharapkan

Hardskill : Agile, Scrum, Metodologi Project Manager, Manajemen Anggaran, Project Planning

Softskill :  Schedulling, Problem Solving, Communication, Teamwork communication, Budgeting

Metodologi Pengajaran

1. Metode lecturing, demonstration dan skill practice di akhir masa kursus.
2. Video pembelajaran dengan durasi maksimal 10 menit per video.
3. Slide yang berisi materi dalam format PDF.

Evaluasi

a. Quiz pada setiap modul, nilai minimal 80%
b. Test Akhir dengan nilai minimal 60%
c. Tugas Praktikum harus memenuhi standar kelulusan

Sasaran peserta Kursus Arkademi 

Memiliki bekal dalam menjalani profesi di bidang Managemen Proyek, memahami  Pengetahuan Dasar Project Management, mampu menggunakan Tools; Project Managers dan Project Planning

Peluang untuk Profesi

Project Manager
– Associate Project Manager
– Confidental Project Manager
– Project Leader

Demikianlah artikel terkait Alih Profesi Bersama Arkademi, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *