Ini Dia Tips Promosi Low Budget Bagi UKM

Eko June - Ini Dia Tips Promosi Low Budget Bagi UKM
Eko June - Ini Dia Tips Promosi Low Budget Bagi UKM

Beberapa pengusaha kuliner sudah begitu senang ketika akun merchantnya yang didaftarkan ke aplikasi delivery online seperti Go Food, Grab Food atau Shopee Food, sudah aktif.

Tapi tidak berapa lama mereka mengeluh. Kok sepi ya. Kenapa cuma sedikit yang order. Bingung, disiapkan banyak eh yang order sedikit, tapi disiapkan sedikit eh malah lumayan odernya. Malah jadi loss sales karena tidak bisa dipenuhi.

Belum stabil. Namanya juga baru merintis.

Selain faktor keunikan produk, target pasar disekitarnya, harga, kemasan dsb maka adaa satu hal yang kerap dilupakan, yaitu promosi. Karena fasilitas promosi ini juga sudah disediakan oleh si aplikator.

Promosi adalah Bagian Penting dalam Usaha

Manfaat Google My Business Untuk Promosi Usaha
Manfaat Google My Business Untuk Promosi Usaha (viral marketing)

 

Sudah sama-sama kita ketahui bahwa promosi adalah bagian penting, jika tidak mau dikatakan yang paling penting, dalam sebuah usaha. Begitu pentingnya baik bagi perusahaan besar maupun kelas UKM.

Bahkan perusahaan besar itu menyisihkan sebagian labanya untuk promosi. Budget marketing istilahnya. Biasanya nilainya dalam bentuk prosentase laba, contoh 5% untuk pemasaran. Bisa kurang atau lebih.

Dulu, pemasaran atau promosi itu terhitung mahal atau high budget. Karena sarananya masih sedikit, dan konvensional. Yaitu media elektronik seperti radio dan televisi, lalu media cetak seperti koran atau majalah.

Untuk satu kali jeda iklan di televisi yang hanya 30 detik itu, kita harus merogoh kocek marketing senilai puluhan juta. Itupun di slot daytime atau jam tayang reguler. Sedangkan di prime time atau jam ketika lebih banyak orang yang menonton maka angkanya menjadi hampir 100 juta.

Di radio pun demikian, tergantung jenis iklan nya apakah adslips, talkshow, sponsor blocking time, itu mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Yang paling cepat durasinya hanya 15 detik saja. Baik TV atau radio, biayanya tergantung rating dan oplah. Semakin baik semakin mahal.

Apakah hanya perusahaan besar yang mampu berpromosi?. Bagaimana dengan UKM?. Tentu karena masih skala mikro dan mini maka yang dicari adalah jenis promosi yang low budget. Seminim mungkin. Sarananya pun sudah banyak sekali pilihannya.

Salah satu nya adalah lewat digital marketing atau pemasaran digital, via online. Banyak sekali media yang bisa digunakan, entah itu toko online, website, blog, marketplace atau
media sosial.

Dan hampir semua media pemasaran online tersebut memiliki jalur promosi berbayar.

Contoh Facebook dengan FB Ads, Instagram dengan FB Ada, TikTok dengan TikTok Ads, website dan blog melalui Google Ads. Sedangkan marketplace seperti Tokopedia dan Shopee punya ads sendiri didalamnya.

Jika kita hanya mengandalkan posting produk dan deskripsi tanpa mau mengambil fasilitas promosi, toko kita sulit dikenal. Karena tentunya toko yang berpromosi akan lebih diprioritaskan, seperti tampil paling atas umpamanya.

Kita bisa gunakan sarana diatas tadi sebagai low budget marketing. Sama halnya jika kita kembali ke delivery online seperti Gojek, Grab Food, Shopee Food dan lainnya. Daftarnyapun gratis tanpa biaya apapun.

Tapi jika kita mengambil fasilitas promosi yang berbayar maka akan banyak sekali manfaat
yang didapat, diantaranya :

1. Masuk Kategori Promosi

Hal ini otomatis terjadi begitu kita berpromosi. Kita semua paham bahwa harga untuk sebagian calon pembeli kita adalah hal yang penting. Maka dengan adanya kategori ini mereka akan mengklik dan mencari tahu, resto atau menu apa saja yang sedang melakukan
promo atau diskon.

2. Posisi Paling Atas

Dengan ikut promo maka resto kita posisinya akan berada paling atas pada saat aplikasi pertama kali dibuka atau ketika calon pembeli mencari lewat kata kunci yang mereka masukkan di bagian pencaharian (search).

Mirip dengan Google Ads, dimana website atau blog kita akan berada di paling atas browsere Ktika ada yang sedang mencari berdasarkan kata kunci yang dibutuhkan. Maka orange Cnderung hanya akan scrolling di halaman pertama saja, istilahnya page one. Sangat jarang yang meng-klik halaman atau layar berikutnya.

3. Menjangkau Lebih Luas

Yang sedikit diketahui umum adalah bahwa delivery online itu memiliki batas jarak jangkauan. Umpama hanya radius 5 km dari lokasi resto kita. Dengan kita berpromosi maka jarak kita akan bertambah lebih jauh, katakan 20 km. Sehingga akan ada penambahan trafik
yang signifikan.

4. Masuk Kategori Favorit

da satu lagi kategori dalam aplikasi delivery online yaitu favorit atau best seller. Artinya resto atau menu yang berdasarkan hasil data adalah yang paling laris atau laku.

Hal ini sebagai akibat tak langsung dari efek promosi yang meningkatkan penjualan sehingga produk dan resto kita dianggap sebagai best seller. Dengan masuk ke kategori ini tentunya bertambah lagi kemungkinan calon pembeli meng-klik resto atau produk kita.

5. Fleksibilitas Promosi

Manfaat lain yang didapat jika kita berpromosi adalah bisa di-setting untuk di jam berapa, paket berapa persen dsb. Tujuannya untuk meramaikan traffic di jam yang cenderung sepi. Atau bisa juga menaikkan sales untuk menu yang masih jarang dilirik calon pembeli.
Itulah Manfaat yang didapat jika Berpromosi

Adapun terkait biaya, masih jauh lebih murah dibandingkan melakukannya lewat mediakonvensional seperti telah disebut diatas. Dengan nilai yang sama atau bahkan lebih sedikitkita bisa mendapatkan beberapa keuntungan.

Selain biaya yang lebih murah atau low budget, berpromosi secara online juga lebih efektif karena sesuai dengan target pasar yang dituju terutama untuk usaha yang bersifat lokal. Jadi tepat sasaran.

Oleh karenanya para pelaku usaha UKM, gunakanlah fasilitas promosi yang telah
disediakan. Kesan mahal di awal karena adanya budget yang harus disisihkan, akan terbayar berkali lipat. Tentunya tetap perlu diperhatikan faktor lain seperti kualitas rasa, pelayanan, kemasan dsb.

Salam

Eko June
CopywriterFoodpreneur

Baca Juga :

Ingin mengirimkan artikel opini ke media massa online? kami Casa Kreatif membuka kesempatan bagi para ahli, praktisi dan akademisi untuk menulis di media online Casa Kreatif. Silahkan email artikel opini anda ke kerjasama@casakreatif.com atau langsung hubungi admin.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *