Perbedaan SEO dan SEM untuk Kebutuhan Bisnis Anda

Mungkin ada beberapa diantara Anda yang sudah mengenal apa itu SEO. Namun bagaimana dengan SEM? Apakah SEM ini sama dengan SEO? Meskipun keduanya merupakan salah satu upaya untuk menempatkan website di peringkat nomor satu Google, namun keduanya jelas berbeda.

Maka dari itu, agar Anda tidak keliru, yuk kenali keduanya dengan memahami perbedaan SEO dan SEM dalam penjelasan berikut ini!

Mengenal Perbedaan SEO dan SEM

Secara umum, teknik SEO sebenarnya merupakan salah satu bagian dari Search Engine Marketing (SEM). Karena sebagaimana diketahui, bahwa SEM ini memiliki beberapa teknik, yang salah satunya yaitu SEO.

Bagi Anda yang masih kesulitan dalam mengenal SEO dan SEM, berikut ini adalah cara mudah bagi Anda untuk membedakannya. Diantaranya:

perbedaan seo dan sem

1. Cara Kerjanya

Search Engine Optimization (SEO) bekerja dalam mengoptimasi website agar bisa menempati peringkat pertama mesin pencarian Google dengan mengandalkan keywords. Baik itu yang dilakukan pada setiap konten, maupun sistem yang ada pada website.

Sementara SEM melakukannya secara menyeluruh. Dalam arti, SEM mengoptimalkan website dengan memaksimalkan kinerja dari SEO. Sekaligus menggunakan teknik-teknik pemasaran yang lainnya.

Diantaranya dengan mendaftarkan website pada layanan Pay Per Click (PPC) hingga melengkapi website dengan iklan, yang diambil dari layanan Google Adsense, dan semacamnya. Bisa dibilang, SEM merupakan salah satu upaya marketing yang dilakukan secara digital.

2. Manfaat

SEO memiliki manfaat untuk mendatangkan trafik/pengunjung pada website, mendapatkan konsumen, sehingga bisa meningkatkan brand awareness. Sementara Search Engine Marketing (SEM) memiliki manfaat yaitu bisa mendatangkan banyak konsumen baru, memudahkan pengontrolan dalam melakukan promosi, serta pencapaian target yang lebih mudah dan cepat.

3. Biaya

Sebenarnya dalam melakukan pengoptimalan website dengan pendekatan SEO, Anda tak perlu harus membayar, alias gratis. Sementara untuk SEM, karena memang teknik ini merupakan salah satu teknik marketing yang lebih menyeluruh, maka tentu saja, ada harga khusus yang harus Anda bayarkan dalam menggunakannya.

Maka dari itu, sebelum Anda mulai menggunakan SEM, ada baiknya Anda memahami beda SEO dan SEM secara menyeluruh. Agar Anda tidak merasa kaget bilamana layanan SEM yang akan Anda gunakan, memasang tarif yang harus Anda bayarkan nantinya.

Meskipun demikian, SEM bisa dikatakan sebagai solusi tepat bagi pemilik website bisnis. Karena dengan SEM, website Anda secara tidak langsung, bisa melakukan promosi dari segala sisi. Bukan itu saja, website dengan SEM ini pun, akan lebih mudah dalam mendatangkan penghasilan. Jika dibandingkan bilamana Anda hanya mengandalkan SEO.

Lalu dimana bisa menggunakan jasa yang bisa membantu Anda dalam melakukan optimasi website dengan teknik SEM? Anda tak perlu khawatir, karena Anda bisa menghubungi Casa Kreatif. Jasa inilah yang nantinya akan membantu Anda dalam mengoptimasi website Anda, hingga website yang Anda miliki tersebut bisa digunakan untuk promosi.

Bahkan bisa mendatangkan sejumlah penghasilan bagi Anda. Sangat menyenangkan, bukan?

Maka dari itu, selain memahami beda SEO dan SEM, ada baiknya Anda juga menghubungi Casa Kreatif, untuk informasi lebih lanjut mengenai pengoptimalan website dengan kedua teknik ini. Bukan itu saja, Anda juga bisa memakai jasa ini untuk layanan website lainnya. Seperti layanan backlink, KOL management, dan layanan lainnya. Tentunya dengan harga yang bersahabat.

Tinggalkan komentar