Ternyata, Ini Pengertian Media Massa serta Jenis Karakteristiknya

Casa Kreatif – Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing dengan sebutan ‘media massa’. Pengertian media massa serta jenis  karakteristiknya ini digunakan untuk menggambarkan sebuah media, yang digunakan sebagai sarana komunikasi, untuk menyampaikan pesan-pesan bagi masyarakat dengan menggunakan alat-alat komunikasi. Seperti radio, TV, handphone, dan lain-lain.

Media massa ini sangat bermanfaat di zaman modern ini, karena orang akan mengetahui informasi dengan lebih cepat dengan media massa ini. Tetapi, mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui, pengertian dari media massa dan jenis karakteristiknya. Jika Anda ingin tahu lebih jauh mengenai hal itu, Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Inilah Pengertian Media Massa serta Jenis Karakteristiknya!

Dari penjelasan diatas, mungkin Anda sudah memiliki gambaran mengenai media massa ini. Namun agar lebih menambah pengetahuan, berikut ini pengertian media massa, serta jenis karakteristiknya, yang perlu Anda ketahui. Diantaranya :

1.Pengertian Media Massa

Disini akan dijelaskan mengenai pengertian media massa serta jenis karakteristiknya . Nah, yang pertama akan dibahas yaitu pengertian media massa. Media itu sendiri merupakan sebuah sarana atau alat. Sehingga, media massa merupakan sebuah sarana atau alat yang digunakan di dalam komunikasi massa, yaitu sebuah komunikasi yang ditujukkan untuk banyak orang.

Media massa ini digunakan untuk menyampaikan pesan atau berita yang ingin disebarluaskan kepada masyarakat. Media massa ini akan memberikan sebuah informasi, perihal perubahan, proses, maupun hasil yang dicapai. Alat-alat yang digunakan dalam media massa ini, seperti radio, TV, handphone, dan lain-lain.

2. Jenis-jenis Media Massa

Media massa dibagi menjadi beberapa jenis. Jika menurut bentuknya, jenis media massa dibagi menjadi tiga, yaitu :

1.Media Massa Elektronik

Jenis media massa ini digunakan untuk menyebarluaskan pesan atau berita, yang dilakukan dengan menggunakan audio atau visual. Serta dengan menggunakan peralatan elektronik. Seperti radio, televisi, film, dan lain-lain.

2. Media Massa Cetak

Jenis media massa ini menyampaikan pesan atau berita kepada masyarakat, yang dilakukan dengan cara  dicetak dalam bentuk lembaran kertas. Bisa berupa koran atau surat kabar, tabloid, majalah, buku, newsletter, maupun buletin.

3. Media Massa Online

Jenis media massa online biasanya digunakan untuk menyebarluaskan pesan atau berita denganmenggunakan internet. Dengan kata lain, bisa diakses secara online, dengan mengunjungi website yang disediakan.

3. Karakteristik Media Massa

Media massa memiliki pengertian media massa serta jenis karakteristiknya sendiri. Di bawah ini akan dijelaskan karakteristik-karakteristik dari media massa. Diantaranya :

1.Publisitas

Karakteristik media massa yang bersifat publisitas ini menunjukkan bahwa media massa digunakan untuk disebarluaskan kepada masyarakat. Serta dapat diakses atau dikonsumsi oleh banyak orang (publik).

2. Kontinuitas

Hal ini berarti, bahwa media massa tersebut diterbitkan secara terus menerus atau berkesinambungan. Sesuai dengan periode atau jadwal terbitnya, seperti terbit harian, mingguan, atau bulanan.

3. Periodisitas

Media massa harus dipublikasikan secara konsisten atau berkala. Seperti jika terbit secara harian atau mingguan, atau siaran sekian jam per hari, dan lain-lain. Surat kabar biasanya terbit harian, tabloid terbit mingguan, dan majalah terbit bulanan.

4. Aktualitas

Media massa biasanya akan menyebarluaskan berita atau informasi yang terbaru (terupdate), ataupun tips-tips baru dan lain yang lainnya, yang relevan sesuai zamannya. Aktualitas ini juga menunjukkan kecepatan penyampaian informasi kepada publik.

5. Universalitas

Di dalam media massa, pesan atau berita yang disampaikan harus bersifat umum. Terutama mengenai seluruh aspek kehidupan dan seluruh momen yang terjadi di berbagai tempat dan waktu. Pesan atau berita tersebut juga harus menyangkut kepentingan umum. Karena sasaran dari media massa adalah masyarakat umum.

Diatas telah dijelaskan secara lengkap tentang pengertian media massa dan jenis karakteristiknya. Dengan menyimak penjelasan diatas, kiranya  Anda kini bisa  mengetahui apa itu media massa, apa saja jenis dan karakteristiknya. Diharapkan, hal ini  bisa bermanfaat bagi Anda sebagai tambahan ilmu. Terimakasih!

Tinggalkan komentar

Name - City
Membeli Product Time