SEO  

Memahami Beda SEO dan SEM? Ini 5 Perbedaanya!

Memahami Beda SEO dan SEM
Memahami Beda SEO dan SEM

Semakin canggihnya dunia digital, membuat kesempatan berbisnis semakin menguntungkan. SEO dan SEM merupakan salah satu cara  yang cukup efektif dalam meningkatkan audiens dalam bisnis.  Namun, tentu saja keduanya memiliki perbedaan walau tidak terlalu signifikan. Untuk keberhasilan bisnis Anda terlebih dalam bidang marketing Anda perlu memahami kedua jenis optimasi ini untuk keberhasilan usaha Anda.

Sebelum memahami perbedaannya, baiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu SEO dan SEM. Mari disimak penjelasannya.

Penjelasan SEO dan SEM

SEO atau Search Engine Optimization merupakan proses pengoptimalan website sehingga website tersebut bisa berada pada peringkat pertama di mesin pencarian—search engine. Mulai dari isi konten bahkan sistem yang ada pada website dapat berada di tampilan pertama pada mesin pencarian seperti Google.

Maka dengan ini para audiens website akan semakin meningkat dan website Anda memiliki traffic yang bagus.

Sedangkan SEM atau Search Engine Marketing merupakan salah satu bentuk pemasaran yang dilakukan dengan via jaringan internet. Seperti namanya, SEM biasa digunakan untuk melakukan promosi suatu produk atau jasa. Sehingga dengan SEM ini kegiatan promosi ditingkatan dengan visibilitas website pada halaman mesin pencarian atau penulusuran.

baca juga : Jasa SEO Website

Bagaimana Beda SEO dan SEM?

Perbedaan tersebut terdiri dari 5 aspek yang di antaranya ialah:

1.    Tujuan

Beda SEO dan SEM bisa terlihat pada tujuannya. Biasanya SEM memiliki tujuan audien yang terukur seperti siapa dan apa. Sedangkan SEO tidak memiliki tolokukur tujuan atau target audiennya.

Baca juga ;  Apa itu Search Intent: Meningkatkan Jumlah Pengunjung, Peringkat, dan Traffic

2.    Kecepatan dan jangka Waktu

Meskipun kita tidak akan bisa mendapatkan hasilnya secara langsung, namun dibandingkan dengan SEO, SEM lebih cepat terlihat hasillnya. Selain itu, SEM bisa Anda matikan jika sudah mendapatkan target audiensnya.

Akan tetapi, SEO memiliki dampak optimasi yang lebih panjang dibandingkan dengan SEM. SEM hanya bisa bertahan hingga waktu yang ditentukan.

3.    Biaya

Perbedaan yang ketiga yakni soal biaya atau anggaran. SEM merupakan iklan yang berbayar tentu Anda perlu mengeluarkan biaya yang tak sedikit sesuai dengan jangka waktu yang diinginkan. Berbeda dengan SEO, Anda bisa menggunakan SEO tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

4.    Tampilan

Selanjutnya perbedaan seo dan SEM yang dapat  Anda lihat yakni pada tampilan yang ada. SEM memiliki tampilan dengan label ‘Ad’ label tersebut tidak bisa ditemukan oleh semua user sebab tampilan tersebut hanya diperlihatkan pada targetnya saja.

Sedangkan SEO bisa dilihat oleh semua user yang melakukan pencarian sesuai dengan kata kuncinya atau istilahnya keyword.

5.    Potensi CTR

CTR atau Click Through Rate pada SEO memiliki potensi yang cukup besar dibandingkan dengan menggunakan potensi yang dimiliki oleh SEM.

Nah itulah perbedaan yang ada pada SEO dan SEM. Sekilas dapat kita lihat bahwasannya keduanya memang memiliki perbedaan yang khusus.

Singkatnya, SEO merupakan cara dalam meningkatkan jumlah para audiens yang berkunjung ke website dengan membuat posisi website tersebut berada di posisi peringkat pertama.

Sementara itu SEM ialah pemasaran yang dilakukan pada mesin pencari visibilitas web melalui hasil non-organik maupun organik.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai memahami beda SEO dan SEM. Apakah kini Anda sudah memahaminya? Dengan memahami perbedaan ini Anda bisa memilih kedua hal tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga ;  Apa Hubungan SEO untuk Meningkatkan Pendapatan Bisnis?

Jika Anda membutuhkan jasa digital untuk bisnis Anda bisa menghubungi Casakreatif.com. ada banyak jasa yang ditawarkan oleh Casakreatif.com. Kunjungi situs resminya untuk melihat penawaran spesialnya, ya!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *