Lomba  

Inovasi Vio, Mengobati Mata Juling Pada Anak

mata juling pada anak

Mata juling pada anak – Strabismus cukup umum terjadi pada anak kecil ketika kedua mata tidak melihat pada titik yang sama, jika ditangani sejak dini, strabismus dapat membaik secara signifikan. Pengenalan dini terhadap tanda-tanda strabismus membantu mengobati penyakit ini sejak dini, membawa efisiensi tinggi dan memastikan penglihatan tidak terpengaruh.

Strabismus mempengaruhi penglihatan dan estetika

Jadi ada situasi di mana meskipun Anda mencoba untuk fokus pada satu titik, mata Anda sebenarnya melihat ke dua arah yang berbeda. Strabismus dapat terjadi pada anak kecil karena bawaan atau efek penyakit mata, komplikasi mata saat lahir tetapi berkembang perlahan menjadi penyakit.

Adapun strabismus pada orang dewasa, sebagian besar disebabkan oleh komplikasi medis seperti stroke, diabetes, cedera mata, dll.

mata juling pada anak

Tanda mata juling yang paling dikenal

Tanda-tanda pada orang dengan mata juling dapat dikenali melalui penglihatannya, perlu diperhatikan untuk mendeteksinya, terutama pada anak kecil. Gejala strabismus yang paling khas adalah ketika melihat suatu objek, kedua mata tidak fokus seperti biasanya, melainkan melihat ke dua arah yang berbeda. Hal ini menyulitkan orang dengan mata juling untuk melihat objek tertentu, mereka harus memiringkan kepala agar kedua mata dapat melihat dengan tepat posisi dan bentuk objek tersebut.

Tatap langsung ke mata anak untuk melihat tanda-tanda strabismus

Selain itu, penderita strabismus dapat mengalami penglihatan ganda, artinya mata tidak fokus, sehingga dua gambar tidak cocok. Ketika otak menerima sinyal yang berbeda dari kedua mata secara bersamaan, hal itu akan membuat pasien melihat sebagai dua lapisan paralel dari gambar yang berbeda.

baca juga : Tips Perawatan Mata yang Baik dan Benar

Untuk sekedar mengecek kondisi mata juling, caranya dengan orang yang akan dites adalah sebagai berikut:

Mintalah orang yang akan diperiksa untuk duduk di hadapan Anda, menatap lurus ke mata Anda. Amati aktivitas matanya saat melihat, jika matanya asimetris atau tidak bisa berusaha simetris meski berusaha fokus, besar kemungkinan matanya juling.

Dengan anak kecil, cukup sulit untuk membuat mereka duduk diam, menatap langsung ke arah Anda, jadi Anda bisa mengamati dengan memberi mereka mainan yang mereka sukai. Saat bayi fokus pada mainan, jika matanya terpisah, anak berisiko tinggi mengalami juling.

Banyak orang yang mengalami mata juling namun tidak menyadari penyakitnya karena selalu memiliki kebiasaan melihat ke samping kepala, hal ini membantu mengurangi penglihatan ganda karena kedua mata tidak identik. Ada juga kasus strabismus ringan, strabismus jarang atau strabismus tersembunyi yang lebih sulit dideteksi. Jika ragu, pasien harus pergi langsung ke fasilitas medis untuk pemeriksaan, dengan metode diagnosis yang benar, Anda akan tahu jika Anda memiliki masalah mata juling yang sebenarnya.

Perawatan dini membantu anak-anak dengan strabismus pulih lebih baik

mata juling pada anak

Diagnosis dan pengobatan strabismus

Diagnosis

Kebanyakan dokter dapat mendiagnosis strabismus melalui pemeriksaan fisik dengan bantuan kacamata medis dalam menemukan perbedaan antara kedua mata tersebut. Selain itu, saraf dan retina mata juga diperiksa untuk memastikan penyebab hilangnya penglihatan, kesulitan melihat akibat masalah pada dua bagian tersebut.

Mata juling pada anak dapat terjadi secara tiba-tiba, sehingga perlu untuk membawa anak Anda ke dokter setiap 6 bulan sekali atau pemeriksaan mandiri untuk mendeteksi dini penyakit tersebut. Ketika penyakit terdeteksi, perlu dilakukan pengobatan dini agar lebih efektif dan memiliki tingkat keberhasilan yang lebih besar. Statistik ilmiah menunjukkan bahwa jika strabismus terdeteksi dini pada anak di bawah usia 3 tahun, pengobatan agresif meningkatkan tingkat keberhasilan hingga 92%.

Sedangkan untuk strabismus dewasa, seringkali merupakan penyakit progresif, sehingga lebih sulit diobati. Tidak boleh subyektif karena juling jika terlambat dideteksi dan ditangani, kebiasaan sulit diubah mempengaruhi kemampuan melihat serta estetika.

baca juga : Press Release Vio Optical Clinic di Radio Dakta

Perlakuan

Tergantung pada kondisi dan usia, dokter akan meresepkan pengobatan yang sesuai untuk strabismus. Tujuan dari perawatan ini adalah untuk memperbaiki penglihatan pada mata strabismus sama seperti mata yang sehat.

Kenakan kacamata atau penutup mata

Kacamata atau pelindung mata khusus digunakan untuk mata yang lebih kuat, juga menciptakan kebiasaan tubuh untuk menggunakan dan menerima gambar dari mata yang lebih lemah.

Berlatihlah melihat pada mata yang lemah untuk membantu memulihkan mata juling

Latihan mata juling

Beberapa latihan sederhana dapat membantu pasien fokus pada satu arah dengan kedua mata, namun perlu bersabar dan dilakukan sejak dini.

Operasi otot mata

Pada banyak kasus strabismus yang parah, sisi strabismus terlalu lemah untuk diperkuat dan diperbaiki dengan sendirinya, pembedahan akan dipertimbangkan untuk pengobatan. Dokter akan mengintervensi area otot mata untuk menyeimbangkan pandangan mata juling. Namun, setelah operasi ini, mata yang lemah tidak dapat memulihkan penglihatannya, mungkin masih perlu latihan, menggunakan penutup mata untuk latihan mata yang lebih lemah ini.

Semakin dini operasi otot mata, semakin tinggi kemungkinan keberhasilannya, terutama strabismus dini pada anak-anak.

Kebiasaan yang membantu mengurangi perkembangan strabismus

Selain pengobatan, pasien dengan strabismus harus menerapkan kebiasaan hidup yang baik dan kebiasaan penglihatan yang baik untuk membatasi perkembangan penyakit serta mencegah kekambuhan. Secara khusus, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diingat:

  • Gunakan kacamata atau penutup mata sesering mungkin saat Anda punya waktu untuk melatih mata.
  • Jadwalkan kunjungan tindak lanjut rutin untuk memeriksa kondisi Anda dan mempertimbangkan perawatan yang tepat. Manfaatkan Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik
  • Beri tahu dokter Anda jika perbaikan diri tidak efektif dalam mengobati strabismus atau kondisi kesehatan mata lainnya.
  • Tidak boleh subjektif jika ada tanda-tanda strabismus, semakin cepat terdeteksi dan diobati, semakin tinggi kemungkinan sembuhnya.

And memerlukan layanan kesehatan mata? Lekas kunjungi Vio Optical Clinic. Kami membagikan layanan pengecekan kesehatan mata secara merata dengan perlengkapan kedokteran mutahir yang lengkap. Vio Optical Clinic mempunyai staf handal yang siap buat membagikan pelayanan terbaik buat kamu. Percayakan kesehatan mata kamu bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Serta jangan kurang ingat kunjungi pula channel kami VIO OPTICAL Clinic buat memandang lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata.

baca juga : Obat Mata Herbal

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *