Ini Cara Upload Artikel di Kompasiana Untuk Anda!

Ini Cara Upload Artikel di Kompasiana Untuk Anda!

Informasi tentang cara upload artikel di Kompasiana akan sangat dibutuhkan ketika Anda tertarik menulis artikel di situs Kompasiana tersebut. Langkah-langkah yang dilakukan untuk upload artikel tidak terlalu sulit, asalkan sudah Anda pahami dengan baik caranya.

Lebih lanjut cara upload artikel di Kompasiana, yuk simak selengkapnya penjelasan pada artikel berikut ini!

Ini Cara Upload Artikel di Kompasiana Untuk Anda!

Ini cara upload artikel di Kompasiana untuk Anda untuk Anda, tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Mari pahami bersama penjelasan artikel berikut ini!

Sekilas Tentang Artikel

Artikel merupakan sebuah karangan yang mengandung fakta maupun opini. Biasanya artikel ditulis atau dibuat untuk dipublikasikan ke media, baik media cetak maupun media sosial. Penulisan artikel bertujuan untuk menghibur, mendidik, dan meyakinkan pembaca.

Atau jika Anda bingung untuk membuat tulisan menarik, Kami juga mengulas Tips Membuat Artikel yang Baik untuk Pemula! khusus untuk Anda

Ketika menulis artikel, Anda perlu memperhatikan strukturnya yang secara umum terdiri dari pembuka, isi dan penutup. Adapun beberapa jenis artikel yang sering Anda temui, diantaranya ada artikel ilmiah yang berisikan tentang hasil kajian ilmiah atau penelitian. Artikel opini yang sering ditemui pada rubrik khusus dalam koran atau majalah.

Artikel ringan yang berisi pembahasan tentang sesuatu atau hal yang ringan, dan artikel praktis yang membahas tentang bagaimana melakukan cara atau melakukan sesuatu.

Cara Upload Artikel di Kompasiana untuk Anda

Setelah memahami penjelasan sekilas tentang artikel, berikut cara mengunggah (upload) cukup mudah, yang terpenting Anda telah memiliki akun Kompasiana. Jika belum, maka perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui situs Kompasiana.com. Anda dapat langsung mengetikkan Kompasiana atau Kompasiana.com pada kolom pencarian di pc/laptop atau ponsel.

Setelah mengisi kolom informasi yang dibutuhkan, Anda akan disajikan dengan tampilan laman terkait Syarat dan Ketentuan yang berlaku. Setelah memberikan tanda centang pada kolom yang tersedia, Anda perlu menunggu lagi e-mail dari Kompas agar dapat melanjutkan melakukan pengisian biodata.

Usai melakukan pendaftaran akun dan Anda ingin segera mengunggah artikel. Silakan untuk log in kembali pada situs Kompasiana, lalu klik menu profil Anda. Di sana tersedia beberapa opsi, salah satunya Tulis Artikel, klik menu tersebut. Berikutnya, Anda akan diarahkan pada laman yang digunakan sebagai tempat menulis artikel.

Terdapat beberapa opsi yang tersedia, yakni Panduan Pembuatan Konten, Tulis Artikel, Simpan, Preview, dan Tayang. Apabila Anda masih mengalami kebingungan atau belum mengetahui informasi aturan pembuatan konten atau tulisan, klik opsi Panduan Pembuatan Konten.

Pada menu Panduan Pembuatan Konten sendiri terdapat sub menu penjelasan yang Anda butuhkan, yaitu Panduan Pembuatan Konten, Topik Pilihan, Ketentuan Penayangan, dan Optimasi Konten. Dengan mengklik salah satu, Anda akan diarahkan kepada penjelasan informasi lebih lanjut.

Sebelum lanjut membaca, Kami juga membuat ulasan terkait yang cocok untuk Anda yang ingin mengupload artikel di media – media terkini seperti Cara Upload Berita Di Tribun News

Berikutnya ada menu kolom Tulis Artikel, berisi Kategori, Judul, tempat menuliskan isi, Teaser, dan Tag. Setelah selesai membaca Panduan Pembuatan Konten, berlanjut pada penulisan artikel, Anda perlu mengisi terlebih dahulu kolom Kategori. Pilih kategori yang sesuai dengan artikel milik Anda, Olahraga dan lain-lain. Memilih kategori juga dapat dilakukan secara spesifik pada sub kategori.

Berlanjut masukkan judul artikel Anda, dan mulai menuliskan artikel. Ketika Anda sebelumnya sudah membuat artikel, maka cukup melakukan salin-tempel (copy paste). Anda juga dapat menambahkan gambar yang relevan dengan artikel yang akan diunggah.

Anda dapat menambahkan teaser tentang artikel yang ditulis agar dapat menarik perhatian pembaca. Terakhir tambahkan tag yang sesuai, jumlah maksimum tag yang dapat dicantumkan ada enam. Setelah itu tinggal pilih Tayang, Preview, atau Simpan. Anda dapat juga memilih Jadwalkan agar tulisan dapat muncul sesuai waktu yang telah diatur.

baca juga : Cara Membuat Artikel

Begitulah cara upload artikel di Kompasiana untuk Anda yang mudah dicoba. Apabila Anda membutuhkan pelayanan Press Release Distribution untuk mempublikasikan brand yang dimiliki melalui media online, silakan kunjungi Casakreatif.com dan dapatkan penawaran yang menarik. Selamat berkarya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *