Bisnis  

Gaji Besar, Begini Cara Menjadi Product Manager di Perusahaan Ternama

Project manager jadi salah satu bagian terpenting dalam sebuah perusahaan. Keberadaan tim ini sama pentingnya dengan Human Resource dan bagian penting lainnya. Project manager dapat menjadi lokomotif perusahaan, sebab bertanggung jawab hampir di sebagian besar kebutuhan pekerjaan. Mulai dari perencanaan, penerapan, pengawasan hingga evaluasi.

Itulah kenapa project manager sangat dibutuhkan di perusahaan. Perannya memiliki andil besar dalam memastikan sebuah proyek dapat diselesaikan dengan baik.

Apa Itu Project Manager?

Project manager adalah orang yang bertanggung jawab pada setiap tahapan proyek yang dikerjakan. Memastikan proyek tersebut dapat berjalan dengan lancar, dari awal hingga akhir.

Tugas lain yang juga diemban oleh project manager perusahaan adalah mengarahkan tim, menentukan tujuan proyek, membangun komunikasi dengan pihak terkait, dan menyelesaikan proyek tepat waktu.

Cara Menjadi Project Manager Agar Bisa Bekerja di Perusahaan Impian
Cara Menjadi Project Manager Agar Bisa Bekerja di Perusahaan Impian

Sedangkan project management adalah strategi perencanaan dan pengelolaan sumber daya perusahaan. Tujuannya untuk memastikan sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat mengerjakan sebuah proyek dengan baik.

Tugas Project Manager

Apabila Anda tertarik berkarir sebagai project manager di sebuah perusahaan, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami mengenai tugas project manager dalam kesehariannya di perusahaan, yaitu:

  1. Membuat Perencanaan

Pekerjaan utama seorang project manager adalah membuat sebuah perencanaan. Baik itu perencanaan proyek yang akan dikerjakan, maupun perencanaan lainnya yang berkaitan dengan penyelesaian project tersebut. Seorang project manager juga harus mampu membuat perencanaan yang detail dan dapat dikerjakan oleh semua tim.

Perencanaan proyek yang dibuat umumnya meliputi penentuan budget, pembagian kerja, timeline pengerjaan, sumber daya, dan yang tak kalah penting ialah menentukan tujuan yang ingin dicapai melalui semua proses tersebut.

  1. Mengarahkan Tim

Tanggung jawab project manager juga berkaitan dengan pengelolaan tim. Orang yang berada di bidang ini dituntut dapat mengarahkan tim dengan baik. Menempatkan setiap orang dalam tim sesuai dengan bidang dan keahliannya.

Tidak hanya sebatas itu, sebagai orang yang mengepalai sebuah tim, ia juga perlu melakukan pengawasan terhadap pekerjaan yang dilakukan. Memastikan semua orang dalam tim melakukan tugas sesuai dengan scope of work yang telah ditentukan. Sehingga proyek yang dikerjakan memperoleh hasil yang maksimal.

  1. Membangun Komunikasi dalam Tim

Ketika menjalankan proyek, kita akan bekerja secara tim. Maka dari itu diperlukan komunikasi yang baik. Utamanya dari penggerak utama proyek tersebut. Komunikasi yang dimaksud bukan hanya secara lisan, tapi juga berupa aturan atau pengarahan yang jelas, seperti pembuatan daftar tugas, penjadwalan, dan deadline pekerjaan.

Pada kesempatan lain, kemampuan komunikasi tersebut juga akan berguna ketika menyampaikan informasi kepada atasan atau stakeholder terkait.

  1. Membuat Perhitungan Anggaran

Pengerjaan sebuah proyek juga memerlukan anggaran. Dalam hal ini, project manager bertugas untuk merencanakan dan memastikan anggaran yang disiapkan dapat memenuhi kebutuhan proyek tersebut. Perencanaan dilakukan bersama pemilik proyek dan juga pihak terkait bila diperlukan. Sehingga dapat menghindari kemungkinan kurangnya anggaran dan semacamnya.

Sebab dalam pengerjaan sebuah proyek sangat sering ditemukan anggaran yang tidak sesuai. Baik itu karena kesalahan dalam perhitungan, maupun kondisi lainnya yang tak terduga. Beberapa kondisi tak terudga yang sering terjadi yaitu cost overrun dan lingkungan sekitar proyek yang tidak seperti gambaran awal.

  1. Problem Solver

Guna meminimalisir risiko ketika sebuah proyek berjalan, seorang project manager harus memiliki kemampuan mitigasi masalah. Sebuah pertimbangan yang juga harus ada dalam pembuatan perencanaan. Untuk itu dirinya juga perlu memahami tentang manajemen risiko. Terutama yang dapat terjadi saat produksi berlangsung.

  1. Monitoring Proyek

Ketika proyek berjalan, project manager wajib melakukan tugas pengawasan. Biasanya orang di bidang ini sudah memiliki blueprint project yang akan dikerjakan. Sehingga saat ditemukan kesalahan, ia bisa langsung mengambil tindakan. Memastikan semua proses berjalan dengan semestinya.

Syarat Menjadi Project Manager

Syarat Menjadi Project Manager
Syarat Menjadi Project Manager

Apabila Anda tertarik untuk menekuni dan berkarir di bidang ini, ada beberapa syarat menjadi project manager yang perlu Anda penuhi, yaitu:

  1. Memiliki Kemampuan Manajemen

Pendidikan menjadi tolak ukur utama dalam menentukan Anda layak atau tidak diterima sebagai project manager. Umumnya pendidikan yang diutamakan adalah jurusan manajemen. Namun Anda tidak perlu pesimis, karena masih memiliki kesempatan mengikuti kursus project management. Sehingga Anda dapat memiliki kemampuan yang setara dengan kandidat lainnya.

  1. Berpengalaman Menangani Proyek

Bukan hanya dari sisi pendidikan, kemampuan serta pengalaman Anda di bidang manajemen proyek juga akan sangat membantu. Jadi apabila memiliki pengalaman menghandle sebuah proyek, sertakan hal tersebut di dalam lamaran Anda. Sehingga pihak perusahaan dapat memastikan bahwa Anda layak di posisi tersebut.

  1. Familiar dengan Software Pendukung

Guna memaksimalkan pekerjaan, biasanya perusahaan memiliki perangkat wajib yang perlu dikuasai. Paling umum adalah penguasaan aplikasi Microsoft Office. Akan tetapi, ada pula software project management lainnya yang sebaiknya Anda pelajari, seperti Milanote, Zoho, Trello, Projects, dan lain-lain.

  1. Memiliki Sertifikasi Khusus

Supaya bisa bekerja dengan jabatan project manager, Anda diharuskan memiliki sejumlah sertifikasi yang berkaitan dengan pekerjaan ini. Umumnya sertifikat yang perlu Anda peroleh yakni Certified Associate Project Management (CAPM), dan Project Management Professional Certification (PMP).

Cara Belajar Jadi Project Manager

Setelah melihat tugas dan syarat menjadi project manager pada penjelasan di atas, Anda mungkin semakin tertarik dengan bidang ini. Jika ingin serius mendalami pekerjaan project manager, Anda bisa mengambil kursus tentang project management, Anda pun dapat memanfaatkan pelatihan project management dari Arkademi.

Arkademi merupakan lembaga kursus yang terpercaya dan bersertifikat. Melalui Arkademi kursus online Anda akan mendapatkan kursus sertifikasi 100 persen full online, rangkuman materi PDF, dan diajar langsung oleh tenaga pengajar yang berpengalaman.

Selain itu Anda juga akan diberikan fasilitas berupa sertifikat elektronik yang diakui, serta dimasukkan ke dalam grup alumni Arkademi yang dapat membantu Anda membangun relasi.

Sekarang saatnya untuk mewujudkan mimpi Anda bekerja sebagai project manager di perusahaan. Agar kesempatan Anda diterima kerja semakin besar, pastikan Anda telah memenuhi syarat dan ketentuan yang diberlakukan perusahaan.

Sembari mempersiapkan diri, Anda dapat mengasah kemampuan dengan mempelajari lebih banyak tentang project management.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *