Wajib Tahu! Cara Mudah Membuat Podcast dengan Anchor dan Spotify

Cara Mudah Membuat Podcast dengan Anchor dan Spotify

Akhir-akhir ini banyak orang membuat podcast. Apakah Anda juga tertarik untuk membuat podcast? Pembuatan podcast dapat dilakukan dengan menggunakan Anchor dan Spotify. Cara mudah membuat podcast dengan Anchor dan Spotify adalah dengan menyiapkan konsep yang matang.

Spotify adalah platform yang berfungsi untuk mendengarkan musik dan podcast berbagai genre. Menurut Narasi TV, tujuan mendengar podcast tidak hanya untuk memperoleh hiburan, melainkan juga memperoleh informasi yang menarik.

Jika Anda tertarik membuat podcast di Spotify, Anda bisa menggunakan aplikasi Anchor. Untuk mendapatkan penjelasan tentang cara mudah membuat podcast dengan Anchor dan Spotify, mari simak artikel berikut.

Pengertian Podcast

Menurut Spotify for Podcaster, podcast adalah video atau audio yang dibuat untuk menghibur atau memberikan informasi kepada audiens.

Riverside mengungkapkan bahwa podcast bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness dan eksposur bagi pembuatnya. Sedangkan, bagi pendengarnya, podcast bermanfaat sebagai sumber hiburan. Podcast juga dapat dijadikan sebagai wadah untuk belajar hal-hal baru.

Cara Mudah Membuat Podcast dengan Anchor dan Spotify

Dilansir dari Kompas, Anchor bukan hanya platform untuk memproduksi podcast, melainkan juga mendistribusikannya. Berikut ini adalah cara membuat podcast dengan Anchor.

1. Siapkan Topik dan Narasi Podcast

Ada banyak tema podcast yang tersedia di Spotify. Anda dapat memilih tema yang sesuai dengan pengetahuan maupun keahlian Anda. Sebelum membuat podcast, Anda perlu menentukan topik dan menyiapkan narasinya terlebih dahulu.

2. Mengunduh Aplikasi Anchor

Anda dapat membuat podcast melalui aplikasi Anchor. Aplikasi ini dibuat oleh Spotify untuk memproduksi podcast. Aplikasi ini dapat diunduh melalui perangkat iOS maupun Android atau situs resminya. Lalu, log in atau daftar memakai email atau akun Google.

3. Merekam Podcast

Setelah berhasil mengunduh aplikasi Anchor, Anda dapat merekam podcast-nya. Anda dapat merekam suaranya secara langsung melalui aplikasi ini.

Caranya, pilih menu “I want to make a new podcast”. Kemudian, klik ikon “+” untuk merekam suara. Agar lebih menarik, Anda juga bisa menambahkan backsound.

4. Menyimpan Hasil Rekaman Podcast

Setelah selesai merekam podcast, klik Stop. Untuk menyimpannya, klik Save. Beri nama pada file-nya. Kemudian, klik Add Recording to Episode.

5. Memastikan File Podcast Sesuai dengan Ketentuan Spotify

File podcast yang diunggah ke Spotify memiliki bitrate antara 96 hingga 320 kbps. Sampul podcast harus dibuat dalam format PNG atau JPEG dengan ukuran 1:1. Judul podcast maksimal terdiri atas 20 karakter.

6. Mempublikasikan Podcast

Setelah itu, isi informasi mengenai podcast Anda. Isi judul dan deskripsi. Tambahkan foto sampul. Atur waktu publikasi podcast. Apabila Anda mau menyimpannya dulu dan tidak langsung mempublikasikannya, klik Save as Draft.

Klik Publish Now untuk langsung mempublikasikannya. Tunggu sampai proses publikasi audio podcast-nya selesai.
Setelah dipublikasi, podcast Anda akan tersedia di Anchor dan Spotify. Anda juga dapat mengatur tanggal penayangan podcast dengan cara klik Change Publish Date.

Berikut ini adalah cara membuat podcast dengan Spotify.

1. Siapkan Topik dan Narasi Podcast

Sebelum membuat podcast, langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah menentukan topik dan menyiapkan narasi. Hal ini sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh Liputan 6.

2. Merekam Podcast

Kemudian, rekam podcast sesuai dengan narasi yang telah dibuat. Sebelum diunggah ke Spotify, edit rekaman podcast-nya sesuai dengan keinginan Anda.

3. Kunjungi Situs Spotify for Podcaster

Lalu, kunjungi situs Spotify for Podcaster. Masuk ke situs ini dengan akun Spotify Anda. Kemudian, klik Get Started dan klik Submit Your Podcast.

Isi nama Anda pada kolom yang tersedia, centang kotak Terms and Conditions. Setelah itu, klik tombol Continue. Lakukan konfirmasi kode yang akan Anda terima melalui email.

4. Submit Podcast Anda

Isi informasi yang diperlukan, seperti bahasa, penyedia layanan, kategori, dan negara. Setelah itu, klik Next. Lakukan peninjauan untuk memastikan tidak ada informasi yang salah. Setelah itu, klik Submit. Kini, audiens dapat mendengarkan podcast Anda dimanapun mereka berada.

Demikian penjelasan tentang cara mudah membuat podcast dengan Anchor dan Spotify. Pastikan podcast Anda dibuat dengan konsep yang matang agar didengar oleh banyak orang. Selain melalui Anchor dan Podcast, Anda juga bisa membuat podcast melalui Noice, Spoon, Joox, dan Filmora.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *