PR Package: Pengertian, Manfaat dan Cara Melakukannya dengan Benar

PR Package

Anda pasti sering melihat review dari influencer atau media yang mendapat kiriman dari sebuah brand. Sekilas mungkin Anda berpikir bahwa itu adalah endorse. Namun terkadang beberapa influencer atau media menjelaskan bahwa kiriman tersebut bukan bagian dari kerjasama, melainkan hanya kiriman biasa, tanpa ada keharusan untuk dijadikan konten atau semacamnya. Itu merupakan bagian dari PR package.

Hal seperti itu akan semakin sering Anda temukan ketika perayaan hari-hari besar atau event tertentu yang diadakan oleh brand. Umumnya kita mengenal hal itu dengan sebutan hampers. Isi dari kirimannya pun beragam. Sesuai dengan hari besar yang sedang dirayakan atau tema lainnya yang telah ditentukan.

“Aku dapat kiriman dari brand x, isinya produk terbaru mereka dan beberapa barang lainnya. Tidak ada kewajiban untuk dibuat konten, tapi karena aku suka produknya, jadi aku share ke kalian.” – merupakan salah satu kalimat penjelas yang membedekan konten endorsement dan PR package yang memang dikirimkan oleh brand.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa itu PR package? Kenapa brand mau mengirimkan paket semacam itu kepada influencer atau media? Apakah orang yang tidak memiliki banyak followers di media sosial juga bisa mendapatkannya? Semua akan kita bahas di artikel ini.

Pengertian PR Package

PR package adalah sebuah paket berisikan produk tertentu yang dikirimkan kepada influencer, media atau orang-orang yang dirasa cocok dengan produk tersebut. Biasanya hal ini dilakukan oleh brand ketika ada perayaan tertentu atau saat mereka merilis produk terbaru.

Tidak ada kontrak khusus yang terjalin antara brand dan influencer, kiriman seperti ini murni ditujukan untuk melakukan promosi secara organik (terjadi secara natural).

Itulah mengapa dari segi pengemasan dibuat semenarik mungkin. Begitu juga dengan isinya. Semakin unik pengemasannya, berpeluang besar untuk dibahas oleh influencer melalui media sosial pribadinya.

Pemberian PR package kepada orang-orang tertentu juga merupakan bagian dari strategi marketing. Sehingga tidak heran jika paket tersebut berisikan produk milik brand, disandingkan dengan beberapa barang lain yang bersifat pelengkap.

Manfaat PR Package bagi Pemilik Bisnis

Sebagai sebuah strategi marketing, PR package memberikan banyak manfaat kepada brand atau pemilik bisnis. Dengan mengirimkan paket khusus kepada influencer, brand berharap mereka dapat membangun brand awareness.

Maka dari itu, Kami bisa memberikan beberapa ulasan untuk membantu Anda tentang Membangun Brand Awareness Dan Manfaatnya Bagi Pemilik Usaha

Lebih dari itu, ketika paket yang dikirimkan dipromosikan oleh influencer di media sosial mereka secara organik, besar kemungkinan memberi pengaruh pada tingkat penjualan. Tidak adanya kontrak kerjasama layaknya endorsement, membuat budget yang dikeluarkan jadi lebih hemat.

Manfaat lain yang bisa dirasakan oleh pemilik bisnis adalah terjalinnya hubungan baik dengan para influencer dan media. Sehingga mereka dapat melakukan publikasi dengan mudah nantinya. Baik itu berkaitan dengan launching produk atau mengadakan event tertentu.

Masalah Terkait PR Package

Memiliki kemiripan yang sangat dekat dengan endorsement, seringkali membuat banyak orang salah memahami maksud PR package. Ini terjadi di sisi brand maupun influencer, artis atau media yang dikirimi paket tersebut.

Tidak jarang influencer langsung memberikan ratecard saat brand ingin mengirimkan produk.

Bukan tanpa alasan, hal semacam itu terjadi karena adanya salah persepsi yang terjadi dari sisi brand. Mereka yang baru pertama kali menggunakan PR package biasanya juga mengirimkan brief. Sehingga influencer atau media berpikiran bahwa itu merupakan bagian dari kerjasama (konten berbayar).

Seperti yang disinggung di awal, pengiriman PR package merupakan upaya brand untuk mendapatkan exposure secara natural. Tidak ada kewajiban bagi penerima untuk melakukan review atau posting di media sosialnya. Karena hal tersebut merupakan inisiatif dari penerima paket.

Maka dari itu, ketika penerima membuat konten terkait PR package yang dikirim oleh brand, tidak ada keharusan bagi mereka untuk menjelaskan produk tersebut secara rinci, seperti menyebutkan spesifikasi, manfaat produk atau mengarahkan audiens untuik membeli produk tersebut.

Semua dilakukan secara natural sesuai kreasi dan inisiatif penerimanya.

Siapa Saja yang Harus Dikirimkan PR Package?

Setiap brand atau pemilik bisnis memiliki kriteria tersendiri dalam menentukan penerima PR package. Meski memiliki followers banyak di media sosial, belum tentu seseorang tersebut bisa mendapat kiriman PR package. Tidak menutup kemungkinan orang biasa juga berkesempatan dikirimi paket tersebut.

Sesuai dengan tujuan awalnya, brand berharap penerima paket merupakan orang yang benar-benar sesuai dengan produk mereka. Sehingga penerimanya akan antusias menggunakan dan berbagi pengalaman kepada orang lain.

Selain itu, PR package juga dapat diberikan kepada pelanggan atau followers setia. Tujuannya adalah untuk menjalin kedekatan (customer loyalty) yang baik dengan customer.

Cara Melakukan PR Package dengan Benar

Untuk menghidarkan Anda dari kesalahan dalam melakukan strategi PR package, kami membantu Anda dengan memberikan panduan mengenai cara melakukan PR package yang benar, yaitu:

1. Tentukan Tujuan

Penting bagi Anda untuk menentukan tujuan dalam melakukan PR package. Ini akan sangat mempengaruhi keberhasilan strategi yang sedang dijalankan.

Katakanlah Anda ingin meningkatkan awareness pada calon konsumen yang sesuai dengan target market Anda. Untuk mencapai tujuan tersebut Anda bisa memulai dengan mencari influencer, artis atau media yang memiliki audiens sesuai market Anda.

Selain tujuan awareness, Anda juga bisa menggunakan ini untuk tujuan lain seperti membangun customer loyalty, menjalankan sebuah campaign atau membangun kedekatan dengan mitra influencer yang telah menjalin kerjasama dengan perusahaan Anda.

2. Siapkan Budget yang Sesuai

Bugeting merupakan bagian terpenting setelah menentukan tujuan. Sebab dana yang dialokasikan akan menentukan paket seperti apa yang nantinya akan dikimkan kepada penerima. Sebagai sebuah brand, Anda tentunya ingin yang terbaik, produk yang dikirimkan harus menarik dan mencerminkan brand Anda.

Itulah kenapa penentuan budget sangat penting dilakukan. Sementara itu, Anda juga harus memikirkan tentang konsep packaging. Hal ini bisa menjadi sentuhan tersendiri dalam paket yang Anda kirimkan. Misalnya mengirimkan produk ramah lingkungan atau peralatan yang bisa digunakan sehari-hari.

3. Pilih Penerima yang Tepat

Guna mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya Anda harus memilih penerima dengan benar. Seperti yang sempat dijelaskan, memiliki banyak followers di media sosial bukan satu-satunya acuan dalam menentukan seseorang itu layak mendapat kiriman paket public relation.

Anda juga harus mempertimbangkan keseuaian niche dan manfaat produk Anda untuk mereka.

4. Bangun Komunikasi yang Baik

Membangun komunikasi yang baik itu perlu. Apalagi niat Anda adalah mengirimkan paket yang bertujuan untuk mengenalkan produk Anda secara organik.

Ada baiknya hubungi manager atau influencer yang Anda inginkan secara langsung. Utarakan niat Anda yang ingin mengirimkan hampers. Sebab mereka pasti akan berpikir bahwa Anda sedang menawarkan kerjasama berbayar.

Untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya menjelaskan tujuan Anda dengan sejelas mungkin. Agar lebih natural, tanyakan juga mengenai produk seperti apa yang disukai atau dibutuhkan oleh mereka. Nantinya produk tersebut juga bisa dijadikan sebagai ide PR package yang sedang disiapkan.

5. Siapkan PR Package yang Akan Diberikan

Ketika menyiapkan produk yang akan dikirim sebagai hampers, pilihlah produk terbaik yang ingin Anda highlight lewat influencer yang telah dipilih.

Pastikan juga bahwa produk yang Anda kirim memiliki keunikan tersendiri. Karena mereka tentunya sudah terbiasa melihat beragam kiriman paket serupa sebelumnya. Itulah kenapa Anda harus memperhatikan pemilihan produk dan pengemasannya.

6. Beri Sentuhan Khusus untuk Tingkatkan Experience

Ingatlah bahwa para influencer sudah terbiasa dengan kiriman paket hampers dari berbagai brand. Agar paket Anda tampak berbeda, perlu sentuhan khusus yang membuatnya semakin menarik untuk diulas dan digunakan. Anda bisa menggunakan kemasan produk yang unik, ramah lingkungan, futuristik dan semacamnya.

Membuat kemasan yang sesuai dengan brand, target market dan produk Anda juga bisa menjadi daya Tarik tersendiri. Anda pun bisa menyandingkan produk Anda dengan produk lain yang juga disenangi atau dibutuhkan oleh penerimanya.

Dengan begitu keinginan mereka untuk mengulas kiriman Anda secara suka rela akan semakin besar.

7. Pantau Hasilnya untuk Evaluasi

Setelah paket dikirimkan, Anda harus memastikan bahwa paket tersebut diterima oleh influencer. Lihat juga bagimana ia mengulas kiriman Anda dan apa pengaruhnya pada bisnis Anda.

Semua itu bisa dijadikan sebagai evaluasi dan tolak ukur apakah strategi Anda berjalan dengan baik atau sebaliknya. Nantinya bisa diperbaiki lagi agar mendapatkan strategi yang semakin optimal untuk bisnis Anda.

8. Gunakan Bantuan Digital Agency

Saat melihat serangkaian proses menyiapkan PR package, mungkin Anda berpikir tidak memiliki waktu dan keterampilan untuk melakukannya. Anda tidak perlu khawatir mengenaik hal itu. Sebab Anda bisa menggunakan bantuan digital agency untuk memudahkan pekerjaan Anda.

Casa Kreatif sebagai sebuah digital agency dapat mebantu Anda menyiapkan PR package dan mengirimkannya pada orang yang tepat. Casa Kreatif berpengalaman dalam public relation sehingga memiliki hubungan baik dengan banyak artis, influencer dan media nasional yang ada di Indonesia.

Anda juga bisa melakukan konsultasi terkait paket seperti apa yang Anda inginkan. Juga terkait strategi pendukung lainnya agar strategi PR package yang Anda lakukan memberikan hasil yang memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *