Perbedaan Jangkauan dan Engagement Dalam Media Sosial

Perbedaan Jangkauan dan Engagement

Ketika Anda memanfaatkan sosial media untuk mengembangkan bisnis Anda secara digital, tentu ada dua elemen utama yang menjadi penentu berhasil atau tidaknya strategi digital marketing Anda. Kedua elemen tersebut adalah Reach (jangkauan) dan Engagement. Namun walau keduanya sangat penting, ternyata masih banyak yang belum mengetahui perbedaan jangkauan dan engagement.

Istilah Jangkauan dan engagement sebenarnya bukan merupakan sebutan yang baru dalam dunia digital marketing dan media sosial, keduanya juga penting penggunaannya dalam media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook, dan lainnya. Walaupun begitu penerapan dari jangkauan dan engagement ini tidak jauh berbeda antara satu sosial media dengan yang lainnya.

Baca juga ulasan kami tentang Sosial Media Marketing

Perbedaan Jangkauan dan Engagement

Ada beberapa poin yang menjadi perbedaan Jangkauan dan Engagement yang harus Anda ketahui, berikut penjelasannya:

1. Jangkauan (Reach)

Berdasarkan pengertiannya, Reach merupakan total dari keseluruhan jumlah orang yang melihat postingan atau konten Anda dalam jangka waktu tertentu. Reach juga dapat disebut sebagai sebuah kumpulan data yang Umumnya dapat diperoleh dari berbagai jenis platform social media untuk menampilkan analytic viewer dengan detail dalam setiap postingan atau konten Anda.

Berarti apabila ada 500 orang yang sudah melihat postingan dan konten Anda, maka dapat dikatakan nilai Reach Anda adalah 500. Jumlah nilai Reach ini dapat juga diperkirakan dari seberapa banyak orang yang mengikuti Anda di sosial media karena mereka yang menjadi pengikut Anda, besar kemungkinannya untuk melihat setiap konten yang Anda posting.

Elemen Utama dalan Jangkauan (Reach)

  • Traffic / Visitors

Besaran Traffic dapat dilihat dari beberapa faktor yang mana diantaranya adalah organic post atau iklan berbayar. element Traffic ini dapat Anda jadikan acuan dalam menentukan seberapa besar jangkauan yang Anda capai. namun Nilai traffic ini perlu Anda olah lagi dikarenakan ada kemungkinan pengikut Anda tidak melihat content Anda melainkan hanya menscroll down / up dengan cepat.

  • Impressions

Karena nilai traffic yang tidak menentu itulah mengapa kehadiran impressions ini penting dimana audience sebelumnya telah di filter. Yang mana tiap-tiap visitor yang berhenti membaca postingan Anda dapat terdeteksi lewat impressions. sehingga analytics yang kita dapat dari impressions adalah visitor yang memang benar-benar memperhatikan postingan Anda.

2. Engagement

Secara istilah Engagement dapat diartikan sebagai sebuah bentuk komunikasi dalam bentuk dua arah. Engagement merupakan sebuah bentuk interaksi dari pengikut yang berbentuk digital saat melihat konten/postingan tersebut. Bentuk interaksinya dapat berupa memberikan reaction (likes), comment, dan sebagainya.

Kami juga mengulas artikel tentang alasan mengapa bisnis membutuhkan agen media sosial

Elemen Penting Engagement

  • Clicks

Click merupakan salah satu faktor utama terpenting dalam engagement. dikarenakan peran click pada digital marketing dapat menentukan kendali dalam menentukan apa tujuan berikutnya dan kemana para audience anda akan diarahkan. Contohnya seperti melakukan Photo Views, mengajak mereka mengunjungi website Anda, atau mendaftar menjadi anggota serta banyak lagi hal lainnya.

  • Comment

Comment merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan oleh audience saat ingin bertanya atau memberikan tanggapan dalam suatu postingan pada kolom komentar dari postingan tersebut. Pemberian komentar juga bisa menaikan reach dan impressions selama itu bukan SPAM.

  • Share

Share merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan audience dalam menyebarkan konten/postingan yang Telah Anda posting. apabila orang yang melihat merasa kalau content yang Anda buat itu menarik, Para pembaca akan menyebarkan postingan tersebut. yang mana secara tidak langsung juga turut membantu Anda dalam memperoleh reach serta impressions lebih banyak.

  • Reactions

Reactions merupakan sebuah respon dari audience saat melihat postingan anda. Reaction dapat berupa likes, atau emoji seperti sad, love, angry, dan sebagainya. Reaction ini penting karena bisa dapat membantu Anda dalam menaikkan kemungkinan postingan anda untuk dapat muncul kembali di news feed facebook / Instagram.

Penutup

Itulah beberapa perbedaan Jangkauan dan Engagement. Untuk menentukan mana yang lebih penting, itu kembali pada tujuan awal Anda. Jika tujuannya untuk sekedar orang tahu saja maka Reach lebih penting, namun apabila tujuan Anda mendapatkan Tindakan dari para audience maka Engagement lebih utama.

Apabila Anda membutuhkan layanan Public Relation untuk membangun sebuah relasi yang baik dengan audiens Anda. Maka Anda dapat mengandalkan jasa CASA KREATIF. Kami akan membantu Anda dalam membangun hubungan dan opini dengan audience Anda dengan efektif dan efisien karena hubungan yang baik dengan audiens Anda adalah faktor keberhasilan bisnis Anda.

Untuk pertanyaan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

Nomor Telepon: 085895844656

Email: kerjasama@casakreatif.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *