Iklan  

Pentingnya Menggunakan Aplikasi Absensi Online untuk Memanage Karyawan

Aplikasi Absensi Online – Saat ini, banyak bisnis menggunakan aplikasi absensi online untuk melacak waktu kapan sebenarnya karyawan masuk kerja dengan waktu yang tepat atau terlambat. Untuk mengukur kehadiran meski ada beberapa cara juga untuk melacak lokasi kehadiran karyawan, namun aplikasi absensi online saat ini paling banyak digunakan. Karena kemampuan dari fiturnya dan mobile attendance yang membuat mobilitas tetap terjaga.

Aplikasi Absensi Online

Cara ideal bagi bisnis untuk melacak informasi kehadiran staf adalah melalui aplikasi online, terutama ketika karyawan perlu mobilitas yang tinggi dan produktivitas perlu ditingkatkan. Dengan mengadaptasi ini karyawan akan lebih cepat dalam melakukan absensi melalui smartphone sehingga meningkatkan efektivitas kerja HRD. Selain itu, adanya software HR seperti ini dapat melacak kehadiran staf dan manajemen kehadiran karyawan tentunya terorganisir dengan lebih efektif.

Cara termudah bagi bisnis untuk melacak informasi kehadiran staf adalah melalui aplikasi absensi online dan perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan, khususnya meski telah melewati masa pandemi untuk meningkatkan produktivitas dan membuka kesempatan kerja karyawan untuk bekerja secara remote dan hybrid.
Untuk menghindari kehilangan potensi bisnis, penting untuk menggunakan alat absensi online yang dapat digunakan pada perangkat seluler (mobile) Android dan iOS.

Saat memilih alat absensi online terbaik untuk bisnis Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai berikut:

1. Penyimpanan data online

Salah satu hal krusial yang harus dimiliki HRD adalah data perusahaan, yang mencakup catatan nama, kontrak, ID karyawan, informasi sensitif hingga rangkuman jabatan seluruh personel organisasi.
Oleh karena itu, solusi keamanan yang unik diperlukan untuk mencegah kebocoran data. Karena sering diperbarui dan memiliki mekanisme keamanan berlapis, disarankan penyimpanan berbasis cloud.

2. Mudah digunakan dan menyenangkan bagi para pengguna

UI program aplikasi absensi online yang intuitif dan sederhana adalah salah satu fitur penarik utama. Penting para pengguna untuk dapat menikmati tampilan dari sebuah UI Aplikasi karena itu dapat berimplikasi pada pengalaman pelanggan menggunakan aplikasinya.

Mengingat berbagai jenis karyawan akan menggunakan aplikasi absensi online, tampilannya tentu harus sederhana untuk dipahami dan digunakan. Agar lebih nyaman digunakan secara mobile, aplikasi absensi online juga harus berukuran cukup kecil untuk diunduh ke smartphone karyawan.

Aspek lain adalah fitur sistem pembayaran otomatis dan alat untuk menghitung jam kerja sangat diperlukan untuk aplikasi kehadiran.

3. Kesesuaian dengan sistem penggajian (Payroll)

Statistik kehadiran karyawan akan mempengaruhi perhitungan penggajian (Payroll). Untuk membantu HRD menghitung penggajian karyawan dengan lebih tepat dan andal, maka diperlukan alat absensi online yang khusus dipadukan dengan sistem penggajian.

Anda dapat mengelola penggajian dan membuat laporan penggajian dengan lebih mudah dengan software HR. Segera gunakan karena digital transformasi tidak bisa di tunggu.

4. Alat pelacakan langsung tersedia.

Fitur untuk memantau kehadiran apa menjadi syarat sistem pelacakan waktu karyawan terbaik. “Apakah karyawan ini benar-benar bekerja di luar atau ini hanya sekedar liburan semata?” pertanyan tadi adalah salah satu kekhawatiran HRD ketika seorang karyawan bekerja secara remote, di luar kota, atau untuk urusan pekerjaan (pergi dinas).

Oleh karena itu, fitur live monitoring atau live tracking menjadi salah satu komponen krusial yang harus ada dalam program absensi online.

Fungsi ini akan membantu HRD dengan pengetahuan posisi personel secara real-time. Pekerja lapangan waktu nyata seperti perwakilan penjualan atau manajer proyek akan merasakan fungsi ini akan sangat berguna.
Jadi, berkat pelacakan GPS, HR bisa mengetahui keberadaan personilnya yang bekerja secara hybrid hingga para pekerja jarak jauh (remote) mendapat manfaat dari kemampuan ini.

5. Adanya alat anti kecurangan bagi karyawan

Tidak dapat dipungkiri, terkadang ada pekerja yang “jahil” dan melakukan berbagai tipu daya muslihat hingga tetap tercatat sebagai masuk kantor meski sebenarnya mereka tidak hadir.
Untuk mencegah terjadinya penipuan pegawai, pihak HRD harus melakukan pencegahan ekstra, salah satunya dengan penerapan aplikasi absensi online.

Program absensi online saat ini memuat sejumlah kemampuan, antara lain pengenalan wajah (face recognitions), berbasis GPS, dan aspek lainnya yang tidak bisa dipalsukan oleh karyawan.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mempelajari salah satu kemampuan teknologi software HR untuk bisnis dan perusahaan Anda?

Rekomendasi untuk aplikasi absensi online terpercaya adalah Appsensi. Gunakan software HR yang memiliki keamanan data dan fitur yang dapat membantu bisnis Anda untuk lebih berkembang.