Pentingnya Memahami Growth Hacking dalam Digital Marketing!

Memahami growth hacking dalam digital marketing

Saat ini peran Growth Hacking dalam dunia digital marketing makin vital. Oleh karena itu, pastikan Anda mampu memahami growth hacking dalam digital marketing, ya! Memahami growth hacking dalam digital marketing tidak hanya mampu meningkatkan jumlah customer saja, namun juga menjadikan brand Anda lebih mampu bersaing dengan para kompetitor.

Hal ini tak mengherankan mengingat growth hacking selalu mengandalkan data yang relate digunakan untuk menganalisis kompetitor dengan cara yang lebih akurat. Untuk lebih jelasnya Anda dapat menyimak artikel berikut ini.

Yuk Memahami Growth Hacking dalam Digital Marketing

Saat ini Growth Hacking dianggap memiliki fungsi penting dalam Digital Marketing. Lalu seberapa pentingkah Growth Hacking dalam Digital Marketing? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Growth Hacking

Growth hacking dapat dipahami sebagai suatu strategi baru yang mengkombinasikan marketing, data, dan teknologi. Nah, dalam proses implementasi growth hacking, juga diperlukan berbagai macam eksperimen yang digunakan untuk mencari cara paling ampuh dalam meningkatkan jumlah pelanggan.

Meski sudah populer dan dikenal banyak orang, sebenarnya growth hacking merupakan istilah yang masih cukup baru. Istilah ini pertama kali dicetuskan oleh Sean Ellis pada tahun 2011 lalu berkembang hingga saat ini. Selain growth hacking, ada juga istilah growth hacker yang juga biasa digunakan untuk merujuk pada orang yang sedang melakukan eksekusi dari strategi ini.

3 Cara Growth Hacking Dalam Digital Marketing

Digital Marketing erat kaitannya dengan proses promosi yang menggunakan digital tools. Oleh karenanya, tak heran jika Growth hacking langsung mengambil hati para Digital Marketing Enthusiast. Jika ingin memahami growth hacking dalam digital marketing, maka simak 3 Cara Growth Hacking dalam Digital Marketing berikut ini:

1. Content Marketing

Penggunaan content marketing memang disebut sebagai salah satu strategi yang cukup ampuh dalam melakukan penjualan dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Tentu ini sejalan dengan prinsip kerja growth hacking yang selalu menjadi strategi dengan kebutuhan modal yang terjangkau.

Oleh karena itu, silahkan manfaatkan content marketing sebagai strategi promosi dari bisnis Anda. Hal ini akan menjadi keputusan yang tepat mengingat konten merupakan menjadi magnet utama yang dapat mendatangkan lead yang berkualitas.

Beberapa contoh content marketing yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah dengan membuat e-book, artikel blog,  konten media sosial, email marketing, infografik,  hingga video.

2. Product Marketing

Product marketing merupakan strategi kedua terpenting untuk dipelajari jika Anda ingin memahami growth hacking dalam digital marketing. Strategi ini akan berguna untuk membuat produk Anda lebih menarik dan membangun basis pengguna.

Contoh implementasi product marketing yang bisa Anda lakukan misalnya adalah dengan membuat sistem pendaftaran eksklusif bagi pelanggan tertentu.

3. Advertising

Tak hanya keunggulan pelayanan seperti cara sebelumnya, Growth Hacking juga memanfaatkan iklan untuk mempromosikan bisnisnya. Bahkan, penggunaan iklan terbukti efektif untuk meningkatkan brand awareness dari suatu produk. Nah, salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan brand adalah dengan memakai PPC atau pay per click.

Tahapan Growth Hacking Dalam Digital Marketing

Ketiga strategi diatas tadi bisa dilakukan menggunakan proses tahapan AARRR yakni acquisition, activation, retention, revenue, dan referral. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut

  • Acquisition: Pengenalan produk dari perusahaan kepada pelanggan.
  • Activation: Perusahaan memberikan experience yang menyenangkan bagi para pelanggan saat mencoba produk untuk pertama kalinya.
  • Retention: Perusahaan berupaya untuk membuat pelanggan bersedia kembali menggunakan produk yang ditawarkan.
  • Revenue: Proses monetisasi yang dilakukan perusahaan untuk suatu produk
  • Referral: Strategi perushaan agar pelanggan dengan suka rela memberi tahu orang lain mengenai produk yang sedang ditawarkan.

Itulah beberapa penjelasan yang dapat membantu Anda untuk memahami memahami growth hacking dalam digital marketing. Jika Anda masih bingung untuk mengoptimalisasi digital marketing dalam bisnis, maka Anda bisa menggunakan jasa Casakreatif. Casakreatif akan memberikan pelayanan terbaik sesuai kebutuhan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *