Pengertian Facebook Creator Studio dan Fungsinya

Facebook Creator Studio adalah sebuah fitur yang dikembangkan oleh Facebook yang terkonsolidasi dalam satu sistem yang diperlukan ketika memposting, melakukan pengelolaan sosial media, dan melakukan monetisasi untuk mendapatkan keuntungan dari media sosial, sampai melakukan pengukuran kualitas dan perkembangan social media melalui data dan insight yang terdapat dalam dashboard Facebook Creator Studio.

Facebook creator studio ini pertama kali diluncurkan oleh Facebook pada tahun 2017. Pada awalnya fitur ini bernama Facebook Creator. Namun seiring berjalannya waktu, Facebook creator pun mengganti namanya menjadi Facebook Creator Studio yang dilengkapi dengan penambahan fitur – fitur yang saling terkonsolidasi satu sama lain.

Salah satu dari fitur andalan nya adalah saling terhubungnya data dari Facebook serta Instagram dalam kesatuan dashboard. Dengan begitu akan mempermudah para content creator serta pebisnis dalam melakukan pengelolaan konten.

Fitur Facebook Creator Studio dan Fungsinya

Untuk pembisnis, fitur ini dapat menjadi sangat bermanfaat dalam pengaturan konten Anda di sosial media. Berikut adalah Fitur Facebook Creator Studio dan Fungsinya:

1. Melakukan Monetisasi

Fitur monetisas yang ada pada Facebook Creator Studio akan memberikan informasi mengenai penghasilan dan juga terkait apa saja persyaratan yang harus terpenuhi untuk Anda bisa mendapatkan penghasilan. Selain itu Facebook juga menawarkan pilihan monetisasi untuk para content creator yang sudah memiliki banyak pengikut.

Agar bisa mendapatkan penghasilan, maka Langkah awal yang harus dilakukan adalah mendaftar pada layanan monetize, setelah itu tunggulah sampai mendapatkan approve dari Facebook sama seperti saat mendaftar Google AdSense.

Pada umumnya, hal seputar informasi yang diperlukan mengenai masalah monetisasi dapat diperoleh lewat fitur ini. Termasuk juga halaman yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan penarikan uang dari hasil beriklan.

2. Fitur Insight

Untuk para content creator, fitur Insight jelas sangat berguna untuk memantau performa konten yang sudah diposting sebelumnya.

Lewat fitur insight ini, Anda dapat melihat statistik marketing. Seperti total engagement, impression pertumbuhan audience, serta beberapa metrik lainnya dalam kurung waktu 7 hari. Data itu dapat dikumpulkan lewat fanspage Facebook ataupun akun Instagram. Sehingga Anda tidak perlu repot -repot memakai dua apps sosial media monitoring.

3. Fitur Live Dashboard

Fitur Live Board saat ini cukup digemari. Apalagi Disaat kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini dimana layanan video streaming menjadi cukup populer. Tidak hanya sebagai sarana hiburan atau penambah wawasan semata, fitur Live ini juga sebenarnya dapat menjadi salah satu cara yang efektif dalam menunjang pemasaran untuk bisnis Anda juga.

4. Gallery Content

seperti namanya, menu yang satu ini memili fungsi untuk pengkategorian konten-kontent Anda berdasarkan Karakteristik serta dan tipenya. Tidak hanya membantu dalam pengelolaan konten, adanya Gallery Content ini juga akan membantu content creator dalam proses penjadwalan konten, melihat content seperti apa saja yang pernah di posting, dan fungsi-fungsi lainnya

5. Sebagai Kotak Masuk Pesan

Facebook dan Instagram dikenal sebagai platform sosial media dengan total pengguna hingga jutaan. Untuk memaksimalkan interaksi serta jumlah engagement, maka dapat dilakukan dengan merespon berbagai pertanyaan dari para user lewat kotak masuk.

Apabila Anda membutuhkan jasa pengelolaan Facebook creator studio yang terpercaya dan berpengalaman, maka Anda dapat mengandalkan CASA KREATIF. Dengan mempercayakan jasa kami, dijamin bisnis/brand Anda akan mendapatkan peningkatkan popularitas dan elektabilitas.

Apabila tertarik dengan jasa kami, Anda dapat menghubungi kami di:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *