Gamers Wajib Tahu! Ini Cara Merawat Laptop Gaming dengan Benar

cara merawat laptop gaming

Halo, Sobat Casa! Punya laptop gaming tapi bingung cara merawatnya? Laptop gaming membutuhkan perawatan yang sedikit berbeda dengan laptop pada umumnya. Perbedaan utamanya terletak pada komponen yang lebih kompleks, seperti sistem pendinginan ekstra guna mencegah overheating.

Oleh karena itu, cara merawat laptop gaming pun perlu disesuaikan agar dapat bertahan lama dan tetap memberikan performa yang optimal.

Cara Merawat Laptop Gaming

Berikut beberapa cara merawat laptop gaming agar awet dan tahan lama:

1. Gunakan Sistem Pendingin Tambahan

Laptop gaming memiliki performa yang tinggi, sehingga menghasilkan panas yang lebih tinggi dari laptop biasa. Panas yang berlebihan dapat berdampak buruk pada komponen laptop, seperti processor, VGA, dan baterai. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan sistem pendingin tambahan guna membantu menurunkan suhu laptop.

Ada berbagai macam sistem pendingin tambahan yang tersedia, seperti cooler pad dan cooling fan. Pilihlah sistem pendingin yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi laptop.

2. Jangan Sembarangan Menyimpan Laptop

Hindari menyimpan laptop gaming di atas kasur, bantal, atau benda yang menutupi lubang ventilasi. Karena dapat menghambat aliran udara dan menyebabkan laptop cepat panas.

Letakkan laptop gaming di tempat yang rata dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Hindari juga meletakkan laptop di dekat sumber panas, seperti kompor atau oven. Sebaiknya, simpan laptop di tempat yang sejuk dan kering.

3. Bersihkan Laptop Secara Berkala

Membersihkan laptop secara rutin merupakan hal yang penting karena debu dan kotoran yang menumpuk dapat menyebabkan panas berlebih dan berdampak buruk pada komponen laptop.

Kamu bisa membersihkannya menggunakan kain microfiber dan cairan pembersih khusus untuk laptop. Jika tidak yakin,kamu bisa membawa laptop ke tempat servis untuk dibersihkan.

4. Jangan Habiskan Baterai Hingga 0%

Hindari menggunakan baterai laptop sampai habis total, karena dapat memperpendek umur baterai. Sebaiknya isi daya baterai laptop hingga penuh sebelum digunakan atau gunakan laptop sambil di-charge.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Laptop Gaming Murah 2024

5. Install Antivirus

Antivirus dan software keamanan lainnya sangat penting untuk melindungi laptop dari serangan virus dan malware. Virus maupun malware dapat merusak data dan sistem operasi laptop, bahkan menyebabkan laptop tidak bisa digunakan.

6. Backup Data Secara Berkala

Lakukan backup data secara berkala untuk mencegah kehilangan data jika laptop mengalami kerusakan. Kamu dapat melakukan backup data menggunakan perangkat penyimpanan eksternal, seperti hard drive eksternal atau cloud storage.

7. Gunakan Port Thunderbolt

Port Thunderbolt merupakan port universal yang dapat digunakan untuk mentransfer data, menampilkan video, dan mengisi daya perangkat. Port ini memiliki kecepatan transfer data hingga 40 Gbps, yang lebih cepat dari port USB 3.0 atau USB-C. Dengan port Thunderbolt, kamu dapat menghubungkan berbagai perangkat ke laptop dengan satu kabel saja.

Selain itu, Port Thunderbolt bisa dipakai untuk mengisi daya laptop gaming dengan kecepatan yang lebih cepat. Hal ini dapat memperpanjang masa pakai baterai karena tidak perlu mengisi daya terlalu sering.

Port Thunderbolt juga dapat digunakan untuk menghubungkan VGA eksternal ke laptop gaming. VGA sering menjadi pertimbangan sebagian orang sebelum memutuskan untuk membeli laptop gaming, karena berbeda dengan RAM, VGA tidak dapat di-upgrade.

Itulah beberapa cara merawat laptop gaming agar awet dan tahan lama. Dengan merawat laptop dengan baik, Sobat Casa dapat menghemat biaya untuk servis laptop atau membeli laptop baru jika laptop mengalami kerusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *