4 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Dalam Membuat Media Planning

Membuat Media Planning

Era digitalisasi membuat media menjadi salah satu alat paling potensial dalam melakukan pemasaran. Nah, apabila Anda ingin melakukan pemasaran berbasis media, maka Anda memerlukan media planning yang baik. Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa hal untuk membuat media planning yang baik.

Artikel ini akan menjelaskan mengenai 4 hal yang perlu Anda ketahui dalam membuat media planning. Sebelum mengetahui 4 hal tersebut, ada baiknya Anda mengetahui secara jelas apa itu perencanaan media.

Apa Itu Media Planning?

Media planning merupakan sebuah aktivitas dimana pemasar menentukan kapan, dimana, dan intensitas yang akan mereka lakukan dalam melakukan pengiklanan untuk memaksimalkan public awareness dan ROI (return of Investment). Nah, perencanaan ini akan membantu Anda untuk lebih mudah mengelompokkan sumber pengiklan baik itu online maupun offline.

Era digitalisasi membuat dunia periklanan memiliki kompetisi yang padat. Oleh karena itu, pastikan Anda mampu memberikan pesan yang tepat pada para sasaran market, di waktu yang tepat, dan juga memiliki saluran yang tepat agar dapat dikenal publik. Media planning akan sangat membantu Anda dalam menyusun hal-hal penting ini.

Setiap perusahaan biasanya akan memiliki tim marketing khusus untuk membuat perencanaan media. Nah, para media planners ini akan melakukan kerja sama dengan media buyers dan perusahaan klien untuk mengoptimalkan strategi demi meningkatkan ROI sehingga investasi yang dilakukan oleh sektor pengiklan tidak sia-sia.

4 Hal Penting Dalam Membuat Media planning

Apa saja hal yang perlu dipertimbangkan untuk membuat media planning ? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1.     Target Konsumen

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan bahwa media planner telah memahami kebutuhan konsumen hingga pada detail yang terkecil. Dengan demikian, media planner akan lebih mudah untuk memahami apa yang sebenarnya diinginkan konsumen dan mampu menyampaikan pesan yang lebih mengena melalui iklan yang akan ditayangkan.

2.     Konten Yang Tepat

Setiap target konsumen pasti memiliki selera masing-masing. Setelah Anda memahami apa yang sebenarnya diinginkan konsumen, maka pastikan Anda membuat konten iklan yang tepat. Jika Anda telah membuat konten dengan isi yang tepat, maka hal ini akan memudahkan konsumen untuk mengingat dan tertarik terhadap produk yang Anda iklankan. Jadi, pastikan Anda menyesuaikan isi konten dengan selera konsumen dalam membuat iklan.

3.     Media Platform

Dewasa ini, platform yang dapat digunakan untuk beriklan sangat banyak. Tentunya Anda harus memilih platform yang paling potensial untuk mengiklankan produk Anda bukan?

Setiap platform memiliki populasi pasar masing-masing. Pastikan Anda mengetahui target pasar Anda untuk menyesuaikan platform mana yang harus Anda pilih dalam beriklan. Selain itu, pertimbangkan juga budget yang Anda miliki untuk memilih platform mana yang akan Anda gunakan.

4.     Menyediakan Budget Cadangan

Budget merupakan hal terbesar yang harus dipertimbangkan pelaku pemasaran dalam membuat perencanaan. Anda harus memahami bahwa media planning modern akan membutuhkan alokasi budget yang fleksibel. Hal ini disebabkan aktivitas marketing  yang biasanya menggunakan beberapa platform sekaligus.

Mengapa begitu? Hal ini karena, apabila suatu platform ternyata tidak menjamin ROI secara optimal, maka media planner harus segera mencari platform alternatif. Selain itu, jika suatu platform terbukti telah sukses mendatangkan banyak ROI, maka dana yang akan dibutuhkan untuk mengembangkan iklan akan jauh lebih besar.

Itulah 4 hal yang perlu Anda ketahui dalam membuat media planning. Pastikan Anda telah memahami 4 hal tersebut secara sempurna agar iklan Anda dapat berfungsi secara optimal. Apabila Anda ingin mengetahui atau berkonsultasi lebih jauh mengenai media planning, Anda dapat berkunjung www.casakreatif.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *