Makin Keren, Inilah Tren AI Untuk Digital Marketing

Tren AI untuk Digital Marketing

Jika sebelumnya kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) hanya difungsikan untuk meningkatkan performa perangkat elektronik, kini AI juga bisa digunakan untuk membantu proses pemasaran, utamanya digital marketing. Jika Anda masih bingung, berikut akan dijelaskan mengenai tren AI untuk digital marketing.

Penggunaan AI dalam digital marketing akan membantu Anda untuk meningkatkan awareness brand dan pembelian produk. Apalagi mengingat AI memiliki algoritma akurasi yang kuat dan tepat.

Inilah Tren AI untuk Digital Marketing

Berbicara mengenai tren AI untuk Digital Marketing, berikut adalah 4 pemanfaatan AI untuk membantu proses pemasaran bisnis Anda :

1. Chatbot

Chatbot merupakan software yang mampu bercakap-cakap dan memerlukan AI untuk menentukan bagaimana ia harus merespons. Percakapan ini bisa berbentuk teks maupun auditory (suara).

Chatbot bisa menjadi media pemasaran yang efektif, khususnya pada platform media sosial, karena ia bisa menyediakan layanan pelanggan (customer service) yang tidak hana akan membantu pelanggan tapi juga brand.

2. Targeted dan Predictive Content

Divisi Marketing juga bisa mengoptimalkan fungsi AI untuk mengumpulkan lebih banyak data tentang prospek dan pelanggan. Selanjutnya AI akan mengolah data tersebut untuk memprediksi berbagai perilaku yang akan muncul. Hal ini akan membuat lebih banyak targeted messaging.

Hanya memakai data history website apa yang kerap dikunjungi pelanggan atau blog post yang sering mereka baca, maka AI bisa otomatis memilih content mana yang paling mungkin menarik minat pelanggan tertentu. Selanjutnya, secara otomatis AI juga akan mengirimkan e-mail atau notifikasi yang berisi konten tersebut.

Tak hanya itu, bahkan AI juga bisa membantu marketer untuk mempersuasi pelanggan yang memiliki potensi pembelian. Dengan menggunakan churn prediction, AI mampu memprediksi probabilitas pelanggan untuk berpaling dari brand. Lebih lanjut, AI akan membantu untuk menyiapkan konten secara personal yang akan menarik minat pelanggan tersebut.

3. Content Making

Tren AI untuk Digital Marketing selanjutnya adalah kemudahan content making. Tak jarang proses pembuatan konten dianggap sebagai salah satu tantangan terbesar yang harus dihadapi para marketer, utamanya setelah populernya content marketing.

Mengapa malah menjadi tantangan? Hal ini karena proses penciptaan konten yang berkualitas memakan waktu lebih lama. Sementara itu pemasaran yang ampuh akan selalu membutuhkan banyak konten.

Peran AI yakni akan membantu menciptakan pondasi atau gambaran kasar dari konten-konten tersebut. AI mampu mengkonstruksi artikel yang panjangnya bahkan hingga ratusan kata. Tak hanya itu, bahkan AI juga bisa membantu pembuatan konten yang sangat spesifik, misalnya judul iklan atau pengiriman email.

4. Image Recognition

Apakah Anda pengguna facebook? Jika iya, maka pastinya Anda tidak asing dengan salah satu fitur yang bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi image recognition atau pengenal wajah. Tak hanya itu, Facebook secara otomatis bisa menandai (tag) teman Anda yang berada di foto tersebut.

Software image recognition inilah yang bisa membantu Anda untuk memberikan pengalaman yang personal kepada pelanggan. Diantara contohnya adalah aplikasi Image Search yang digarap oleh Macy. Melalui aplikasi ini, pelanggan bisa mencari produk di Macy hanya melalui gambar yang diunggah.

Contoh lain dari penerapan AI image recognition adalah pengukuran efektivitas sponsorship. Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa selama ini para marketer biasa menginduk pada hasil survei, data event organizer, atau bahkan liputan acara yang bersponsor.

Nah, dengan menggunakan AI logo Recognition, para marketer dimungkinkan secara cepat dan akurat mengkalkulasi besaran eksposur yang akan diperoleh brand dari munculnya suatu logo pada gambar atau video yang tengah dibagikan di platform sosial.

Itulah penjelasan mengenai tren AI untuk Digital Marketing yang perlu Anda ketahui. Jika Anda masih kebingungan bagaimana memanfaatkan peran AI dalam bisnis, Anda dapat berkonsultasi dengan CASA KREATIF. CASA KREATIF akan memberikan pelayanan terbaik untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *