Lomba  

Kehilangan penglihatan atau Vision Loss, Apa yang perlu Anda ketahui

Ketika Anda menyadari bahwa Anda mengalami kehilangan penglihatan atau vision loss, hal yang paling perlu dilakukan adalah segera pergi ke fasilitas medis untuk diperiksa oleh dokter dan diberikan penanganan yang paling tepat. Hindari kondisi yang berkepanjangan, kondisi tersebut akan semakin sulit untuk pulih dan berisiko kehilangan penglihatan secara permanen.

1. Apa itu gangguan penglihatan?

Mata adalah organ sensorik tubuh manusia yang paling berkembang. Faktanya, sebagian besar fungsi otak didedikasikan untuk penglihatan daripada pendengaran, penciuman, atau rasa.

Ambliopia adalah penurunan penglihatan sampai tingkat tertentu yang menyebabkan masalah yang tidak dapat diperbaiki dengan kacamata atau pada orang yang memiliki penglihatan buruk tanpa kacamata atau lensa kontak.

Vision loss yang paling umum adalah kelainan refraksi. Rabun jauh, rabun jauh, dan astigmatisme adalah contoh kelainan refraksi. Kelainan refraksi ini dapat dikoreksi dengan kacamata atau operasi refraksi Lasik.

Kehilangan penglihatan dapat dikaitkan dengan penyakit mata seperti katarak, glaukoma, ablasi retina atau degenerasi makula. Penyakit ini menyebabkan hilangnya penglihatan. Tujuan pengobatan tergantung pada patologi mata, mungkin termasuk pemulihan total, pemulihan sisa penglihatan…

Untuk subjek dengan gangguan penglihatan yang tidak dapat diperbaiki dengan memakai kacamata, lensa kontak atau operasi, disebut low vision. Low vision tidak termasuk kebutaan total karena Anda masih bisa melihat dengan sisa penglihatan.

Jika visibilitas antara 20/40 – 20/200, itu disebut kerugian pasar parsial. Jika penglihatan tidak lebih baik dari 20/200 maka secara hukum dianggap buta. Namun, tidak sama dengan buta total.

2. Penyebab vision loss

Berikut adalah beberapa penyebab kehilangan penglihatan:

Miopia

akibat bayangan yang terfokus di depan retina, sehingga benda yang jauh sulit dilihat dengan jelas. Kondisi ini mempengaruhi pria dan wanita secara setara. Biasanya muncul pada masa bayi dan tetap stabil selama sekitar 20 tahun.

Rabun jauh

Berbeda dengan miopia, gambar difokuskan di belakang retina, menyebabkan objek di dekatnya tampak kabur. Anak-anak dapat mengembangkan rabun jauh ringan saat mereka dewasa.

Silindris

kombinasi rabun jauh dan rabun jauh, ketika kornea memiliki bentuk yang tidak teratur. Akibatnya, mata kurang fokus pada satu sudut pandang.

Presbyopia

biasanya dimulai pada usia 40 tahun, harus menggunakan kacamata untuk membaca. Seperti halnya rabun dekat, presbiopia tidak melihat dengan jelas dari dekat.

Ablasi retina

Retina mengubah sinyal cahaya menjadi impuls saraf. Pelepasan retina mata disebut ablasi retina. Meskipun ablasi retina tidak menyakitkan, hal itu menyebabkan hilangnya penglihatan secara tiba-tiba yang memerlukan penanganan segera. Jika retina tidak melekat pada dinding mata pada waktunya, sel retina dapat menjadi kekurangan oksigen dan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen.

baca juga : Tanda-tanda Miopia Pada Anak

Buta warna

paling sering disebabkan oleh kelainan sel peka cahaya retina, yang merespons sinar cahaya secara berbeda. Penglihatan warna akan terpengaruh jika pigmen tersebut rusak atau panjang gelombang salah menggambarkan warna itu. Pria lebih rentan terhadap buta warna daripada wanita. Sangat jarang orang buta warna sama sekali, mereka tidak dapat membedakan warna tertentu.

Kebutaan malam

Dalam cahaya redup atau di malam hari, penglihatan mereka sangat buruk
Kelelahan mata: Seringkali kelelahan mata disebabkan karena Anda terlalu fokus mengerjakan sesuatu, sehingga jika Anda mengistirahatkan mata maka kelelahan mata akan cepat hilang.

Katarak

Ini adalah penyebab utama kebutaan, terhitung lebih dari 20 juta orang di seluruh dunia. Lensa mata memfokuskan cahaya sehingga objek pada jarak yang berbeda dapat terlihat dengan jelas.
Ketika lensa keruh, sehingga cahaya tidak dapat melewatinya, itu disebut katarak, yang terjadi seiring bertambahnya usia. Cara terbaik untuk menyembuhkan katarak adalah operasi.

Konjungtivitis

Ketika selaput yang menutupi bola mata dan kelopak mata bagian dalam meradang, itu disebut konjungtivitis. Konjungtivitis yang terinfeksi bisa sangat menular, tetapi tidak serius dan tidak membahayakan penglihatan jika terdeteksi dan segera diobati.

Glaukoma

Lebih dari 2 juta orang Amerika memiliki kondisi ini dan merupakan penyebab utama hilangnya penglihatan secara tiba-tiba dan tidak dapat diubah. Dokter sering menyebut glaukoma sebagai pencuri diam karena tampaknya mencuri penglihatan secara bertahap.

Selain itu, kehilangan penglihatan juga dapat disebabkan oleh beberapa penyebab lain seperti:

  • Diabetes
  • Kanker mata
  • Albino
  • Cedera mata, cedera otak traumatis

Untuk pemeriksaan mata secara rutin dan meningkatkan kualitas penglihatan dapat menggunakan layanan Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *