Cara Mengatasi Mata Kering Dengan Insto Dry Eyes

cara mengatasi mata kering
cara mengatasi mata kering

Disaat kita bekerja, seringkali terjadi secara tiba-tiba pada mata kita terasa lelah atau berat. Kemunkinan hal ini terjadi karena mata anda kering. Lalu bagaimana cara mengatasi Mata Kering? Salah satu caranya adalah menggunakan obat tetes mata Insto Dry Eyes. Ulasan berikut ini akan menambah wawasan anda dalam mengatasi masalah mata kering.

Cara Mengatasi Mata Kering

Apa itu mata kering?

Mata kering (dry eye syndrome atau sindrom mata kering) adalah kondisi di mana mata tidak dapat memproduksi atau mempertahankan lapisan air mata yang cukup untuk menjaga mata tetap lembab dan nyaman. Air mata adalah cairan yang penting untuk kesehatan mata karena membantu melindungi mata dari infeksi, membersihkan debu dan partikel asing, serta memberikan nutrisi dan pelumasan pada permukaan mata.

Beberapa gejala mata kering meliputi:

Rasa Gatal atau Terbakar

Mata kering dapat menyebabkan rasa gatal atau terbakar di mata.

Sensasi Seperti Ada Pasir di Mata

Orang yang mengalami mata kering seringkali merasakan seperti ada pasir atau benda asing di mata mereka.

Mata Lelah atau Berat

Mata kering dapat membuat mata terasa pegel, lelah, sepet atau berat, terutama setelah waktu yang lama di depan layar komputer atau gadget.

Pandangan Kabur atau Goyang

Terkadang, mata kering dapat menyebabkan pandangan kabur atau sensasi seolah-olah melihat benda-benda bergerak atau goyang.

Mata Merah atau Iritasi

Mata kering dapat menyebabkan mata menjadi merah, terasa kering, iritasi, atau berair sebagai respons tubuh terhadap kekeringan.

Sensitivitas Terhadap Cahaya (Fotofobia)

Orang dengan mata kering mungkin menjadi lebih sensitif terhadap cahaya.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan mata kering meliputi penuaan, paparan lingkungan seperti angin kencang atau ruangan ber-AC, penggunaan komputer atau gadget dalam waktu yang lama, gangguan produksi minyak di kelopak mata, penyakit mata tertentu, dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Pengelolaan mata kering melibatkan penggunaan tetes mata yang dapat memberikan kelembaban tambahan, penggunaan kacamata pelindung, menghindari paparan lingkungan yang dapat menyebabkan mata kering, dan menjaga keseimbangan nutrisi yang baik.

Jika Anda mengalami gejala mata kering yang persisten atau mengganggu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mata. Mereka dapat melakukan pemeriksaan dan memberikan saran serta pengobatan yang sesuai untuk kondisi mata kering Anda.

insto dry eyes

Penyebab Terjadinya Mata Kering

Mata kering disebabkan oleh kurangnya produksi air mata atau kualitas air mata yang buruk, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan iritasi. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan mata kering meliputi:

Penuaan

Seiring bertambahnya usia, produksi air mata dapat berkurang. Ini adalah masalah umum pada orang yang lebih tua.

Paparan Lingkungan

Paparan terhadap lingkungan tertentu, seperti angin kencang, sinar matahari yang kuat, atau ruangan yang ber-AC dapat menyebabkan penguapan air mata lebih cepat dan mengakibatkan mata kering.

Penggunaan Komputer atau Gadget

Lama menghabiskan waktu di depan layar komputer atau gadget dapat menyebabkan berkurangnya frekuensi berkedip, yang dapat menyebabkan mata kering.

Kontak Lensa

Pemakaian lensa kontak, terutama jika tidak sesuai atau tidak dirawat dengan baik, dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan mata kering.

Penyakit Mata

Beberapa kondisi mata, seperti blefaritis (peradangan kelopak mata), konjungtivitis (radang selaput lendir mata), atau sindrom mata kering, dapat menjadi penyebab mata kering.

Gangguan Produksi Minyak Kelopak Mata

Kelenjar minyak di kelopak mata dapat menghasilkan minyak yang membantu melapisi permukaan air mata dan mencegah penguapan terlalu cepat. Gangguan dalam produksi minyak ini dapat menyebabkan mata kering.

Hormon

Perubahan hormon, seperti yang terjadi selama kehamilan, menyusui, atau menopause, dapat memengaruhi produksi air mata.

Pemakaian Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat-obatan, seperti antihistamin, dekongestan, obat tidur, atau pil kontrasepsi oral, dapat menyebabkan mata kering sebagai efek samping.

Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun seperti lupus, arthritis reumatoid, atau sindrom Sjögren dapat mempengaruhi produksi air mata dan menyebabkan mata kering.

Kurangnya Nutrisi

Kekurangan vitamin A dan omega-3 dapat berkontribusi pada kesehatan mata yang buruk dan menyebabkan mata kering.

Ketidakseimbangan Air Mata

Air mata terdiri dari tiga lapisan, yaitu air, minyak, dan lendir. Ketidakseimbangan dalam komposisi ini dapat menyebabkan mata kering.
Jika Anda mengalami mata kering yang persisten atau parah, penting untuk berkonsultasi dengan dokter mata. Mereka dapat melakukan pemeriksaan dan memberikan saran serta pengobatan yang sesuai untuk kondisi Anda.

Cara Mengatasi Mata Kering

Mengatasi mata kering melibatkan serangkaian perubahan gaya hidup dan perawatan mata yang benar. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu mengatasi atau mengurangi gejala mata kering:

Penggunaan Tetes Mata (Artificial Tears)

Gunakan tetes mata buatan untuk memberikan kelembaban tambahan pada mata. Pilih tetes mata yang bebas konservatif dan direkomendasikan oleh dokter mata. Gunakan sesuai petunjuk dan bawa tetes mata jika Anda merasa mata kering.

Hindari Paparan Lingkungan yang Kering

Hindari lingkungan yang dapat menyebabkan mata kering, seperti ruangan ber-AC atau ber-panas, angin kencang, atau merokok. Jika memungkinkan, gunakan humidifier untuk menambah kelembaban di dalam ruangan.

Istirahat dari Layar

Jika Anda menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau perangkat elektronik, berikan istirahat sesekali. Praktikkan aturan 20-20-20, yaitu beristirahat selama 20 detik, melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter), setiap 20 menit.

Gunakan Kacamata Pelindung Mata

Gunakan kacamata yang melindungi mata dari angin, debu, atau benda asing. Kacamata ini dapat membantu mengurangi penguapan air mata.

Jaga Keseimbangan Nutrisi

Pastikan asupan makanan yang sehat dan kaya nutrisi, terutama yang mengandung vitamin A dan omega-3. Nutrisi yang baik dapat mendukung kesehatan mata.

Hindari Penggunaan Lensa Kontak yang Lama

Jika Anda menggunakan lensa kontak, pastikan untuk mengganti lensa sesuai dengan panduan dan hindari menggunakan lensa kontak dalam waktu yang lama.

Hindari Penggunaan Obat-obatan yang Dapat Menyebabkan Mata Kering

Beberapa obat-obatan dapat menyebabkan mata kering sebagai efek samping. Jika Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu, bicarakan dengan dokter Anda untuk menilai apakah ada alternatif atau cara mengurangi efek sampingnya.

Lakukan Pijatan pada Kelopak Mata

Pijatan ringan pada kelopak mata dapat membantu merangsang kelenjar minyak di kelopak mata dan meningkatkan produksi minyak pelumas.

Konsumsi Asupan Cairan yang Cukup

Pastikan untuk minum air yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, termasuk mata.

Konsultasi dengan Dokter Mata

Jika gejala mata kering persisten atau parah, segera berkonsultasi dengan dokter mata. Mereka dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh dan memberikan rekomendasi pengobatan yang sesuai.

Jika Anda mengalami gejala mata kering yang terus-menerus atau semakin parah, penting untuk mendapatkan bantuan dari dokter mata. Mereka dapat membantu menilai penyebab dan memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi mata Anda.

Cara Mengatasi Mata Kering

 

Insto Dry Eyes sebagai solusi mata kering

Tentang Obat Tetes Mata Insto

Brand INSTO adalah merupakan produk obat tetes mata yang diproduksi oleh Combiphar. Produk ini adalah merek dagang resmi dari perusahaan farmasi besar PT Pharma Health Care.

Sebagaimana diketahui obat tetes mata merk Insto  ini memiliki 3 varian, yakni :

1. INSTO Regular yang bermanfaat untuk mengatasi mata merah atau kemerahan dan juga mata perih yang biasanya disebabkan oleh iritasi ringan antara lain oleh partikel debu, kepulan asap, hembusan angin atau setelah melakukan olah raga berenang.

2. Variant lainnya adalah INSTO Dry Eyes. Produk ini memberi manfaat sebagai efek pelumas sebagaimana halnya air mata, sehingga dapat mengatasi masalah kekeringan pada bagian mata.

3. INSTO Cool adalah varian ketiga yang dapat membantu mengatasi masalah mata memerah dan juga iritasi ringan dengan sensasi lembut dan sejuk.

Produk ini sudah seringkali memperoleh apresiasi dan penghargaan sejak tahun 2017, yaitu memperoleh award berskala internasional sebagai 1st rank Digital Marketing Campaign dari Nicholas Hall Asia Pacific OTC Marketing Award. Kemudian tahun-tahun berikutnya juga banyak memperoleh penghargaan antara lain :

  • Indonesia Popular Digital Brand Award 2018
  • Super Brand Award 2019
  • Top Brand Award 2021
  • WOW Brand Award 2019
  • Social Media Award 2018.

Kandungan Insto Dry Eyes

Insto Dry Eyes mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai air mata buatan, sehingga mampu memberikan dampak pelumas pada mata, juga dapat membantu mengatasi gejala mata kering, membantu mengurangi iritasi mata yang biasanya disebabkan oleh berkurangnya produksi air mata. Hal ini seringkali terjadi pada pasien penderita rheumatoid arthritis, keratoconjunctivitis dan xerophtalmia, dan juga dapat bermanfaat sebagai pelumas untuk mata palsu.

#InstoDryEyes #SolusiMataKering

Mengapa anda harus menggunakan Insto Dry Eyes?

Sebab Insto Dry Eyes mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai pelumas sebagaimana fungsi air mata sehingga dapat mengatasi masalah pada mata kering atau akibat berkurangnya produksi air mata.

Insto Dry Eyes Mengandung :

  • Hydroxypropyl Methylcellulose 3.0 mg
  • Benzalkonium Chloride 0.1 mg

Sekilas Tentang Combiphar

Combiphar adalah perusahaan farmasi yang didirikan pada tahun 1971, yang memperoduksi produk kuratif.  Hingga saat ini, Combiphar telah bertransformasi menjadi perusahaan local consumer healthcare terbesar di Indonesia

Perusahaan ini telah memproduksi dan memesarkan lebih dari 90 jenis produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau antara lain :

  • Obat Batuk – OBH Combi
  • Obat Tetes Mata – INSTO
  • Gel pereda nyeri sendi – JointFit
  • Suplemen untuk infeksi kantung kemih – Prive Uricran
  • Suplemen untuk menjaga fungsi hati – Hezandra
  • Sereal – Simba, Madurasa. dan juga Jamu Air Mancur.

Combiphar berkantor pusat di Jakarta telah memiliki sumber daya manusia lebih dari 1.800 karyawan yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia, memiliki fasilitas produksi dengan teknologi modern  serta menggunakan sistem operasi canggih.

Lokasi Pabrik Combiphar berada di Padalarang, Jawa Barat, yang telah berhasil mendapatkan sertifikat ISO 14001, dan proper BIRU sebagai perusahaan pengelolaan lingkungan.

Demikianlah semoga bermanfaat..